KISI-KISI SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 5 SEMESMTER 1 TP 2024/2025
KISI-KISI SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 5 SEMESMTER 1TAHUN PELAJARAN 2024/2025
NO |
TP |
INDIKATOR SOAL |
BENTUK
SOAL |
NOMOR
SOAL |
SOAL |
KUNCI JAWABAN |
1 |
Melalui
Pemahaman kosakata tentang kata sifat, peserta didik dapat menerangkan dan
mendeskripsikan sifatnya. |
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami Tokoh dalam cerita yang mempunyai sifat baik
dan mewakili norma dan nilai yang sesuai di masyarakat |
Pilihan Ganda |
1 |
Tokoh
dalam cerita yang mempunyai sifat baik dan mewakili norma dan nilai yang
sesuai di masyarakat disebut ... A.
Tokoh antagonis B.
Tokoh protagonis C.
Tokoh tritagonis D.
Tokoh sampingan |
B |
Disajikan
pernyataan siswa mampu mengidentifikasi kata sifat dalam kalimat |
Isian |
36 |
Perhatikan
kalimat berikut! Abel
menjadi anak yang mandiri. Kata
sifat dalam kalimat di atas adalah ... |
Mandiri |
||
Disajikan
cerita siswa mampu mengidentifikasi sifat tokoh yang dapat kita teladani |
Pilihan Ganda |
2 |
Bacalah
teks berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 2! Siam dan Chen Dahulu kala, di suatu desa tinggalah seorang pria dermawan bernama Pak Long. Dia memiliki dua orang anak bernama Siam dan Lui. Siam adalah anak yang penurut dan suka menolong. Masyarakat sekitar sangat kagum dengan perilaku Siam. Setiap pagi terlihat Siam dengan penuh semangat mendorong gerobak buah ke pasar. Setelah membantu ayahnya berjualan, Siam bersiap-siap untuk pergi ke sekolah. Siam memiliki tetangga bernama Chen. Mereka juga merupakan teman sekelas. Chen suka bermain games di ponsel pintarnya. Tidak pernah terlihat sekalipun dia pernah membantu keluarganya membersihkan rumah. Dia juga sering melupakan tugas-tugas yang diberikan Ibu Guru, sehingga dia langganan terkena hukuman. Namun, Chen tidak pernah jera. Di sekolah, Chen lebih suka mengobrol dan menggambar dibandingkan mendengarkan penjelasan guru. Berdasarkan
cerita di atas, sifat tokoh yang dapat kita teladani yaitu ... A.
berani B.
penolong C.
jujur D.
pemaaf |
B |
||
2 |
Peserta
didik dapat mengetahui bagaimana membentuk kata sifat dengan penambahan kata
berimbuhan pe-. |
Disajikan
pernyataan siswa mampu mengidentifikasi contoh kata di bawah ini yang
menggunakan imbuhan pe- untuk menyatakan kata sifat |
Pilihan Ganda |
3 |
Contoh
kata di bawah ini yang menggunakan imbuhan pe- untuk menyatakan kata sifat
adalah ... A.
Pemarah B.
Pembeli C.
Pembuat D.
Pemimpin |
A |
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami makna kata penulis |
Pilihan Ganda |
4 |
Kata
“penulis” memiliki makna ... A.
Orang yang menulis B.
Orang yang memiliki tulisan C.
Orang yang ditulis D.
Orang yang memberikan tulisan |
A |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami kata "dendam" jika diberikan
imbuhan pe- |
Pilihan Ganda |
5 |
Kata
"dendam" jika diberikan imbuhan pe- akan menjadi kata .... A.
pedendam B.
penyendam C.
pemdendam D.
pendendam |
D |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami kata tolong jika mendapat awalan pe- |
Isian |
37 |
Kata
tolong jika mendapat awalan pe- menjadi … |
Penolong |
||
3 |
peserta didik
dapat menentukan persamaan kata
(sinonim) dan
lawan kata (antonim)
dari daftar
kata sifat yang
ada secara tepat
dan akurat. |
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami sinonim kata alim |
Pilihan Ganda |
6 |
Perhatikan paragraf berikut! “Jadilah orang yang alim. Jika tidak mampu, maka jadilah penuntut ilmu. Jika tidak mampu jadi penuntut ilmu, jadilah pendengar ilmu“ kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kotabaru. Sinonim
kata alim yaitu.... A.
apik B.
soleh C.
badung D.
penggerutu |
B |
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami antonim kata ramah |
Pilihan Ganda |
7 |
Ibuku selalu menyapa orang-orang yang berbelanja di warung dengan penuh senyuman. Beliau dikenal sebagai penjual yang ramah. Antonim
kata ramah yaitu.... A.
kaku B.
nakal C.
cerewet D.
baik |
A |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami sininim dari kata lembut |
Isian |
38 |
Jihan
mempunyai boneka beruang yang sangat lembut. Sinonim
dari kata lembut adalah … |
Halus, lemas, lunak |
||
4 |
Peserta didik
mampu menuliskan kalimat
majemuk setara
dengan menggunakan kata
hubung yang tepat. |
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami kata penghubung yang tepat untuk melengkapi
dua kalimat tunggal, agar menjadi sebuah kalimat majemuk |
Pilihan Ganda |
8 |
Nancy pandai berhitung. Nancy tidak pandai menyanyi. Kata
penghubung yang tepat untuk melengkapi dua kalimat tunggal di atas, agar
menjadi sebuah kalimat majemuk yaitu..... A.
atau B.
karena C.
tetapi D.
sehingga |
C |
Disajikan
pernyataan siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang termasuk ke dalam
kalimat majemuk sebab akibat |
Pilihan Ganda |
9 |
Kalimat
berikut ini yang termasuk ke dalam kalimat majemuk sebab akibat adalah ... A.
Diandra menyapu halaman rumah dan Shafira membersihkan ruang tamu B.
Semua sungai menjadi kering sehingga para petani mengalami gagal panen C.
Nia sedang belajar ketika hujan turun D.
Andi dan Fatah bermain bulu tangkis di Lapangan |
B |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami kata hubung yang tepat untuk melengkapi
kalimat |
Isian |
39 |
Perhatikan
kalimat berikut! Naura
terlambat datang ke sekolah, …… ia bangun kesiangan. Kata
hubung yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas yaitu … |
karena |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu membuat kalimat majemuk setara hubungan sebab akibat |
Uraian |
46 |
Buatlah
sebuah kalimat majemuk setara hubungan sebab akibat! |
Kalimar menggunakan kata hubung sehingga, akibatnya, sebab,
karena, dll |
||
5 |
Melalui
kegiatan menulis dengan struktur
deskripsi, peserta didik dapat memahami teks deskripsi
sederhana |
Disajikan
sebuah kalimat siswa mampu memahami deskripsi kalimat |
Pilihan Ganda |
10 |
Dita
sering menyisihkan uang bekal yang diberikan oleh ibunya. Dia juga membeli barang-barang
yang hanya diperlukan. Dita anak yang tidak .... A.
boros B.
rajin C.
hemat D.
pendiam |
C |
6 |
Melalui
kegiatan menyimak
dengan saksama,
peserta didik
mampu memahami
unsur-unsur intrinsik cerita. |
Disajikan
cerita siswa mampu mengidentifikasi ema yang sesuai dengan cerita |
Pilihan Ganda |
11 |
Bacalah
teks berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 11-13 Gajah dan Semut Suatu hari, kawanan gajah yang besar datang ke hutan untuk mencari makan. Kehadiran gajah ini mengganggu kawanan semut yang tinggal di sana. Banyak rumah semut hancur karena diinjak gajah yang mencari makan. "Pergilah dari sini, gajah! Ini daerah tempat kami tinggal," kata salah satu semut. Mendengar ucapan itu, gajah hanya tertawa. Ia tak peduli dan menganggap semut adalah binatang kecil yang tidak berbahaya. Kawanan semut merasa kesal dan berencana untuk mengusir gajah-gajah itu dari hutan tempat mereka tinggal. Keesokan harinya, semut-semut mencoba bicara pada kawanan gajah dan meminta mereka meninggalkan hutan. Gajah menolak untuk meninggalkan hutan dan hal ini membuat kawanan semut semakin marah. Semut-semut itu pun menyerang kawasan gajah dengan menggigit kulit dan masuk ke dalam telinga hingga gajah-gajah terjatuh. Kawanan gajah akhirnya menyerah dan meninggalkan hutan. Mereka sadar bahwa semut-semut itu tidak bisa diremehkan hanya karena memiliki badan kecil. Tema
berikut yang sesuai dengan cerita di atas yaitu ... A.
keluarga B.
persahabatan C.
perjuangan D.
pertualangan |
C |
7 |
|
Disajikan
cerita siswa mampu mengidentifikasi sifat tokoh |
Pilihan Ganda |
12 |
Salah
satu tokoh dalam cerita di atas adalah semut. Sifat tokoh semut yaitu .... A.
bijaksana B.
sombong C.
rendah diri D.
pemberani |
D |
Disajikan
cerita siswa mampu mengeidentifikasi latar tepat dari cerita |
Pilihan Ganda |
13 |
Latar
tempat dari cerita di atas yaitu di .... A.
hutan B.
sawah C.
pegunungan D.
kebun binatang |
A |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu menuliskan 5 unsur intrinsik yang terkandung dalam
teks cerita |
Uraian |
47 |
Tuliskan
5 unsur intrinsik yang terkandung dalam teks cerita! |
Tema, tokoh, latar, alur, amanat |
||
8 |
Peserta didik
mampu memahami
cara pemilihan
bahasa oleh
penulis untuk menyampaikan pesan
tertentu dengan
makna kiasan. |
Disajikan
kalimat siswa mampu mengidentifikasi majas dari kalimat |
Pilihan Ganda |
14 |
Jendela kelas melambai-lambai akibat tiupan angin yang kencang. Majas
dari kalimat di atas yaitu .... A.
metafora B.
hiperbola C.
alegori D.
personifikasi |
D |
Disajikan
pernyataan siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang bermajas hiperbola |
Pilihan Ganda |
15 |
Perhatikan kalimat berikut! 1.
Ayah bangga kepada Adit, karena ia menjadi bintang kelas 2.
Pak Wiguna berserta warga desa berusaha memadamkan si jago merah 3.
Ekor kucing itu menari-nari setelah diberikan makanan oleh Dina 4.
Kejutan ulang tahun dari temanku hampir membuat jantungku copot. Kalimat
yang bermajas hiperbola ditunjukkan oleh kalimat nomor .... A.
satu B.
dua C.
tiga D.
empat |
D |
||
Disajikan
kalimat siswa mampu mengidentifkasi majas yang terkandung dari kalimat |
Isian |
40 |
Perhatikan
kalimat berikut! Awan
itu menari-nari mengikuti angin. Majas
yang terkandung dalam kalimat tersebut adalah majas … |
Personifikasi |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu membuat sebuah kalimat dengan majas hiper bola |
Uraian |
48 |
Buatlah
sebuah kalimat dengan majas hiperbola! |
Kebijakan guru |
||
9 |
Melalui pembahasan penulisan
kalimat langsung
dan tidak
langsung, peserta
didik mampu
memahami fungsi
tanda baca dan
cara membaca kalimat
tersebut dengan
tepat. |
Disajikan
kalimat langsung siswa mampu mengubah menjadi mejadi kalimat tidak langsung |
Pilihan Ganda |
16 |
“Aku senang bertemu denganmu” jawab Dwita. Apabila
kalimat di atas diubah menjadi kalimat tidak langsung, maka akan menjadi.... A.
"Dia senang bertemu denganku" kata Dwita B.
Dwita mengatakan bahwa dia senang bertemu denganku C.
"Dia senang bertemu dengan mereka" jawab Dwita D.
Dwita mengatakan bahwa aku senang bertemu dengan dia |
B |
Disajikan
pernyataan siswa mampu mengidentifikasi kalimat langsung |
Pilihan Ganda |
17 |
Perhatikan kalimat berikut! 1.
"Kita harus hidup rukun" kata Ibu 2.
Dini menyuruhku untuk rahin menabung 3.
Ayah mengingatkan aku agar selalu disiplin 4.
Kakak mengingatkan kita agar rajin belajar Kalimat
langsung ditunjukkan oleh nomor.... A.
satu B.
dua C.
tiga D.
empat |
A |
||
10 |
Melalui pengetahuan
atas cara
membedakan informasi
yang bersifat
fakta dan
fiksi, peserta didik
dapat mengklasifikasi pemahamannya dan
meningkatkan kemampuan literasinya. |
Disajikan
kalimat siswa mampu menentukan jenis buku |
Pilihan Ganda |
18 |
Wiwin
merupakan salah satu siswa kelas V. Dia membaca buku yang memuat teks
nonfiksi. Jenis buku yang ia baca yaitu ... A.
cerpen B.
komik C.
puisi D.
kamus |
D |
Disajikan
gambar siswa mampu mengidentifikasi teks fiksi dari sampul buku |
Pilihan Ganda |
19 |
Perhatikan gambar berikut! Teks
fiksi dapat termuat pada buku nomor .... A.
1 B.
2 C.
3 D.
4 |
B |
||
11 |
Melalui
kegiatan pengenalan bagian-bagian buku,
peserta didik
dapat mengidentifikasi jenis
teks dari isi buku
tersebut: |
Disajikan
gambar siswa mampu memahami bagian buku |
Pilihan Ganda |
20 |
Perhatikan gambar berikut! Bagian
buku yang ditunjukkan oleh nomor 2 yaitu .... A.
judul B.
penulis C.
ilustrasi D.
punggung buku |
A |
12 |
Peserta didik
mampu menganalisis maupun mengaplikasikan jenis
imbuhan, yakni
imbuhan berawalan
me- dan akhiran -kan
dan -lah. |
Disajikan
kalimat siswa mampu memahami apabila kata ditambahkan imbuhan me- |
Pilihan Ganda |
21 |
Perhatikan
kalimat berikut! Ia
(campur) warna biru dan merah untuk menghasilkan warna ungu. Kata
di dalam kurung apabila ditambahkan imbuhan me- , akan menjadi .... A.
mecampur B.
menyampur C.
mencampur D.
memcampur |
C |
Disajikan
kalimat siswa mampu memahami kata akan bermakna perintah jika diberi akhiran
-lah |
Pilihan Ganda |
22 |
Perhatikan
kalimat berikut! (tunggu)
sampai bawang layu, lalu masukkan telur. Kata
di dalam kurung akan bermakna perintah apabila diubah menjadi .... A.
Tunggulah B.
Tuggukan C.
menunggu D.
menunggulah |
A |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu mengaplikasikan awalan me- |
Isian |
41 |
Awalan
me- + cangkul menjadi kata … |
Mencangkul |
||
13 |
Melalui
kegiatan membaca konsep
teks prosedur, peserta didik
dapat memahami definisi,
tujuan, ciri-ciri, struktur,
dan penggunaan teks
prosedur. |
Disajikan
pernyataan siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri teks prosedur |
Pilihan Ganda |
23 |
Perhatikan
pernyataan berikut! 1.
Menggunakan kata kerja aktif 2.
Menggunakan kata kerja pasif 3.
Menggunakan kalimat perintah 4.
Menggunakan kalimat majemuk Ciri-ciri
teks prosedur ditunjukkan oleh nomor yaitu... A.
1 dan 2 B.
1 dan 3 C.
2 dan 3 D.
3 dan 4 |
B |
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami teks tentang ketentuan yang memberi arahan
atau bimbingan tantang cara melakukan sesuatu |
Isian |
42 |
Teks
tentang ketentuan yang memberi arahan atau bimbingan tantang cara melakukan
sesuatu adalah teks … |
Prosedur |
||
Disajikan
gambar siswa mampu bagian yang belum ada pada teks prosedur |
Pilihan Ganda |
24 |
Perhatikan gambar berikut! Teks
prosedur di atas belum lengkap. Bagian yang belum ada pada teks prosedur di
atas yaitu.... A.
judul & alat dan bahan B.
judul & langkah pembuatan C.
alat dan bahan & kesimpulan D.
alat dan bahan & keunggulan |
C |
||
14 |
Melalui
kegiatan menulis, peserta
didik dapat
berbagi dengan
cara menulis
kalimat prosedur
untuk mengajarkan cara
melakukan atau
membuat sesuatu
sesuai dengan
hobi atau
kegemaran peserta
didik. |
Disajikan
gambar siswa mampu memahami kata-kata yang tepat untuk mengisi langkah kerja |
Pilihan Ganda |
25 |
Perhatikan gambar berikut! Kata-kata
yang tepat untuk mengisi langkah kerja di atas secara berurutan yaitu.... A.
sampai, sesudah, hidangkan B.
sampai, sebelum, hidangkan C.
selama, sesudah, hidangkan D.
selama, sebelum, hidangkan |
C |
Disajikan
pernyataan siswa mampu membuat teks prosedur dalam membuat sesuatu |
Uraian |
49 |
Buatlah
teks prosedur dalam membuat sesuatu! |
Kebijakan guru |
||
15 |
Melalui
kegiatan membaca teks, peserta didik
dapat memahami isi
teks dengan bantuan kata tanya
panduan seperti apa,
di mana, kapan,
siapa, mengapa, dan bagaimana. |
Disajikan
cerita sukses menjadi pengusaha muda siswa mampu mengidentifikasi nama produk
minuman yang dijual oleh Victor Giovan Raihan |
Pilihan Ganda |
26 |
Bacalah
teks berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 26-28! Sukses Menjadi Pengusaha Muda Victor
Giovan Raihan merupakan seorang pemuda usia 18 tahun yang berasal dari kota
Malang. Dia sosok pengusaha muda yang terbilang sukses di usaha kuliner.
Produk minumannya yang diberi nama "Teh Kempot" banyak diminati
masyarakat. Kata “Kempot” digunakan Victor karena terinspirasi dari cara
orang saat minum teh menggunakan sedotan. Bila sedang haus, konsumen akan
menyedot sampai pipinya kempot. Usaha
kuliner Victor berawal dari keisengannya meracik teh yang dicampur dengan
susu fermentasi. Ternyata hasilnya enak dan disukai oleh teman-temannya.
Masyarakat sekitar juga memberikan respon yang positif. Mulailah Victor fokus
dan menekuni usahanya agar lebih berkembang. Mulai dari meracik, menata toko,
hingga merancang kemasan. Orang
tua Victor mendukung penuh anaknya untuk berbisnis. Mereka percaya apabila
Victor membuka usaha sendiri, maka dia akan belajar mandiri dan tidak
bergantung pada orang lain. Sejauh ini terdapat 10 toko yang dikelola oleh
Victor dan 17 toko hasil kerja sama dengan mitra. Ada banyak pilihan rasa
yang ditawarkan dari minuman racikan Victor, ada rasa strowberi, rasa
cokelat, juga ada rasa lemon. Nama
produk minuman yang dijual oleh Victor Giovan Raihan yaitu .... A.
Teh Tarik B.
Teh Kempot C.
Teh Susu D.
Teh Yogurt |
B |
Disajikan
cerita sukses menjadi pengusaha muda siswa mampu mengidentifikasi cara Victor
mendapatkan racikan minuman |
Pilihan Ganda |
27 |
Produk
minuman yang diracik oleh Victor sangat disukai oleh teman-temannya. Cara
Victor mendapatkan racikan minuman tersebut yaitu .... A.
membaca buku-buku tentang pencampuran teh B.
mengikuti pelatihan meracik minuman olahan teh C.
keisengan mencapur teh dengan susu fermentasi D.
resep keluarga dengan mencampur teh dengan susu |
C |
||
Disajikan
cerita sukses menjadi pengusaha muda siswa mampu mengidentifikasi nama
inspirasi dari nama produk minuman Victor sangat unik |
Pilihan Ganda |
28 |
Nama
produk minuman Victor sangat unik. Nama tersebut terinspirasi dari.... A.
orang yang minum teh dicampur susu B.
orang yang minum teh dengan gelas C.
orang yang minum teh dengan sedotan D.
orang yang minum teh tanpa gula |
C |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami kata tanya siapa |
Isian |
43 |
Kata
tanya siapa digunakan untuk menanyakan … |
Orang |
||
16 |
Peserta
didik dapat
menentukan ide
pokok pada setiap
paragraf dari
teks |
Disajikan
paragraf siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok paragraf |
Pilihan Ganda |
29 |
Perhatikan paragraf berikut! Sebagai penjual bakso, Tono selalu menggunakan daging ayam yang berkualitas. Bakso yang dibuat pun tidak memakai bahan-bahan kimia berbahaya seperti zat pengawet maupun zat pewarna. Dengan begitu, manfaat dan kandungan bakso baik bagi kesehatan para penikmatnya. Kepercayaan pembeli adalah yang utama dalam usahanya Gagasan
pokok paragraf di atas yaitu.... A.
bahan pembuatan bakso B.
cara menjaga kepercayaan pembeli C.
manfaat bakso bagi kesehatan D.
tidak menggunakan zat kimia berbahaya |
A |
Disajikan
paragraf siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok paragraf |
Pilihan Ganda |
30 |
Perhatikan paragraf berikut! Tiyas telah meraih impian masa kecilnya. Sekarang dia sudah memiliki beberapa cabang toko roti sendiri. Bahkan, Tiyas menyediakan lapangan pekerjaan bagi banyak orang. Terhitung omzet dari penjualan rotinya setiap bulan mencapai ratusan juta. Meskipun sudah sukses, Tiyas tetap rendah hati. Orang tua Tiyas begitu bangga dengan usaha yang dilakukan putrinya. Gagasan
pokok paragraf di atas yaitu.... A.
memiliki banyak cabang toko roti B.
tetap rendah hati meskipun sudah sukses C.
keberhasilan meraih impian masa kecil D.
akan mencapai cita-cita masa kecil |
C |
||
Disajikan
paragraf siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok paragraf |
Uraian |
50 |
Perhatikan paragraf berikut! Bahan bakar minyak memiliki berbagai kegunaan. Sepeda motor menggunakan bahan bakar pertalite. Kendaraan bermesin diesel menggunakan bahan bakar solar. Pesawat terbang menggunakan avtur sebagai bahan bakar. Ibu rumah tangga menggunakan minyak tanah sebagaibahan bakar kompor minyak. Ide
pokok paragraf tersebut adalah …. |
Bahan bakar minyak memiliki berbagai kegunaan |
||
17 |
Peserta
didik dapat memahami
dan mengidentifikasi idiom
beserta maknanya. |
Disajikan
kalimat siswa mampu memahami arti ringan tangan |
Pilihan Ganda |
31 |
Cantika
adalah siswa kelas 5 yang ringan tangan. Ringan
tangan artinya.... A.
suka mencuri B.
suka membantu C.
suka berbohong D.
suka belajar |
B |
Disajikan
kalimat siswa mampu mengaplikasikan idiom yang cocok mengisi bagian yang
rumpang |
Pilihan Ganda |
32 |
Gede
sering mengalami kesulitan, namun dia tidak pernah menyerah. Gede termasuk
orang yang . . . . Berikut
ini idiom yang cocok mengisi bagian yang rumpang yaitu. . . A.
banting tulang B.
tinggi hati C.
bermental baja D.
naik daun |
C |
||
Disajikan
kalimat siswa mampu memahami arti gulung tikar |
Pilihan Ganda |
33 |
Pedagang
Tanah Abang minta Tiktok ditutup, omzet anjlok terancam gulung tikar Gulung
tikar artinya. . . A.
bangkrut B.
berkembang C.
cuti D.
istirahat |
A |
||
Disajikan
kalimat siswa mampu mengidentifikasi idiom yang terdapat pada kalimat |
Isian |
44 |
Walaupun
anak orang kaya, Fais tetap rendah hati. Idiom
yang terdapat pada kalimat di atas adalah … |
Rendah hati |
||
18 |
Melalui
kegiatan kreativitas, peserta
didik dapat
melakukan praktik
wawancara secara
langsung dan
mendapatkan pengalaman
nyata dalam
melakukan wawancara. |
Disajikan
paragraf siswa mampu memahami pertanyaan yang sesuai dengan jawaban |
Pilihan Ganda |
34 |
Perhatikan paragraf berikut! Saya sangat suka makan ikan. Ikan mengandung protein yang sangat baik untuk pertumbuhan dan kecerdasan. Saya ingin masyarakat menyadari hal tersebut dan mulai membiasakan diri makan ikan. Pertanyaan
berikut yang sesuai dengan jawaban di atas yaitu.... A.
Apa jenis usaha yang dijalankan? B.
Berapa modal yang diperlukan untuk memulai usaha? C.
Mengapa memilih usaha ini? D.
Kapan memulai usaha ini? |
C |
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami kata tanya yang berfungsi untuk menanyakan
alasan |
Pilihan Ganda |
35 |
Kata
tanya yang berfungsi untuk menanyakan alasan yaitu. . . A.
mengapa B.
bagaimana C.
apa D.
di mana |
A |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami Kegiatan tanya jawab untuk mendapatkan
informasi dari pihak tertentu |
Isian |
45 |
Kegiatan
tanya jawab untuk mendapatkan informasi dari pihak tertentu disebut dengan … |
wawancara |
SEMOGA BERMANFAAT !!!
0 Response to "KISI-KISI SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 5 SEMESMTER 1 TP 2024/2025"
Post a Comment