KISI-KISI SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 5 SEMESMTER 1 TP 2024/2025

KISI-KISI SOAL BAHASA INDONESIA 
KELAS 5 SEMESMTER 1
TAHUN PELAJARAN 2024/2025

NO

TP

INDIKATOR SOAL

BENTUK SOAL

NOMOR SOAL

 

SOAL

KUNCI JAWABAN

1

Melalui Pemahaman kosakata tentang kata sifat, peserta didik dapat menerangkan dan mendeskripsikan sifatnya.

 

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami Tokoh dalam cerita yang mempunyai sifat baik dan mewakili norma dan nilai yang sesuai di masyarakat

Pilihan Ganda

1

Tokoh dalam cerita yang mempunyai sifat baik dan mewakili norma dan nilai yang sesuai di masyarakat disebut ...

A. Tokoh antagonis

B. Tokoh protagonis

C. Tokoh tritagonis

D. Tokoh sampingan

B

Disajikan pernyataan siswa mampu mengidentifikasi kata sifat dalam kalimat

Isian

36

Perhatikan kalimat berikut!

Abel menjadi anak yang mandiri.

Kata sifat dalam kalimat di atas adalah ...

Mandiri

Disajikan cerita siswa mampu mengidentifikasi sifat tokoh yang dapat kita teladani

 

Pilihan Ganda

2

Bacalah teks berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 2!

Siam dan Chen

Dahulu kala, di suatu desa tinggalah seorang pria dermawan bernama Pak Long. Dia memiliki dua orang anak bernama Siam dan Lui. Siam adalah anak yang penurut dan suka menolong. Masyarakat sekitar sangat kagum dengan perilaku Siam. Setiap pagi terlihat Siam dengan penuh semangat mendorong gerobak buah ke pasar. Setelah membantu ayahnya berjualan, Siam bersiap-siap untuk pergi ke sekolah.

Siam memiliki tetangga bernama Chen. Mereka juga merupakan teman sekelas. Chen suka bermain games di ponsel pintarnya. Tidak pernah terlihat sekalipun dia pernah membantu keluarganya membersihkan rumah. Dia juga sering melupakan tugas-tugas yang diberikan Ibu Guru, sehingga dia langganan terkena hukuman. Namun, Chen tidak pernah jera. Di sekolah, Chen lebih suka mengobrol dan menggambar dibandingkan mendengarkan penjelasan guru.

Berdasarkan cerita di atas, sifat tokoh yang dapat kita teladani yaitu ...

A. berani

B. penolong

C. jujur

D. pemaaf

B

2

Peserta didik dapat mengetahui bagaimana membentuk kata sifat dengan penambahan kata berimbuhan pe-.

 

Disajikan pernyataan siswa mampu mengidentifikasi contoh kata di bawah ini yang menggunakan imbuhan pe- untuk menyatakan kata sifat

Pilihan Ganda

3

Contoh kata di bawah ini yang menggunakan imbuhan pe- untuk menyatakan kata sifat adalah ...

A. Pemarah

B. Pembeli

C. Pembuat

D. Pemimpin

A

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami makna kata penulis

Pilihan Ganda

4

Kata “penulis” memiliki makna ...

A. Orang yang menulis

B. Orang yang memiliki tulisan

C. Orang yang ditulis

D. Orang yang memberikan tulisan

A

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami kata "dendam" jika diberikan imbuhan pe-

Pilihan Ganda

5

Kata "dendam" jika diberikan imbuhan pe- akan menjadi kata ....

A. pedendam

B. penyendam

C. pemdendam

D. pendendam

D

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami kata tolong jika mendapat awalan pe-

Isian

37

Kata tolong jika mendapat awalan pe- menjadi …

Penolong

3

peserta

didik dapat

menentukan

persamaan

kata (sinonim)

dan lawan kata

(antonim) dari

daftar kata sifat

yang ada secara

tepat dan akurat.

 

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami sinonim kata alim

Pilihan Ganda

6

Perhatikan paragraf berikut!

“Jadilah orang yang alim. Jika tidak mampu, maka jadilah penuntut ilmu. Jika tidak mampu jadi penuntut ilmu, jadilah pendengar ilmu“ kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kotabaru.

Sinonim kata alim yaitu....

A. apik

B. soleh

C. badung

D. penggerutu

B

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami antonim kata ramah

Pilihan Ganda

7

Ibuku selalu menyapa orang-orang yang berbelanja di warung dengan penuh senyuman. Beliau dikenal sebagai penjual yang ramah.

Antonim kata ramah yaitu....

A. kaku

B. nakal

C. cerewet

D. baik

A

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami sininim dari kata lembut

Isian

38

Jihan mempunyai boneka beruang yang sangat lembut.

Sinonim dari kata lembut adalah …

Halus, lemas, lunak

4

Peserta

didik mampu

menuliskan

kalimat majemuk

setara dengan

menggunakan

kata hubung yang

tepat.

 

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami kata penghubung yang tepat untuk melengkapi dua kalimat tunggal, agar menjadi sebuah kalimat majemuk

Pilihan Ganda

8

Nancy pandai berhitung. Nancy tidak pandai menyanyi.

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi dua kalimat tunggal di atas, agar menjadi sebuah kalimat majemuk yaitu.....

A. atau

B. karena

C. tetapi

D. sehingga

C

Disajikan pernyataan siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang termasuk ke dalam kalimat majemuk sebab akibat

Pilihan Ganda

9

Kalimat berikut ini yang termasuk ke dalam kalimat majemuk sebab akibat adalah ...

A. Diandra menyapu halaman rumah dan Shafira membersihkan ruang tamu

B. Semua sungai menjadi kering sehingga para petani mengalami gagal panen

C. Nia sedang belajar ketika hujan turun

D. Andi dan Fatah bermain bulu tangkis di Lapangan

B

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami kata hubung yang tepat untuk melengkapi kalimat

Isian

39

Perhatikan kalimat berikut!

Naura terlambat datang ke sekolah, …… ia bangun kesiangan.

Kata hubung yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas yaitu …

karena

Disajikan pernyataan siswa mampu membuat kalimat majemuk setara hubungan sebab akibat

Uraian

46

Buatlah sebuah kalimat majemuk setara hubungan sebab akibat!

Kalimar menggunakan kata hubung sehingga, akibatnya, sebab, karena, dll

5

Melalui kegiatan

menulis dengan

struktur deskripsi,

peserta didik

dapat memahami

teks deskripsi sederhana

 

Disajikan sebuah kalimat siswa mampu memahami deskripsi kalimat

Pilihan Ganda

10

Dita sering menyisihkan uang bekal yang diberikan oleh ibunya. Dia juga membeli barang-barang yang hanya diperlukan. Dita anak yang tidak ....

A. boros

B. rajin

C. hemat

D. pendiam

C

6

Melalui kegiatan

menyimak dengan

saksama, peserta

didik mampu

memahami unsur-unsur

intrinsik

cerita.

Disajikan cerita siswa mampu mengidentifikasi ema yang sesuai dengan cerita

Pilihan Ganda

11

Bacalah teks berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 11-13

Gajah dan Semut

Suatu hari, kawanan gajah yang besar datang ke hutan untuk mencari makan. Kehadiran gajah ini mengganggu kawanan semut yang tinggal di sana. Banyak rumah semut hancur karena diinjak gajah yang mencari makan.

"Pergilah dari sini, gajah! Ini daerah tempat kami tinggal," kata salah satu semut. Mendengar ucapan itu, gajah hanya tertawa. Ia tak peduli dan menganggap semut adalah binatang kecil yang tidak berbahaya.

Kawanan semut merasa kesal dan berencana untuk mengusir gajah-gajah itu dari hutan tempat mereka tinggal. Keesokan harinya, semut-semut mencoba bicara pada kawanan gajah dan meminta mereka meninggalkan hutan.

Gajah menolak untuk meninggalkan hutan dan hal ini membuat kawanan semut semakin marah. Semut-semut itu pun menyerang kawasan gajah dengan menggigit kulit dan masuk ke dalam telinga hingga gajah-gajah terjatuh. Kawanan gajah akhirnya menyerah dan meninggalkan hutan.

Mereka sadar bahwa semut-semut itu tidak bisa diremehkan hanya karena memiliki badan kecil.

Tema berikut yang sesuai dengan cerita di atas yaitu ...

A. keluarga

B. persahabatan

C. perjuangan

D. pertualangan

C

7

 

Disajikan cerita siswa mampu mengidentifikasi sifat tokoh

Pilihan Ganda

12

Salah satu tokoh dalam cerita di atas adalah semut. Sifat tokoh semut yaitu ....

A. bijaksana

B. sombong

C. rendah diri

D. pemberani

D

Disajikan cerita siswa mampu mengeidentifikasi latar tepat dari cerita

Pilihan Ganda

13

Latar tempat dari cerita di atas yaitu di ....

A. hutan

B. sawah

C. pegunungan

D. kebun binatang

A

Disajikan pernyataan siswa mampu menuliskan 5 unsur intrinsik yang terkandung dalam teks cerita

Uraian

47

Tuliskan 5 unsur intrinsik yang terkandung dalam teks cerita!

Tema, tokoh, latar, alur, amanat

8

Peserta

didik mampu

memahami cara

pemilihan bahasa

oleh penulis untuk

menyampaikan

pesan tertentu

dengan makna

kiasan.

Disajikan kalimat siswa mampu mengidentifikasi majas dari kalimat

Pilihan Ganda

14

Jendela kelas melambai-lambai akibat tiupan angin yang kencang.

Majas dari kalimat di atas yaitu ....

A. metafora

B. hiperbola

C. alegori

D. personifikasi

D

Disajikan pernyataan siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang bermajas hiperbola

Pilihan Ganda

15

Perhatikan kalimat berikut!

1. Ayah bangga kepada Adit, karena ia menjadi bintang kelas

2. Pak Wiguna berserta warga desa berusaha memadamkan si jago merah

3. Ekor kucing itu menari-nari setelah diberikan makanan oleh Dina

4. Kejutan ulang tahun dari temanku hampir membuat jantungku copot.

Kalimat yang bermajas hiperbola ditunjukkan oleh kalimat nomor ....

A. satu

B. dua

C. tiga

D. empat

D

Disajikan kalimat siswa mampu mengidentifkasi majas yang terkandung dari kalimat

Isian

40

Perhatikan kalimat berikut!

Awan itu menari-nari mengikuti angin.

Majas yang terkandung dalam kalimat tersebut adalah majas 

Personifikasi

Disajikan pernyataan siswa mampu membuat sebuah kalimat dengan majas hiper bola

Uraian

48

Buatlah sebuah kalimat dengan majas hiperbola!

Kebijakan guru

9

Melalui

pembahasan

penulisan kalimat

langsung dan

tidak langsung,

peserta didik

mampu memahami

fungsi tanda baca

dan cara membaca

kalimat tersebut

dengan tepat.

Disajikan kalimat langsung siswa mampu mengubah menjadi mejadi kalimat tidak langsung

Pilihan Ganda

16

“Aku senang bertemu denganmu” jawab Dwita.

Apabila kalimat di atas diubah menjadi kalimat tidak langsung, maka akan menjadi....

A. "Dia senang bertemu denganku" kata Dwita

B. Dwita mengatakan bahwa dia senang bertemu denganku

C. "Dia senang bertemu dengan mereka" jawab Dwita

D. Dwita mengatakan bahwa aku senang bertemu dengan dia

B

Disajikan pernyataan siswa mampu mengidentifikasi kalimat langsung

Pilihan Ganda

17

Perhatikan kalimat berikut!

1. "Kita harus hidup rukun" kata Ibu

2. Dini menyuruhku untuk rahin menabung

3. Ayah mengingatkan aku agar selalu disiplin

4. Kakak mengingatkan kita agar rajin belajar

Kalimat langsung ditunjukkan oleh nomor....

A. satu

B. dua

C. tiga

D. empat

A

10

Melalui

pengetahuan atas

cara membedakan

informasi yang

bersifat fakta

dan fiksi, peserta

didik dapat

mengklasifikasi

pemahamannya

dan meningkatkan

kemampuan

literasinya.

Disajikan kalimat siswa mampu menentukan jenis buku

Pilihan Ganda

18

Wiwin merupakan salah satu siswa kelas V. Dia membaca buku yang memuat teks nonfiksi. Jenis buku yang ia baca yaitu ...

A. cerpen

B. komik

C. puisi

D. kamus

D

Disajikan gambar siswa mampu mengidentifikasi teks fiksi dari sampul buku

Pilihan Ganda

19

Perhatikan gambar berikut!


Teks fiksi dapat termuat pada buku nomor ....

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

B

11

Melalui kegiatan

pengenalan

bagian-bagian

buku, peserta

didik dapat

mengidentifikasi

jenis teks dari isi

buku tersebut:

 

Disajikan gambar siswa mampu memahami bagian buku

Pilihan Ganda

20

Perhatikan gambar berikut!

Bagian buku yang ditunjukkan oleh nomor 2 yaitu ....

A. judul

B. penulis

C. ilustrasi

D. punggung buku

A

12

Peserta

didik mampu

menganalisis

maupun

mengaplikasikan

jenis imbuhan,

yakni imbuhan

berawalan me- dan

akhiran

-kan dan -lah.

Disajikan kalimat siswa mampu memahami apabila kata ditambahkan imbuhan me-

Pilihan Ganda

21

Perhatikan kalimat berikut!

Ia (campur) warna biru dan merah untuk menghasilkan warna ungu.

 

Kata di dalam kurung apabila ditambahkan imbuhan me- , akan menjadi ....

A. mecampur

B. menyampur

C. mencampur

D. memcampur

C

Disajikan kalimat siswa mampu memahami kata akan bermakna perintah jika diberi akhiran -lah

Pilihan Ganda

22

Perhatikan kalimat berikut!

(tunggu) sampai bawang layu, lalu masukkan telur.

Kata di dalam kurung akan bermakna perintah apabila diubah menjadi ....

A. Tunggulah

B. Tuggukan

C. menunggu

D. menunggulah

A

Disajikan pernyataan siswa mampu mengaplikasikan awalan me-

Isian

41

Awalan me- + cangkul menjadi kata …

Mencangkul

13

Melalui kegiatan

membaca

konsep teks

prosedur,

peserta

didik dapat

memahami

definisi, tujuan,

ciri-ciri,

struktur, dan

penggunaan

teks prosedur.

Disajikan pernyataan siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri teks prosedur

Pilihan Ganda

23

Perhatikan pernyataan berikut!

 

1. Menggunakan kata kerja aktif

2. Menggunakan kata kerja pasif

3. Menggunakan kalimat perintah

4. Menggunakan kalimat majemuk

Ciri-ciri teks prosedur ditunjukkan oleh nomor yaitu...

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 2 dan 3

D. 3 dan 4

B

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami teks tentang ketentuan yang memberi arahan atau bimbingan tantang cara melakukan sesuatu

Isian

42

Teks tentang ketentuan yang memberi arahan atau bimbingan tantang cara melakukan sesuatu adalah teks …

Prosedur

Disajikan gambar siswa mampu bagian yang belum ada pada teks prosedur

Pilihan Ganda

24

Perhatikan gambar berikut!

Teks prosedur di atas belum lengkap. Bagian yang belum ada pada teks prosedur di atas yaitu....

A. judul & alat dan bahan

B. judul & langkah pembuatan

C. alat dan bahan & kesimpulan

D. alat dan bahan & keunggulan

C

14

Melalui kegiatan

menulis,

peserta didik

dapat berbagi

dengan cara

menulis kalimat

prosedur untuk

mengajarkan

cara melakukan

atau membuat

sesuatu sesuai

dengan hobi

atau kegemaran

peserta didik.

Disajikan gambar siswa mampu memahami kata-kata yang tepat untuk mengisi langkah kerja

Pilihan Ganda

25

Perhatikan gambar berikut!

Kata-kata yang tepat untuk mengisi langkah kerja di atas secara berurutan yaitu....

A. sampai, sesudah, hidangkan

B. sampai, sebelum, hidangkan

C. selama, sesudah, hidangkan

D. selama, sebelum, hidangkan

C

Disajikan pernyataan siswa mampu membuat teks prosedur dalam membuat sesuatu

Uraian

49

Buatlah teks prosedur dalam membuat sesuatu!

Kebijakan guru

15

Melalui kegiatan

membaca teks,

peserta didik dapat

memahami isi teks

dengan bantuan

kata tanya panduan

seperti apa, di

mana, kapan, siapa,

mengapa, dan

bagaimana.

Disajikan cerita sukses menjadi pengusaha muda siswa mampu mengidentifikasi nama produk minuman yang dijual oleh Victor Giovan Raihan

Pilihan Ganda

26

Bacalah teks berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 26-28!

 

Sukses Menjadi Pengusaha Muda

Victor Giovan Raihan merupakan seorang pemuda usia 18 tahun yang berasal dari kota Malang. Dia sosok pengusaha muda yang terbilang sukses di usaha kuliner. Produk minumannya yang diberi nama "Teh Kempot" banyak diminati masyarakat. Kata “Kempot” digunakan Victor karena terinspirasi dari cara orang saat minum teh menggunakan sedotan. Bila sedang haus, konsumen akan menyedot sampai pipinya kempot.

 

Usaha kuliner Victor berawal dari keisengannya meracik teh yang dicampur dengan susu fermentasi. Ternyata hasilnya enak dan disukai oleh teman-temannya. Masyarakat sekitar juga memberikan respon yang positif. Mulailah Victor fokus dan menekuni usahanya agar lebih berkembang. Mulai dari meracik, menata toko, hingga merancang kemasan.

 

Orang tua Victor mendukung penuh anaknya untuk berbisnis. Mereka percaya apabila Victor membuka usaha sendiri, maka dia akan belajar mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Sejauh ini terdapat 10 toko yang dikelola oleh Victor dan 17 toko hasil kerja sama dengan mitra. Ada banyak pilihan rasa yang ditawarkan dari minuman racikan Victor, ada rasa strowberi, rasa cokelat, juga ada rasa lemon.

Nama produk minuman yang dijual oleh Victor Giovan Raihan yaitu ....

A. Teh Tarik

B. Teh Kempot

C. Teh Susu

D. Teh Yogurt

B

Disajikan cerita sukses menjadi pengusaha muda siswa mampu mengidentifikasi cara Victor mendapatkan racikan minuman

Pilihan Ganda

27

Produk minuman yang diracik oleh Victor sangat disukai oleh teman-temannya. Cara Victor mendapatkan racikan minuman tersebut yaitu ....

A. membaca buku-buku tentang pencampuran teh

B. mengikuti pelatihan meracik minuman olahan teh

C. keisengan mencapur teh dengan susu fermentasi

D. resep keluarga dengan mencampur teh dengan susu

C

Disajikan cerita sukses menjadi pengusaha muda siswa mampu mengidentifikasi nama inspirasi dari nama produk minuman Victor sangat unik

Pilihan Ganda

28

Nama produk minuman Victor sangat unik. Nama tersebut terinspirasi dari....

A. orang yang minum teh dicampur susu

B. orang yang minum teh dengan gelas

C. orang yang minum teh dengan sedotan

D. orang yang minum teh tanpa gula

C

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami kata tanya siapa

Isian

43

Kata tanya siapa digunakan untuk menanyakan …

Orang

16

Peserta didik

dapat menentukan

ide pokok pada

setiap paragraf

dari teks

 

Disajikan paragraf siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok paragraf

Pilihan Ganda

29

Perhatikan paragraf berikut!

Sebagai penjual bakso, Tono selalu menggunakan daging ayam yang berkualitas. Bakso yang dibuat pun tidak memakai bahan-bahan kimia berbahaya seperti zat pengawet maupun zat pewarna. Dengan begitu, manfaat dan kandungan bakso baik bagi kesehatan para penikmatnya. Kepercayaan pembeli adalah yang utama dalam usahanya

Gagasan pokok paragraf di atas yaitu....

A. bahan pembuatan bakso

B. cara menjaga kepercayaan pembeli

C. manfaat bakso bagi kesehatan

D. tidak menggunakan zat kimia berbahaya

A

Disajikan paragraf siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok paragraf

Pilihan Ganda

30

Perhatikan paragraf berikut!

Tiyas telah meraih impian masa kecilnya. Sekarang dia sudah memiliki beberapa cabang toko roti sendiri. Bahkan, Tiyas menyediakan lapangan pekerjaan bagi banyak orang. Terhitung omzet dari penjualan rotinya setiap bulan mencapai ratusan juta. Meskipun sudah sukses, Tiyas tetap rendah hati. Orang tua Tiyas begitu bangga dengan usaha yang dilakukan putrinya.

Gagasan pokok paragraf di atas yaitu....

A. memiliki banyak cabang toko roti

B. tetap rendah hati meskipun sudah sukses

C. keberhasilan meraih impian masa kecil

D. akan mencapai cita-cita masa kecil

C

Disajikan paragraf siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok paragraf

Uraian

50

Perhatikan paragraf berikut!

Bahan bakar minyak memiliki berbagai kegunaan. Sepeda motor menggunakan bahan bakar pertalite. Kendaraan bermesin diesel menggunakan bahan bakar solar. Pesawat terbang menggunakan avtur sebagai bahan bakar. Ibu rumah tangga menggunakan minyak tanah sebagaibahan bakar kompor minyak.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ….

Bahan bakar minyak memiliki berbagai kegunaan

17

Peserta didik dapat

memahami dan

mengidentifikasi

idiom beserta

maknanya.

Disajikan kalimat siswa mampu memahami arti ringan tangan

Pilihan Ganda

31

Cantika adalah siswa kelas 5 yang ringan tangan.

Ringan tangan artinya....

A. suka mencuri

B. suka membantu

C. suka berbohong

D. suka belajar

B

Disajikan kalimat siswa mampu mengaplikasikan idiom yang cocok mengisi bagian yang rumpang

Pilihan Ganda

32

Gede sering mengalami kesulitan, namun dia tidak pernah menyerah. Gede termasuk orang yang . . . .

Berikut ini idiom yang cocok mengisi bagian yang rumpang yaitu. . .

A. banting tulang

B. tinggi hati

C. bermental baja

D. naik daun

C

Disajikan kalimat siswa mampu memahami arti gulung tikar

Pilihan Ganda

33

Pedagang Tanah Abang minta Tiktok ditutup, omzet anjlok terancam gulung tikar

Gulung tikar artinya. . .

A. bangkrut

B. berkembang

C. cuti

D. istirahat

A

Disajikan kalimat siswa mampu mengidentifikasi idiom yang terdapat pada kalimat

Isian

44

Walaupun anak orang kaya, Fais tetap rendah hati.

Idiom yang terdapat pada kalimat di atas adalah …

Rendah hati

18

Melalui kegiatan

kreativitas,

peserta didik

dapat melakukan

praktik wawancara

secara langsung

dan mendapatkan

pengalaman nyata

dalam melakukan

wawancara.

Disajikan paragraf siswa mampu memahami pertanyaan yang sesuai dengan jawaban

Pilihan Ganda

34

Perhatikan paragraf berikut!

Saya sangat suka makan ikan. Ikan mengandung protein yang sangat baik untuk pertumbuhan dan kecerdasan. Saya ingin masyarakat menyadari hal tersebut dan mulai membiasakan diri makan ikan.

Pertanyaan berikut yang sesuai dengan jawaban di atas yaitu....

A. Apa jenis usaha yang dijalankan?

B. Berapa modal yang diperlukan untuk memulai usaha?

C. Mengapa memilih usaha ini?

D. Kapan memulai usaha ini?

C

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami kata tanya yang berfungsi untuk menanyakan alasan

Pilihan Ganda

35

Kata tanya yang berfungsi untuk menanyakan alasan yaitu. . .

A. mengapa

B. bagaimana

C. apa

D. di mana

A

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami Kegiatan tanya jawab untuk mendapatkan informasi dari pihak tertentu

Isian

45

Kegiatan tanya jawab untuk mendapatkan informasi dari pihak tertentu disebut dengan …

wawancara


SEMOGA BERMANFAAT !!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KISI-KISI SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 5 SEMESMTER 1 TP 2024/2025"

Post a Comment