Jenis-Jenis Termometer

Alat Pengukur Suhu

Derajat suhu suatu benda tidak hanya dinyatakan secara kualitatif (panas atau dingin) saja namun harus dengan secara kuantitatif. Hal ini disebabkan oleh indera perasa yang kita miliki tidak dapat menyatakan suhu suatu benda dengan tepat. Sehingga perlu alat yang digunakan untuk mengukur suhu dan besarnya dapat terlihat dari angka yang ditampilkan. Alat itu disebut dengan termometer.

JENIS – JENIS TERMOMETER

a. Termometer zat cair

Termometer zat cair ini menggunakan konsep pemuaian zat

cair yang sudah tersimpan dalam tabung kapiler. Zat cair yang

sering digunakan yaitu raksa atau alkohol.

1) Termometer laboratorium

Termometer Laboratorium

Bentuknya panjang dengan skala dari -10°C sampai 110°C biasanya menggunakan raksa, atau alkohol.

2) Termometer suhu badan

Termometer Suhu Badan

Termometer ini digunakan untuk mengukur suhu badan manusia biasanya menggunakan raksa. Skala yang ditulis antara 35°C dan 42°C. pipa kapiler yang berada di dalam thermometer ini dibuat menyempit. Hal tersebut bertujuan agar pengukuran lebih teliti agar raksa tidak segera turun.

b. Termometer zat padat

1) Termometer Bimetal

 

Termometer Bimetal

Prinsip termometer ini adalah semakin tinggi suhu, semakin melengkung keping bimetal yang menandai perubahan suhu yang lebih tinggi. Hal tersebut dikarenakan logam yang satu memuai lebih panjang dibandingkan logam yang lain.

2) Termometer termokopel

Alat ini semacam sensor suhu yang menggunakan dua jenis logam konduktor yang ujungnya digabungkan dengan sebuah amperemeter. Juga dapat digunakan untuk mengubah perbedaan suhu dalam benda menjadi perubahan tegangan listrik (Voltase) Termometer ini mudah digunakan dan tahan terhadap guncangan dan getaran.

Termometer Termokopel

c. Termometer Kristal Cair

Cara menggunakan termometer ini adalah dengan menempelkannya di dahi. Termometer ini termasuk termometer klinis tetapi bisa digunakan untuk mengukur suhu ruangan, suhu air mandi bayi, dan suhu lemari pendingin.

Termometer Kristal Cair

d. Termometer dinding / ruang

Termometer Dinding

Termometer ini biasanya untuk mengukur suhu ruang dan ditaruh di dinding ruangan tersebut. Angka yang tertera pada termometer ini hanya menunjukkan suhu atas dan bawah yang dapat dicapai suatu ruangan dalam celcius atau fahrenheit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Termometer"

Post a Comment