Gagasan (Fakta/Opini) Dalam Artikel

Gagasan (Fakta/Opini) Dalam Artikel

1. Pengert ian dan Ciri Ciri Artikel

A. Pengertian Artikel

Artikel merupakan tulisan lepas berisi opini seseorang yang mengupas tuntas suatu masalah tertentu yang sifatnya aktual atau kontroversial dengan tujuan untuk memberi tahu (informatif) dan meyakinkan (persuasif argumentatif), atau menghibur khalayak pembaca (rekreatif).

B. Ciri-Ciri Artikel

  1. Ditulis berdasarkan fakta dan pandangan penulisnya.
  2. Mengandung gagasan aktual.
  3. Mengandung unsur intelektualis atau pengetahuan.
  4. Bukan merupakan plagiasi.
  5. Mengungkap masalah dan pemecahannya.
  6. Topik yang dibahas menyangkut kepentingan publik.

2. Membedakan Informasi baik Opini maupun Fakta

A. Ciri-Ciri Opini

1. Berupa Pendapat

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia , pendapat merupakan pikiran, anggapan, atau perkiraan seseorang tentang suatu hal. Pendapat antarorang dapat berbeda dipengaruhi oleh latar belakang pengetahuan dan kesan tiap-tiap orang terhadap suatu peristiwa.

2. Tidak Terdapat Bukti yang Jelas

Opini berasal dari hasil pemikiran manusia. Hasil pemikiran disebut juga sebagai ide.Ide belum diwujudkan secara nyata dalam kehidupan. Oleh karena itu, opini belum bisa dibuktikan secara nyata.

3. Bersifat Subjektif

Kita bisa mengetahui opini dalam artikel melalui sifat informasi yang disampaikan. Informasi bersifat subjektif merupakan opini. Subjektif adalah pandangan (perasaan) sendiri. Sifat subjektif adalah kebalikan dari objektif. Melalui informasi yang bersifat subjektif, kita cenderung mendapatkan pandangan, perasaan, maupun kesan seseorang terhadap suatu peristiwa.

4. Belum Teruji Kebenarannya

Opini yang terdapat dalam artikel belum diujikan secara ilmiah. Opini muncul dari hasil pemikiran seseorang dari peristiwa yang diamati. Opini belum bisa diketahui kebenarannya karena belum dibuktikan. Jadi, kita belum bisa menyatakaan bahwa opini telah diuji kebenarannya.

5. Peristiwa yang Belum Terjadi

Penulis sering mengungkapkan peristiwa yang bersifat prediksi sehingga peristiwa tersebut belum tentu terjadi pada masa mendatang. Peristiwa yang mustahil terjadi dapat diketahui dari masa lampau.

B. Ciri-Ciri Fakta

1) Benar-benar terjadi dan nyata

Pernyataan dalam kalimat dianggap sebuah fakta apabila situasi yang dipaparkan benar-benar terjadi. Situasi tersebut dapat kita lihat secara nyata menggunakan indra kita sendiri ataupun mendengar laporan beritanya dari orang yang berwenang dan bertanggung jawab.

2) Teruji Kebenarannya

Fakta merupakan kejadian nyata. Kejadian tersebut bisa dikatakan sebagai peristiwa yang nyata karena dapat teruji kebenarannya dengan bukti-bukti. Bukti-bukti tersebut berupa data maupun hasil penelitian yang sudah dipublikasikan. Data tersebut bisa berupa data statistik maupun kualitif

3) Bukti Terpublikasi secara Luas

Fakta bisa muncul dari hasil survei maupun penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan ,instansi, maupun organisasi kredibel dan bisa dipertanggung jawabkan. Hasil survei maupun penelitian tersebut dapat dikatakan sebagai temuan ilmiah. Temuan tersebut bisa mendukung suatu pernyataan fakta dalam artikel.

4) Bersifat Objektif

Pernyataan yang terdapat di dalam kalimat fakta bersifat objektif. Objektif meupakan hal umum yang telah diakui kebenarannya oleh banyak pihak, khususnya oleh para badan atau lembaga resmi.

5) Keterangan Waktu dan Tempat Jelas

Fakta dapat berupa peristiwa yang sudah terjadi. Pembaca dapat mengetahui kebenaran fakta melalui keterangan waktu,tempat, dan jelas unsur 5W dan 1H dari sebuah peristiwa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gagasan (Fakta/Opini) Dalam Artikel"

Post a Comment