KISI-KISI SOAL PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 5 SEMESTER TP 2024/2025

KISI-KISI SOAL PENDIDIKAN PANCASILA
KELAS 5 SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2024/2025


NO

TP

INDIKATOR SOAL

BENTUK SOAL

NOMOR SOAL

SOAL

KUNCI JAWABAN

1

Memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila.

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami arti Pancasila

Isian

36

Pancasila artinya ...

 

Lima dasar

Disajikan pernyataan siswa mampu mengetahui tanggal pembentukan Panitia sembilan

Pilihan ganda

1

Panitia sembilan dibentuk pada tanggal ...

A. 28 Mei 1945

B. 29 Mei 1945

C. 1 Juni 1945

D. 22 Juni 1945

D

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami tokoh yang merumuskan rancangan dasar negara

Pilihan ganda

2

Di bawah ini bukan tokoh yang merumuskan rancangan dasar negara adalah ...

A. Ir. Soekarno

B. Mr. Muhammad Yamin

C. Drs. Mohammad Hatta

D. Prof. Dr. Soepomo

C

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami rumusan Pancasila yang dipakai sampai sekarang adalah rumusan yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945

Pilihan ganda

3

Rumusan pancasila yang dipakai sampai sekarang adalah rumusan yang terdapat dalam ...

A. pidato Ir. Soekarno

B. Dekrit Presiden

C. Piagam Jakarta

D. Pembukaan UUD 1945

D

Disajikan pernyataan siswa mampu mengetahui yang termasuk tokoh panitia sembilan

Pilihan ganda

4

Berikut ini yang termasuk tokoh Panitia sembilan adalah ..

A. Dr. Wahidin Sudirohusodo

B. R. Panji Suroso

C. Drs. Mohammmad Hatta

D. Douwes Dekker

C

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami sebutan panitia kecil yang membahas usulan-usulan yang masuk pada siding BPUPKI

Pilihan ganda

5

Panitia kecil yang membahas usulan-usulan yang masuk pada sidang BPUPKI disebut ...

A. Panitia kecil

B. Panitia Sembilan

C. Panitia Empat Lima

D. Panitia Kemerdekaan

B

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami tanggal dibentuknya BPUPKI

Pilihan ganda

6

BPUPKI dibentuk pada tanggal ...

A. 22 Juni 1945

B. 7 Agustus 1945

C. 27 Mei 1945

D. 28 Mei 1945

A

Disajikan pernyataan siswa mampu memahamo tanggal Pancasila disahkan sebagi dasar negara

Pilihan ganda

7

Pancasila disahkan sebagai dasar negara pada tanggal ...

A. 2 Juni 1945

B. 22 Juni 1945

C. 17 Agustus 1945

D. 18 Agustus 1945

B

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami burung Garuda Pancasila merupakan lambang Negara

Isian

37

Burung Garuda Pancasila merupakan …… Negara

Lambang

2

Mengidentiikasi makna yang terkandung dalam sila-sila Pancasila dan keterhubungan satu sila dengan sila yang lain dalam Pancasila.

 

Disajikan gambar siswa mampu mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan nilai-nilai pancasila

Pilihan ganda

8

Perhatikan gambar berikut!


perilaku anak-anak pada gambar di atas mencerminkan nilai-nilai Pancasila yaitu . . .

A. nilai ketuhanan

B. nilai musyawarah mufakat

C. nilai keadilan

D. nilai kemanusiaan

 

 

D

Disajikan pernyataan siswa mampu mengidentifikasi perilaku siswa yang bertentangan dengan Pancasila

Pilihan ganda

9

Pada waktu istirahat sekolah, sebagian siswa pergi ke kantin. Mereka mengantri dengan tertib untuk membeli makanan. Namun, ada seorang siswa yang menerobos antrian. Perilaku siswa tersebut bertentangan dengan Pancasila sila ke. . .

A. 2

B. 1

C. 4

D. 5

A

Disajikan pernyataan siswa mampu mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan Pancasila

Pilihan ganda

10

Siswa-siswi SDN 20 Bungo Tanjuang mengikuti upacara bendera pada hari senin dengan tertib. Mereka menunjukkan perilaku yang sesuai dengan Pancasila sila ke. . .

A. Dua

B. Tiga

C. Empat

D. Lima

B

Disajikan pernyataan siswa mampu mengidentifikasi penerapan nilai-nilai Pancasila sila keempat pada lingkungan masyarakat

Pilihan ganda

11

Penerapan nilai-nilai sila keempat Pancasila pada lingkungan masyawarakat yaitu …

A. Musyawarah dan gotong royong saat kerja bakti

B. Musyawarah saat menentukan tempat liburan keluarga

C. Memilih ketua kelas

D. Bergotong royong membersihkan halaman sekolah

A

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami Nilai yang terkandung dalam sila kelima pancasila

Isian

38

Nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila yaitu nilai …

Keadilan

Disajikan pernyataan siswa mampu menyebutkan 3 contoh pelaksanaan nilai ketuhanan di lingkungan sekolah

Uraian

46

Sebutkan 3 contoh pelaksanaan nilai ketuhanan di lingkungan sekolah!

1. Shalat berjamaah

2. menjaga Kebersihan mushalla

3. Berdoa saat memulai dan mengakhiri pembelajaran

4. menghormati guru

5. mengikuti acara yang berhubungan dengan keagamaan,dll

3

Mengidentiikasi makna Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup dan ideologi bangsa dan negara.

Disajikan gambar siswa mampu perilaku yang menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman dalam berperilaku

Pilihan ganda

12

Perhatikan gambar berikut!



Nizam menunjukkan perilaku seperti pada gambar di atas. Dia selalu menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman dalam berprilaku. Bagi Nizam, Pancasila merupakan . . .

A. identitas bangsa

B. pandangan hidup

C. hukum yang mengikat

D. ideologi bangsa

B

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami peran Pancasila

Pilihan ganda

13

Warga negara asing mengenal masyarakat Indonesia sebagai masyarakat yang ramah, sopan, dan suka bertegur sapa. Perilaku baik tersebut sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Peran Pancasila pada peristiwa tersebut yaitu sebagai. . .

A. identitas bangsa

B. pandangan hidup

C. hukum yang mengikat

D. ideologi bangsa

A

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami peran Pancasila

Pilihan ganda

14

Pancasila merupakan gagasan dan hasil pemikiran yang berisi nilai-nilai luhur Pancasila untuk mencapai tujuan dan cita-cita bangsa. Pernyatan tersebut menunjukkan Pancasila sebagai. . .

A. ideologi bangsa

B. identitas bangsa

C. jati diri bangsa

D. pandangan hidup

A

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami tempat Pendidikan utama dan pertama yang memegang peranan penting dalam pembiasaan perilaku sesuai pancasila

Isian

39

Tempat pendidikan utama dan pertama yang memegang peranan penting dalam pembiasana perilaku sesuai Pancasila yaitu lingkungan …

 

Rumah

Disajikan pernyataan siswa mampu mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan nilai kesatuan

Pilihan ganda

15

Petani jorong Jambak bergotong royong memanen padi. Semua petani bersatu dan bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Peristiwa ini mencerminkan …

A. nilai spiritual

B. nilai kesatuan

C. nilai keadilan

D. nilai kemanusiaan

B

Disajikan pernyataan siswa mampu mengidentifikasi pernyataan yang terkain dengan gotong royong

Pilihan ganda

16

Perhatikan pernyataan berikut!

1. Gotong royong merupakan nilai luhur bangsa

2. Gotong royong hanya dapat dilakukan di desa

3. Gotong royong menciptakan ketentraman hidup

4. Gotong royong merupakan budaya negara sahabat

Pernyataan di atas yang benar terkait gotong royong yaitu. . .

A. 1 dan 4

B. 2 dan 4

C. 1 dan 3

D. 2 dan 3

C

Disajikan gambar siswa mampu mengidentifikasi pernyataan yang sesuai dengan gambar

Pilihan ganda

17

Perhatikan gambar berikut!



Berikut ini pernyatan yang sesuai dengan gambar di atas yaitu. . .

A. perbedaan menjadi penghambat gotong royong

B. gotong royong hanya dilakukan oleh satu suku

C. keanekaragaman bukan penghalang gotong royong

D. pekerjaan lama selesai jika ada perbedaan ras

C

Disajikan pernyataan siswa mampu mengidentifikasi nilai-nilai yang dapat dijadikan pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari

Pilihan ganda

18

Perhatikan pernyataan berikut!

1. Individualis dan adil

2. Mengutamakan golongan tertentu

3. Cinta tanah air dan rela berkorban

4. Saling menyayangi sesama manusia

Nilai-nilai di atas yang dapat dijadikan pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari yaitu nomor. . .

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3

C. 3 dan 4

D. 1 dan 4

C

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami perilaku yang menciptakan keharmonisan

Isian

40

Kampung Salak ditempati oleh penduduk pendatang dari berbagai daerah. Ada dari daerah Bali, Jawa, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua. Mereka berasal dari suku yang berbeda-beda. Agar tercipta keharmonisan, maka mereka harus menunjung tinggi sikap. . .

Toleransi

Disajikan pernyataan siswa mampu mengidentifikasi makna manusia merupakan makhluk sosial

Pilihan ganda

19

Perhatikan pernyataan berikut!

1. Memerlukan bantuan orang lain dalam memenuhi kebutuhannya

2. Dapat hidup sendiri pada berbagai situasi

3. Suka berkumpul dan mengobrol bersama

4. Berkompetisi bersama-sama dalam mencapai tujuan bersama

Kita harus mengutamakan gotong royong karena kita merupakan makhluk sosial. Pernyataan yang menunjukkan makna makhluk sosial yaitu nomor. . .

A. satu

B. dua

C. tiga

D. empat

A

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami keberagaman bangsa Indonesia

Pilihan ganda

20

Indonesia memiliki banyak keberagaman. Berikut ini bukan merupakan keberagaman bangsa Indonesia yaitu. . .

A. bahasa persatuan

B. suku bangsa

C. warna kulit

D. lagu daerah

A

4

Mengidentiikasi bentuk-bentuk norma, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, warga sekolah, dan warga negara dan menunjukkan contoh-contohnya.

 

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami perilaku yang sesuai dengan norma

Pilihan ganda

21

Rendi diajarkan oleh orang tuanya untuk berpamitan ketika hendak pergi. Rendi selalu melaksanakan petunjuk tersebut. Dia telah berprilaku sesuai . . .

A. adat

B. hak

C. norma

D. hukum

C

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami sumber perilaku menaati perintah dan menghindari larangan tuhan

Pilihan ganda

22

Dika dikenal sebagai anak yang religius. Dia selalu menaati perintah dan menghindari larangan Tuhan yang terdapat pada. . .

A. UUD 1945

B. kitab suci

C. Pancasila

D. kitab Negara Kertagama

B

Disajikan pernyataan siswa mampu mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan norma

Isian

41

Tiyas melihat seorang nenek yang sedang berdiri di dalam kereta. Kemudian, Tiyas mempersilakan nenek tersebut duduk di kursinya. Tiyas telah berprilaku sesuai dengan Norma …

 

 

Kesopanan

Disajikan pernyataan siswa mampu mengidentifikasi sanksi yang akan diterima oleh pelanggar norma kesusilaan

Pilihan ganda

23

Perhatikan sanksi berikut!

1. Merasa bersalah

2. Dikucilkan masyarakat

3. Mendapat denda

4. Masuk penjara

Sanksi yang akan diterima oleh pelanggar norma kesusilaan ditunjukkan oleh nomor. . .

A. 1 dan 4

B. 2 dan 3

C. 3 dan 4

D. 1 dan 2

D

Disajikan pernyataan siswa mampu mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan norma kesopanan

Pilihan ganda

24

Arga tidak sengaja menjatuhkan kotak makan milik Aqil. Kemudian, Arga meminta maaf kepada Aqil. Aqil telah berprilaku sesuai dengan. . .
A. norma agama
B. norma kesusilaan
C. norma kesopanan
D. norma hukum

C

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami sumber dari norma hukum

Pilihan ganda

25

Kita sebagai warga negara yang baik, harus selalu menaati norma hukum. Norma tersebut bersumber dari . . .

A. kitab suci

B. hati nurani

C. kebiasaan masyarakat

D. peraturan perundang-undangan

D

5

Mempraktikan norma, hak, dan kewajiban dalam kedudukan sebagai anggota keluarga, warga sekolah, dan warga negara.

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami hal yang sebaiknya dilakukan

Pilihan ganda

26

Alif beserta teman-temannya bermain di sekitar perumahan dekat rumah Alif. Hal yang sebaiknya dilakukan oleh Alif dan teman-temannya yaitu. . .
A. membuat kegaduhan
B. berteriak keras agar didengar
C. tidak membuat kebisingan
D. memasuki semua rumah warga

C

Disajikan gambar siswa mampu memahami sumber dari norma

Pilihan ganda

27

Perhatikanlah gambar berikut!



 

Gambar di atas menunjukkan contoh penerapan norma. Norma tersebut bersumber dari . . .

A. kitab suci

B. hati nurani

C. UUD 1945

D. kebiasaan masyarakat

A

Disajikan pernyataan siswa mampu menyebutkan macam-macam norma

Uraian

47

Sebutkan 4 macam norma!

1. norma agama

2. norma kesopanan

3. norma kesusilaan

4. norma hukum

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami sesuatu yang harus kita laksanakan dengan tanggung jawab disebut kewajiban

Isian

42

Sesuatu yang harus kita laksanakan dengan tanggung jawab disebut ...

 

Kewajiban

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami pengertian hak

Pilihan ganda

28

Pengertian Hak adalah ....

A. segala sesuatu yang harus manusia dapatkan

B. segala sesuatu yang dimiliki menusia setelah dewasa

C. sesuatu yang tidak dimiliki manusia

D. sesuatu yang akan dimiliki manusia ketika sudah tua

A

Disajikan pernyataan siswa mampu hak yang dimiliki setiap orang dalam diskusi

Pilihan ganda

29

Hak yang dimiliki setiap orang dalam diskusi adalah hak untuk ...

A. Menyampaikan pendapat

B. Berpendapat dengan suara yang keras

C. Tidak menerima pendapat orang lain

D. Memutuskan secara sepihak

A

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami yang bukan merupakan hak peserta musyawarah

Pilihan ganda

30

Yang bukan merupakan hak peserta musyawarah di bawah ini adalah ...

A. Mengeluarkan pendapat

B. Mendapatkan keadilan

C. Menyampaikan kritik dan saran

D. Menghormati perbedaan pendapat

D

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami bahwa Berperan serta dalam membela negara Indonesia dari serangan musuh negara Indonesia dari serangan musuh merupakan suatu bentuk hak dan kewajiban

Isian

43

Berperan serta dalam membela negara Indonesia dari serangan musuh negara Indonesia dari serangan musuh merupakan suatu bentuk ...

Hak dan kewajiban

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab

Isian

44

Setiap hari Rafa melaksanakan salat lima waktu, sikap Rafa merupakan pencerminan sikap tanggung jawab terhadap ...

Agama

Disajikan pernyataan siswa mampu mengidentifikasi contoh kewajiban seorang siswa di sekolah

Pilihan ganda

31

Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) mengerjakan tugas dari guru

(2) menghormati semua guru

(3) menerima uang saku dari orang tua

(4) membersihkan dapur

Contoh kewajiban seorang siswa di sekolah ditunjukkan oleh nomor ....

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (2) dan (3)

D. (2) dan (4)

A

Disajikan pernyataan siswa mampu menyebutkan 3 hak anak disekolah

Uraian

48

Sebutkan 3 hak anak di sekolah

1. mendapatkan Pelajaran

2. mendapat suasana belajar dengan tenang

3. mendapat nilai

4. medapat buku Pelajaran, dll

6

Memahami dan mempraktikkan musyawarah dalam kehidupan keluarga, sekolah dan masyarakat.

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami cara penyampaian saran dan pendapat Ketika bermusyawarah

Isian

45

Penyampaian saran dan pendapat ketika bermusayawarah harus disampaikan secara ....

 

Sopan

Disajikan pernyataan siswa mampu menyebutkan salah satu contoh bentuk Keputusan Bersama di lingkungan sekolah

Pilihan ganda

32

Salah satu contoh bentuk keputusan bersama di lingkungan sekolah adalah ....

A. menjenguk tetangga yang sakit

B. ikut kegiatan siskamling

C. ikut kegiatan posyandu

D. melaksanakan piket kelas.

D

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami sikap Ketika dalam musyawarah hasil yang diputuskan tidak sesuai dengan keinginan kita

Pilihan ganda

33

Dalam sebuah musyawarah hasil yang diputuskan tidak sesuai dengan keinginan kita. Sikap kita sebaiknya….

A. melaksanakan hasil musyawarah agar kelihatan rukun

B. melaksanakan hasil musyawarah dengan penuh tanggung jawab

C. meminta musyawarah ditunda lain waktu

D. tetap melaksanakan musyawarah dengan terpaksa

 

B

Disajikan pernyataan siswa mampu mengidentifikasi sikap yang harus diperhatikan Ketika menyampaikan pendapat

Pilihan ganda

34

Perhatikan informasi berikut ini !

(1) Menghargai pendapat orang lain

(2) Memotong pembicaraan orang lain

(3) Mengutamakan kepentingan bersama

(4) Tidak menyimpang dari masalah yang dibahas

Sikap yang harus diperhatikan ketika menyampaikan pendapat ditunjukkan oleh nomor

A. (1), (2), (3), dan (4)

B. (1), (2), dan (3)

C. (1), (3), dan (4)

D. (2), (3), dan (4)

C

Disajikan pernyataan siswa mampu sikap yang harus diperhatikan dalam melaksanakan Keputusan bersama

Pilihan ganda

35

Keputusan bersama harus dilaksanakan oleh semua pihak. Sikap yang harus diperhatikan dalam melaksanakan keputusan bersama adalah ....

A. melaksanakan keputusan bersama yang sesuai dengan keinginan

B. menerima hasil keputusan bersama dan dilaksanakan sebagian

C. terpaksa melaksanakan walaupun tidak sesuai keinginan

D. melaksanakan keputusan bersama dengan tanggungjawab

D

Disajikan pernyataan siswa mampu memahami apa yang dimaksud dengan musyawarah

Uraian

49

Apa yang dimaksud dengan musyawarah?

Kegiatan membicarakan sesuatu masalah secara Bersama-sama

Disajikan pernyataan siswa mampu menyebutkan 3 sikap yang baik dalam musyawarah

Uraian

50

Sebutkan 3 sikap yang baik dalam musyawarah!

1. menghargai pendapat orang lain

2. tidak memaksakan kehendak

3. mendengarkan pendapat orang lain

4. menghargai Keputusan Bersama

5. melaksanakan hasil Keputusan dengan penuh tanggung jawab, dll


SEMOGA BERMANFAAT !!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KISI-KISI SOAL PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 5 SEMESTER TP 2024/2025"

Post a Comment