SOAL SUMATIF AKHIR SEMESTER 1 IPAS KELAS 5

SOAL SUMATIF AKHIR SEMESTER 1 IPAS KELAS 5

1. Perhatikan gambar berikut!

Percobaan yang dilakukan oleh Adit menunjukkan bahwa sifat cahaya dapat ....
A. merambat lurus
B. dipantulkan
C. menembus benda bening
D. membentuk bayangan

2. Dona bersama Tika pergi ke kolam renang. Di sana mereka melihat air kolam yang dangkal, namun setelah masuk ke kolam ternyata airnya cukup dalam. Peristiwa yang dialami oleh Dona dan Tika terjadi akibat adanya....
A. pemantulan cahaya
B. pembiasan cahaya
C. penguraian cahaya
D. cahaya yang merambat lurus

3. Perhatikan gambar berikut!

Berdasarkan gambar di atas, bagian retina mata ditunjukkan oleh nomor...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

4. Perhatikan gambar berikut!

Bagian mata yang ditunjuk oleh tanda panah memiliki fungsi yaitu....
A. membasahi bagian depan mata
B. celah tempat masuknya cahaya ke mata
C. melindungi bagian penting mata
D. mengatur jumlah masuknya cahaya ke mata

5. Ketika cahaya masuk ke dalam kornea yang berupa selaput bening, cahaya akan dibiaskan, lalu masuk melalui pupil dan sampai ke lensa. Lensa akan memfokuskan cahaya agar tepat jatuh di ....
A. retina
B. iris
C. saraf mata
D. otot siliaris

6. Perhatikan gambar berikut!

Eka pergi ke suatu tempat. Tiba-tiba matanya seperti gambar di atas. Berikut pernyataan yang benar yaitu . . . .
A. Eka mengunjungi tempat yang gelap, sehingga pupilnya membesar
B. Eka mengunjungi tempat yang gelap, sehingga pupilnya mengecil
C. Eka mengunjungi tempat yang terang, sehingga pupilnya membesar
D. Eka mengunjungi tempat yang terang, sehingga pupilnya mengecil

7. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Dapat dipantulkan
2. Tidak dapat dipantulkan
3. Merambat lurus
4. Merambat ke segala arah
Pernyataan di atas yang termasuk sifat-sifat bunyi yaitu ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4

8. Perhatikan gambar berikut!

Percobaan yang dilakukan oleh Tono dan Banu pada gambar di atas, menunjukkan bahwa....
A. bunyi merambat tanda medium
B. bunyi merambat pada zat padat
C. bunyi merambat pada zat cair
D. bunyi merambat pada gas

9. Manusia hanya bisa mendengar bunyi yang getarannya antara 20 hz sampai 20.000 hz. Bunyi tersebut disebut bunyi….
A. infrasonik
B. supersonik
C. audiosonik
D. ultrasonik

10. Perhatikan gambar berikut!

Bagian telinga yang ditunjuk oleh tanda panah memiliki fungsi untuk....
A. mengirimkan sinyal ke otak
B. menyaring kotoran
C. menerima getaran suara
D. menjaga tekanan udara

11. Perhatikan bagian-bagian telinga berikut!
1. daun telinga → saluran telinga → gendang telinga → rumah siput → tulang pendengaran → saraf pendengaran
2. daun telinga → saluran telinga → rumah siput → gendang telinga → tulang pendengaran → saraf pendengaran
3. daun telinga → gendang telinga → saluran telinga → tulang pendengaran → rumah siput → saraf pendengaran
4. daun telinga → saluran telinga → gendang telinga → tulang pendengaran → rumah siput → saraf pendengaran
Urutan skema kerja telinga saat mendengar yang tepat ditunjukkan oleh nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

12. Wiguna sering mendengarkan musik dengan headset selama berjam-jam. Kebiasaan yang dilakukan Wiguna dapat menyebabkan ....
A. bunyi musik dipantulkan
B. bunyi musik menghasilkan gema
C. meningkat kualitas pendengarannya
D. menurun kualitas pendengarannya

13. Manusia tidak boleh mendengarkan suara yang keras karena dapat merusak ....
A. saluran telinga
B. rumat siput
C. gendang telinga
D. saluran semisirkular

14. Rantai makanan adalah hubungan makan dan dimakan dalam suatu ekosistem sebagai upaya untuk mendapatkan.....
A. gaya
B. usaha
C. gerak
D. energy

15. Tanaman sayur → belalang → ....... → ular →  pengurai
Makhluk hidup yang tepat menduduki rantai makanan ....... adalah ...
A. elang
B. musang
C. katak
D. tikus

16. Rantai makanan yang terjadi pada ekosistem kebun adalah ….
A. bayam → belalang →  tikus → ular
B. bayam → ulat → ular → musang
C. bayam → belalang → ulat → ular
D. bayam → ulat → ayam → musang

17. Makhluk hidup yang bertugas menguraikan senyawa organik (bangkai, daun busuk, dan sebagainya) menjadi nutrisi yang tersimpan dalam tanah disebut ....
A. dekomposer
B. produsen
C. predator
D. konsumen

18. Makhluk hidup yang memperoleh energi dari cahaya matahari dalam jaring-jaring makanan yaitu ....
A. produsen
B. konsumen tingkat 1
C. konsumen tingkat 2
D. pengurai

19. Perhatikan gambar di bawah!

Populasi hewan yang paling banyak pada piramida di atas yaitu ....
A. ayam
B. katak
C. belalang
D. burung elang

20. Pernyataan yang sesuai dengan jaring-jaring makanan adalah ….
A. Dalam suatu jaring-jaring makanan hanya terdapat satu rantai makanan
B. Dalam jaring-jaring makanan jumlah hewan yang terlibat semakin sedikit
C. Pada jaring-jaring makanan tidak akan terjadi persaingan antar makhluk hidup
D. Setiap komponen dalam jaring-jaring makanan saling memengaruhi satu sama lain

21. Perhatikan gambar berikut!
Pada piramida makanan di atas, makhluk hidup yang menerima paling sedikit energi ditunjukkan oleh nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

22. Suatu makhluk hidup yang pertumbuhannya tidak terkendali akan menyebabkan. . .
A. keseimbangan ekosistem
B. ketidakseimbangan ekosistem
C. hewan memiliki banyak makanan
D. tumbuhan kekurangan air

23. Perhatikan rantai makanan berikut!
rumput → belalang → tikus → ular → elang → bakteri pengurai
Kegiatan perburuan ular hingga populasinya menurun drastis berakibat pada tidak seimbangnya rantai makanan tersebut. Dampak dari penurunan populasi ular adalah ….
A. belalang berkembang dengan cepat
B. elang berkembang dengan cepat
C. tikus berkembang dengan cepat
D. bakteri pembusuk akan punah

24. Perhatikan gambar berikut!
Apabila terjadi perburuan elang untuk diperjualbelikan, maka menyebabkan ....
A. belalang kekurangan makanan
B. katak kekurangan makanan
C. populasi tikus bertambah
D. populasi ular bertambah

25. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Gunung yang meletus
2. Perburuan liar
3. Reboisasi
4. Alih fungsi lahan pertanian
5. Penggunaan pestisida secara berlebihan
Gangguan pada ekosistem dapat terjadi akibat ulah manusia. Kegiatan manusia yang dapat menimbulkan gangguan pada ekosistem ditunjukkan oleh nomor....
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 2, dan 3
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5

26. Manusia memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Berikut ini salah satu tindakan nyata yaitu...
A. memperjualbelikan hewan langka
B. menangkap ikan dengan listrik
C. menggunakan sistem tebang pilih
D. membuang sampah di danau

27. Peran yang dimiliki manusia dalam menjaga keseimbangan ekosistem adalah …
A. Mengabaikan perubahan yang terjadi
B. Menghancurkan habitat tanpa mempertimbangkan dampak
C. Memastikan jaring-jaring makanan tetap berjalan saat melakukan perubahan
D. Mengurangi jumlah spesies

28. Air yang ada di muka bumi dapat dikatakan tetap karena air dapat mengalami ....
A. perubahan wujud 
B. perubahan bentuk
C. pindah tempat
D. daur atau siklus

29. Berikut salah satu penyebab terjadinya siklus air adalah ...
A. penguapan air 
B. kebersihan air
C. banjir
D. longsor

30. Perhatikan gambar di bawah!
Siklus air terjadi dalam beberapa tahapan. Tahapan yang ditunjukkan oleh angka 2 yaitu ....
A. evaporasi
B. kondensasi
C. presipitasi
D. infiltrasi

31. Air dari pegunungan berakhir di laut karena adanya ....
A. air hujan
B. galodo
C. aktivitas manusia
D. aliran sungai

32. Berikut merupakan kegiatan manusia yang mengakibatkan terganggunya siklus air adalah ....
A. membongkar bangunan beton untuk resapan air
B. mengubah daerah resapan air menjadi lahan persawahan
C. menggunakan air secara berlebihan untuk kehidupan sehari-hari
D. membiarkan lahan kosong ditanami tumbuhan

33. Faktor terbesar yang mencemari air bersih di perkotaan adalah ....
A. minimnya pohon
B. panasnya udara
C. padatnya penduduk
D. limbah cair dari industri besar

34. Berikut yang salah satu tindakan untuk ikut dalam membantu mengurangi krisis air bersih adalah ...
A. menanam pohon
B. mengubah hutan menjadi gedung-gedung
C. menebang pohon secara sembarangan
D. menggunakan air bersih secara berlebihan

35. Banyaknya hutan-hutan yang ditebangi secara liar mengakibatkan terganggunya salah satu tahapan dalam siklus air. Tahapan yang dimaksud adalah …
A. evaporasi karena penguapan makin cepat
B. kondensasi karena pengembunan tidak maksimal
C. presipitasi karena air tercemar asap dari alat tebang
D. infiltrasi karena penyerapan air tanah berkurang

Isilah titik-titik dengan jawaban yang tepat!

36. Saat pagi hari, Dika melihat ada cahaya yang masuk ke kamarnya melalui kaca jendela. Peristiwa tersebut membuktikan sifat cahaya yang dapat ....

37. Perhatikan gambar berikut!

Bagian mata yang ditunjuk oleh tanda panah di atas yaitu ....

38. Besar frekuensi pada bunyi infrasonik adalah ….

39. Bagian telinga yang berfungsi untuk menangkap dan mengumpulkan bunyi dari luar tubuh manusia yaitu ....

40. Perhatikan gambar berikut!
Bagian telinga yang ditunjuk oleh tanda panah adalah ....

41. serangkaian proses makan dan dimakan antara mahkluk hidup berdasar urutan tertentu disubut …

42. Perhatikan gambar berikut!
Makhluk hidup yang berperan sebagai konsumen tingkat 2 pada rantai makan di atas yaitu ....

43. Perhatikan rantai makanan berikut!
Sayur → ulat → katak → ular
Permintaan katak sawah untuk dijadikan makanan semakin banyak sehingga banyak terjadi perburuan katak sawah. Akibat dari peristiwa tersebut yaitu ....

44. Perputaran air yang terjadi terus-menerus dari bumi ke atmosfer dan kembali ke bumi disebut .... air.

45. Air yang ada di sungai, danau, dan laut menguap karena pengaruh sinar matahari. Pada siklus air, peristiwa tersebut dinamakan...

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!

46. Tuliskan secara sederhana proses kerja telinga dapat mendengar suara!

47. Sebutkan 3 cara menjaga kesehatan mata!

48. Tuliskan secara sederhana sebuah rantai makanan yang kamu ketahui, dan sebutkan peran setiap makhluk hidup yang terlibat!

49. Tuliskan skema sederhana yang menggambarkan sebuah jaring-jaring makanan!

50. Tuliskan secara sederhana tahapan sikluas air!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SOAL SUMATIF AKHIR SEMESTER 1 IPAS KELAS 5"

Post a Comment