KISI-KISI SOAL PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 5 SEMESTER TP 2024/2025
KISI-KISI SOAL PENDIDIKAN PANCASILAKELAS 5 SEMESTER 1TAHUN PELAJARAN 2024/2025
NO |
TP |
INDIKATOR SOAL |
BENTUK SOAL |
NOMOR SOAL |
SOAL |
KUNCI JAWABAN |
1 |
Memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila. |
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami arti Pancasila |
Isian |
36 |
Pancasila
artinya ... |
Lima dasar |
Disajikan
pernyataan siswa mampu mengetahui tanggal pembentukan Panitia sembilan |
Pilihan ganda |
1 |
Panitia
sembilan dibentuk pada tanggal ... A.
28 Mei 1945 B.
29 Mei 1945 C.
1 Juni 1945 D.
22 Juni 1945 |
D |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami tokoh yang merumuskan rancangan dasar negara |
Pilihan ganda |
2 |
Di
bawah ini bukan tokoh yang merumuskan rancangan dasar negara adalah ... A.
Ir. Soekarno B.
Mr. Muhammad Yamin C.
Drs. Mohammad Hatta D.
Prof. Dr. Soepomo |
C |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami rumusan Pancasila yang dipakai sampai
sekarang adalah rumusan yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 |
Pilihan ganda |
3 |
Rumusan
pancasila yang dipakai sampai sekarang adalah rumusan yang terdapat dalam ... A.
pidato Ir. Soekarno B.
Dekrit Presiden C.
Piagam Jakarta D.
Pembukaan UUD 1945 |
D |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu mengetahui yang termasuk tokoh panitia sembilan |
Pilihan ganda |
4 |
Berikut
ini yang termasuk tokoh Panitia sembilan adalah .. A.
Dr. Wahidin Sudirohusodo B.
R. Panji Suroso C.
Drs. Mohammmad Hatta D.
Douwes Dekker |
C |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami sebutan panitia kecil yang membahas
usulan-usulan yang masuk pada siding BPUPKI |
Pilihan ganda |
5 |
Panitia
kecil yang membahas usulan-usulan yang masuk pada sidang BPUPKI disebut ... A.
Panitia kecil B.
Panitia Sembilan C.
Panitia Empat Lima D.
Panitia Kemerdekaan |
B |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami tanggal dibentuknya BPUPKI |
Pilihan ganda |
6 |
BPUPKI
dibentuk pada tanggal ... A.
22 Juni 1945 B.
7 Agustus 1945 C.
27 Mei 1945 D.
28 Mei 1945 |
A |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahamo tanggal Pancasila disahkan sebagi dasar
negara |
Pilihan ganda |
7 |
Pancasila
disahkan sebagai dasar negara pada tanggal ... A.
2 Juni 1945 B.
22 Juni 1945 C.
17 Agustus 1945 D.
18 Agustus 1945 |
B |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami burung Garuda Pancasila merupakan lambang
Negara |
Isian |
37 |
Burung
Garuda Pancasila merupakan …… Negara |
Lambang |
||
2 |
Mengidentiikasi makna yang terkandung dalam
sila-sila Pancasila dan keterhubungan satu sila dengan sila yang lain dalam
Pancasila. |
Disajikan
gambar siswa mampu mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan nilai-nilai
pancasila |
Pilihan ganda |
8 |
Perhatikan gambar berikut! perilaku
anak-anak pada gambar di atas mencerminkan nilai-nilai Pancasila yaitu . . . A.
nilai ketuhanan B.
nilai musyawarah mufakat C.
nilai keadilan D.
nilai kemanusiaan |
D |
Disajikan
pernyataan siswa mampu mengidentifikasi perilaku siswa yang bertentangan
dengan Pancasila |
Pilihan ganda |
9 |
Pada waktu istirahat sekolah, sebagian siswa pergi ke
kantin. Mereka mengantri dengan tertib untuk membeli makanan. Namun, ada
seorang siswa yang menerobos antrian. Perilaku siswa tersebut bertentangan
dengan Pancasila sila ke. . . A. 2 B. 1 C. 4 D. 5 |
A |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan Pancasila |
Pilihan ganda |
10 |
Siswa-siswi SDN 20 Bungo Tanjuang mengikuti upacara bendera
pada hari senin dengan tertib. Mereka menunjukkan perilaku yang sesuai dengan
Pancasila sila ke. . . A. Dua B. Tiga C. Empat D. Lima |
B |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu mengidentifikasi penerapan nilai-nilai Pancasila sila keempat
pada lingkungan masyarakat |
Pilihan ganda |
11 |
Penerapan nilai-nilai sila keempat Pancasila pada
lingkungan masyawarakat yaitu … A. Musyawarah dan gotong royong saat kerja bakti B. Musyawarah saat menentukan tempat liburan keluarga C. Memilih ketua kelas D. Bergotong royong membersihkan halaman sekolah |
A |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami Nilai yang terkandung dalam sila kelima
pancasila |
Isian |
38 |
Nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila yaitu
nilai … |
Keadilan |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu menyebutkan 3 contoh pelaksanaan nilai ketuhanan di
lingkungan sekolah |
Uraian |
46 |
Sebutkan 3 contoh pelaksanaan nilai ketuhanan di lingkungan
sekolah! |
1.
Shalat berjamaah 2.
menjaga Kebersihan mushalla 3.
Berdoa saat memulai dan mengakhiri pembelajaran 4.
menghormati guru 5.
mengikuti acara yang berhubungan dengan keagamaan,dll |
||
3 |
Mengidentiikasi
makna Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup dan ideologi bangsa dan
negara. |
Disajikan
gambar siswa mampu perilaku yang menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai
pedoman dalam berperilaku |
Pilihan ganda |
12 |
Perhatikan gambar berikut! Nizam
menunjukkan perilaku seperti pada gambar di atas. Dia selalu menjadikan
nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman dalam berprilaku. Bagi Nizam, Pancasila
merupakan . . . A.
identitas bangsa B.
pandangan hidup C.
hukum yang mengikat D.
ideologi bangsa |
B |
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami peran Pancasila |
Pilihan ganda |
13 |
Warga
negara asing mengenal masyarakat Indonesia sebagai masyarakat yang ramah,
sopan, dan suka bertegur sapa. Perilaku baik tersebut sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila. Peran Pancasila pada peristiwa tersebut yaitu sebagai.
. . A.
identitas bangsa B.
pandangan hidup C.
hukum yang mengikat D.
ideologi bangsa |
A |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami peran Pancasila |
Pilihan ganda |
14 |
Pancasila
merupakan gagasan dan hasil pemikiran yang berisi nilai-nilai luhur Pancasila
untuk mencapai tujuan dan cita-cita bangsa. Pernyatan tersebut menunjukkan
Pancasila sebagai. . . A.
ideologi bangsa B.
identitas bangsa C.
jati diri bangsa D.
pandangan hidup |
A |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami tempat Pendidikan utama dan pertama yang
memegang peranan penting dalam pembiasaan perilaku sesuai pancasila |
Isian |
39 |
Tempat
pendidikan utama dan pertama yang memegang peranan penting dalam pembiasana
perilaku sesuai Pancasila yaitu lingkungan … |
Rumah |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan nilai
kesatuan |
Pilihan ganda |
15 |
Petani
jorong Jambak bergotong royong memanen padi. Semua petani bersatu dan bekerja
bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Peristiwa ini mencerminkan … A.
nilai spiritual B.
nilai kesatuan C.
nilai keadilan D.
nilai kemanusiaan |
B |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu mengidentifikasi pernyataan yang terkain dengan gotong
royong |
Pilihan ganda |
16 |
Perhatikan
pernyataan berikut! 1.
Gotong royong merupakan nilai luhur bangsa 2.
Gotong royong hanya dapat dilakukan di desa 3.
Gotong royong menciptakan ketentraman hidup 4.
Gotong royong merupakan budaya negara sahabat Pernyataan
di atas yang benar terkait gotong royong yaitu. . . A.
1 dan 4 B.
2 dan 4 C.
1 dan 3 D.
2 dan 3 |
C |
||
Disajikan
gambar siswa mampu mengidentifikasi pernyataan yang sesuai dengan gambar |
Pilihan ganda |
17 |
Perhatikan gambar berikut! Berikut
ini pernyatan yang sesuai dengan gambar di atas yaitu. . . A.
perbedaan menjadi penghambat gotong royong B.
gotong royong hanya dilakukan oleh satu suku C.
keanekaragaman bukan penghalang gotong royong D.
pekerjaan lama selesai jika ada perbedaan ras |
C |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu mengidentifikasi nilai-nilai yang dapat dijadikan
pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari |
Pilihan ganda |
18 |
Perhatikan
pernyataan berikut! 1.
Individualis dan adil 2.
Mengutamakan golongan tertentu 3.
Cinta tanah air dan rela berkorban 4.
Saling menyayangi sesama manusia Nilai-nilai
di atas yang dapat dijadikan pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari
yaitu nomor. . . A.
1 dan 2 B.
2 dan 3 C.
3 dan 4 D.
1 dan 4 |
C |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami perilaku yang menciptakan keharmonisan |
Isian |
40 |
Kampung
Salak ditempati oleh penduduk pendatang dari berbagai daerah. Ada dari daerah
Bali, Jawa, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua. Mereka berasal dari suku yang
berbeda-beda. Agar tercipta keharmonisan, maka mereka harus menunjung tinggi
sikap. . . |
Toleransi |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu mengidentifikasi makna manusia merupakan makhluk
sosial |
Pilihan ganda |
19 |
Perhatikan
pernyataan berikut! 1.
Memerlukan bantuan orang lain dalam memenuhi kebutuhannya 2.
Dapat hidup sendiri pada berbagai situasi 3.
Suka berkumpul dan mengobrol bersama 4.
Berkompetisi bersama-sama dalam mencapai tujuan bersama Kita
harus mengutamakan gotong royong karena kita merupakan makhluk sosial.
Pernyataan yang menunjukkan makna makhluk sosial yaitu nomor. . . A.
satu B.
dua C.
tiga D.
empat |
A |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami keberagaman bangsa Indonesia |
Pilihan ganda |
20 |
Indonesia
memiliki banyak keberagaman. Berikut ini bukan merupakan keberagaman bangsa
Indonesia yaitu. . . A.
bahasa persatuan B.
suku bangsa C.
warna kulit D.
lagu daerah |
A |
||
4 |
Mengidentiikasi bentuk-bentuk norma, hak,
dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, warga sekolah, dan
warga negara dan menunjukkan contoh-contohnya. |
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami perilaku yang sesuai dengan norma |
Pilihan ganda |
21 |
Rendi
diajarkan oleh orang tuanya untuk berpamitan ketika hendak pergi. Rendi
selalu melaksanakan petunjuk tersebut. Dia telah berprilaku sesuai . . . A.
adat B.
hak C.
norma D.
hukum |
C |
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami sumber perilaku menaati perintah dan
menghindari larangan tuhan |
Pilihan ganda |
22 |
Dika
dikenal sebagai anak yang religius. Dia selalu menaati perintah dan
menghindari larangan Tuhan yang terdapat pada. . . A.
UUD 1945 B.
kitab suci C.
Pancasila D.
kitab Negara Kertagama |
B |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan norma |
Isian |
41 |
Tiyas
melihat seorang nenek yang sedang berdiri di dalam kereta. Kemudian, Tiyas
mempersilakan nenek tersebut duduk di kursinya. Tiyas telah berprilaku sesuai
dengan Norma … |
Kesopanan |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu mengidentifikasi sanksi yang akan diterima oleh
pelanggar norma kesusilaan |
Pilihan ganda |
23 |
Perhatikan
sanksi berikut! 1.
Merasa bersalah 2.
Dikucilkan masyarakat 3.
Mendapat denda 4.
Masuk penjara Sanksi
yang akan diterima oleh pelanggar norma kesusilaan ditunjukkan oleh nomor. .
. A.
1 dan 4 B.
2 dan 3 C.
3 dan 4 D.
1 dan 2 |
D |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan norma
kesopanan |
Pilihan ganda |
24 |
Arga
tidak sengaja menjatuhkan kotak makan milik Aqil. Kemudian, Arga meminta maaf
kepada Aqil. Aqil telah berprilaku sesuai dengan. . . |
C |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami sumber dari norma hukum |
Pilihan ganda |
25 |
Kita
sebagai warga negara yang baik, harus selalu menaati norma hukum. Norma
tersebut bersumber dari . . . A.
kitab suci B.
hati nurani C.
kebiasaan masyarakat D.
peraturan perundang-undangan |
D |
||
5 |
Mempraktikan norma, hak, dan kewajiban
dalam kedudukan sebagai anggota keluarga, warga sekolah, dan warga negara. |
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami hal yang sebaiknya dilakukan |
Pilihan ganda |
26 |
Alif
beserta teman-temannya bermain di sekitar perumahan dekat rumah Alif. Hal
yang sebaiknya dilakukan oleh Alif dan teman-temannya yaitu. . . |
C |
Disajikan
gambar siswa mampu memahami sumber dari norma |
Pilihan ganda |
27 |
Perhatikanlah
gambar berikut! Gambar
di atas menunjukkan contoh penerapan norma. Norma tersebut bersumber dari . .
. A.
kitab suci B.
hati nurani C.
UUD 1945 D.
kebiasaan masyarakat |
A |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu menyebutkan macam-macam norma |
Uraian |
47 |
Sebutkan
4 macam norma! |
1. norma agama 2. norma kesopanan 3. norma kesusilaan 4. norma hukum |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami sesuatu yang harus kita laksanakan dengan
tanggung jawab disebut kewajiban |
Isian |
42 |
Sesuatu
yang harus kita laksanakan dengan tanggung jawab disebut ... |
Kewajiban |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami pengertian hak |
Pilihan ganda |
28 |
Pengertian
Hak adalah .... A.
segala sesuatu yang harus manusia dapatkan B.
segala sesuatu yang dimiliki menusia setelah dewasa C.
sesuatu yang tidak dimiliki manusia D.
sesuatu yang akan dimiliki manusia ketika sudah tua |
A |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu hak yang dimiliki setiap orang dalam diskusi |
Pilihan ganda |
29 |
Hak
yang dimiliki setiap orang dalam diskusi adalah hak untuk ... A.
Menyampaikan pendapat B.
Berpendapat dengan suara yang keras C.
Tidak menerima pendapat orang lain D.
Memutuskan secara sepihak |
A |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami yang bukan merupakan hak peserta musyawarah |
Pilihan ganda |
30 |
Yang
bukan merupakan hak peserta musyawarah di bawah ini adalah ... A.
Mengeluarkan pendapat B.
Mendapatkan keadilan C.
Menyampaikan kritik dan saran D.
Menghormati perbedaan pendapat |
D |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami bahwa Berperan serta dalam membela negara
Indonesia dari serangan musuh negara Indonesia dari serangan musuh merupakan
suatu bentuk hak dan kewajiban |
Isian |
43 |
Berperan
serta dalam membela negara Indonesia dari serangan musuh negara Indonesia
dari serangan musuh merupakan suatu bentuk ... |
Hak dan kewajiban |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab |
Isian |
44 |
Setiap
hari Rafa melaksanakan salat lima waktu, sikap Rafa merupakan pencerminan
sikap tanggung jawab terhadap ... |
Agama |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu mengidentifikasi contoh kewajiban seorang siswa di
sekolah |
Pilihan ganda |
31 |
Perhatikan
pernyataan berikut ini! (1)
mengerjakan tugas dari guru (2)
menghormati semua guru (3)
menerima uang saku dari orang tua (4)
membersihkan dapur Contoh
kewajiban seorang siswa di sekolah ditunjukkan oleh nomor .... A.
(1) dan (2) B.
(1) dan (3) C.
(2) dan (3) D.
(2) dan (4) |
A |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu menyebutkan 3 hak anak disekolah |
Uraian |
48 |
Sebutkan
3 hak anak di sekolah |
1. mendapatkan Pelajaran 2. mendapat suasana belajar dengan
tenang 3. mendapat nilai 4. medapat buku Pelajaran, dll |
||
6 |
Memahami dan mempraktikkan musyawarah
dalam kehidupan keluarga, sekolah dan masyarakat. |
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami cara penyampaian saran dan pendapat Ketika
bermusyawarah |
Isian |
45 |
Penyampaian
saran dan pendapat ketika bermusayawarah harus disampaikan secara .... |
Sopan |
Disajikan
pernyataan siswa mampu menyebutkan salah satu contoh bentuk Keputusan Bersama
di lingkungan sekolah |
Pilihan ganda |
32 |
Salah
satu contoh bentuk keputusan bersama di lingkungan sekolah adalah .... A.
menjenguk tetangga yang sakit B.
ikut kegiatan siskamling C.
ikut kegiatan posyandu D.
melaksanakan piket kelas. |
D |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami sikap Ketika dalam musyawarah hasil yang
diputuskan tidak sesuai dengan keinginan kita |
Pilihan ganda |
33 |
Dalam
sebuah musyawarah hasil yang diputuskan tidak sesuai dengan keinginan kita. Sikap
kita sebaiknya…. A.
melaksanakan hasil musyawarah agar kelihatan rukun B.
melaksanakan hasil musyawarah dengan penuh tanggung jawab C.
meminta musyawarah ditunda lain waktu D.
tetap melaksanakan musyawarah dengan terpaksa |
B |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu mengidentifikasi sikap yang harus diperhatikan Ketika
menyampaikan pendapat |
Pilihan ganda |
34 |
Perhatikan
informasi berikut ini ! (1)
Menghargai pendapat orang lain (2)
Memotong pembicaraan orang lain (3)
Mengutamakan kepentingan bersama (4)
Tidak menyimpang dari masalah yang dibahas Sikap
yang harus diperhatikan ketika menyampaikan pendapat ditunjukkan oleh nomor A.
(1), (2), (3), dan (4) B.
(1), (2), dan (3) C.
(1), (3), dan (4) D.
(2), (3), dan (4) |
C |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu sikap yang harus diperhatikan dalam melaksanakan
Keputusan bersama |
Pilihan ganda |
35 |
Keputusan
bersama harus dilaksanakan oleh semua pihak. Sikap yang harus diperhatikan dalam
melaksanakan keputusan bersama adalah .... A.
melaksanakan keputusan bersama yang sesuai dengan keinginan B.
menerima hasil keputusan bersama dan dilaksanakan sebagian C.
terpaksa melaksanakan walaupun tidak sesuai keinginan D.
melaksanakan keputusan bersama dengan tanggungjawab |
D |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu memahami apa yang dimaksud dengan musyawarah |
Uraian |
49 |
Apa
yang dimaksud dengan musyawarah? |
Kegiatan membicarakan sesuatu masalah
secara Bersama-sama |
||
Disajikan
pernyataan siswa mampu menyebutkan 3 sikap yang baik dalam musyawarah |
Uraian |
50 |
Sebutkan
3 sikap yang baik dalam musyawarah! |
1. menghargai pendapat orang lain 2. tidak memaksakan kehendak 3. mendengarkan pendapat orang lain 4. menghargai Keputusan Bersama 5. melaksanakan hasil Keputusan dengan
penuh tanggung jawab, dll |
SEMOGA BERMANFAAT !!
0 Response to "KISI-KISI SOAL PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 5 SEMESTER TP 2024/2025"
Post a Comment