Struktur Sel Tumbuhan Berserta Gambar

Struktur Sel Tumbuhan 

Anatomi berasal dari bahasa Yunani anatomia yang mempunyai arti memotong. Secara singkat Anatomi adalah suatu kegiatan memotong bagian tubuh dengan tujuan menyelidiki serta mempelajari setiap bagian yang ada di dalamnya. Anatomi tumbuhan atau fitoanatomi merupakan cabang Biologi yang mempelajari tentang susunan sistem atau jaringan alat tubuh bagian dalam tumbuhan.

Anatomi berdasarkan hierarki kehidupan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

1) Sitologi mempelajari struktur dan fungsi sel serta organel di dalamnya, proses kehidupan dalam sel, serta hubungan antar satu sel dengan sel lainnya atau dikenal juga dengan biologi sel;

2) Histologi mempelajari struktur dan fungsi berbagai jaringan berdasarkan bentuk dan peran sel penyusunnya;

3) Organologi mempelajari struktur dan fungsi organ berdasarkan jaringan-jaringan penyusunnya.

4) Fisiologi berasal dari dua kata yaitu ’physis’yang artinya alam dan logos artinya ilmu. Fisiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang keterangan-keterangan peri kehidupan tumbuhan yang meliputi proses kehidupannya, fungsinya, dan aktivitasnya. Pengertian lain dari fisiologi adalah salah satu cabang biologi yang mempelajari tentang proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh tumbuhan sehingga tumbuhan itu dapat tumbuh. Terdapat juga pendapat lain, fisiologi merupakan cabang biologi yang mempelajari tentang fungsi tubuh atau sistem kerja di dalam tubuh tumbuhan.

Morfologi berasal dari bahasa latin yaitu morphus yang artinya bentuk atau wujud dan logos artinya ilmu. Morfologi tumbuhan adalah cabang biologi yang mempelajari tentang bentuk luar suatu tumbuhan.

a. Pengertian Sel Tumbuhan

Sel berasal dari bahasa latin yaitu Celula artinya ruang kecil. Pada tahun 1665 ahli botani Inggris bernama Robert Hooke mengamati sayatan tipis gabus botol dengan mikoskop sederhana buatannya sendiri. Hooke melihat adanya ruangan-ruangan kecil yang menyusun gabus tersebut. Ruangan- ruangan kecil itu diberinya nama sel. Meskipun diketahui bahwa ruangan-ruangan kecil itu sebenarnya sel mati karena tidak ada aktivitas hidup, tidak ada organel lain di dalamnya dan hanya ada dinding sel, istilah sel tetap digunakan sampai sekarang.

Sel adalah bagian terkecil dari tubuh makhluk hidup baik secara struktural maupun fungsional. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. Dikatakan struktural karena sel tersusun atas membran sel dan organel sel yang mempunyai bentuk dan ukuran yang beragam. Bentuk dari suatu sel dipengaruhi oleh fungsi dari sel itu sendiri

Semua organisme bersel dibagi dalam dua golongan besar, yaitu organisme prokariota dan organisme eukariota. Organisme prokariota tidak memiliki inti sel dan organisasi internal sel relatif sederhana.

Contoh organisme prokariota meliputi seluruh jenis bakteri. Organime Eukariota memiliki inti sel dan organisasi internal selnya sangat kompleks, contohnya sel tumbuhan dan sel hewan. Selain itu, sel eukariotik memiliki sistem endomembran.

Sistem endomembran merupakan suatu kumpulan organl sel yang membentuk sistem kesatuan yang saling mempengaruhi antara satu organel sel dengan organel sel lainnya. Secara umum organel sel yang termasuk ke dalam endomembran adalah organel-organel sel di dalam sitoplasma yang memiliki lapisan membran dan saling berhubungan antar kinerja satu dengan yang lain. Organel-organel sel yang memiliki membran tersebut antara lain membran plasma, inti sel, retikulum endoplasma (RE), badan golgi, mitokondria, dan kloroplas.

Sel Tumbuhan

b. Struktur dan Fungsi Sel Tumbuhan

1) Dinding sel

Dinding sel disebut juga dengan tembok sel merupakan lapisan di luar membran sel yang mengelilingi jenis sel tertentu dan membatasi ruang bagi sel untuk mengembang. Dinding sel merupakan ciri khas yang terdapat pada tumbuhan, memiliki struktur yang fleksibel, kuat, tetapi terdapat juga yang kaku. Selulosa merupakan komponen utama penyusun dinding sel. Selulosa adalah karbohidrat yang membuat dinding sel kaku dan membentuk serat panjang. Karbohidrat berfungsi untuk membentuk dinding sel. Turunan karbohidrat lainnya yaitu pektin, lignin, dan hemiselulosa.

a) Dinding sel primer adalah dinding yang dibentuk ketika sel sedang tumbuh. Dinding sel primer terletak diantara dinding sel sekunder dan dinding sel lamela tengah. Dinding sel primer tersusun dari hemiselulosa, zat pektin, dan glikoprotein,

b) Dinding sel sekunder adalah dinding yang dibentuk oleh sel-sel tumbuh dewasa dan matang.

Dinding sel sekunder memiliki lapisan tebal, tekstur kaku, kuat, dan terletak di bagian dalam dinding sel primer. Dinding sel sekunder tersusun dari selulosa, lignin, dan hemiselulosa.

c) Dinding sel lamela tengah merupakan lapisan tipis yang kaya akan polisakarida lengket yang disebut pektin, sehingga lamela tengah ini dapat meletakkan sel-sel yang bersebelahan dan memperkuat sel saat menjadi dewasa dan berhenti tumbuh.

Fungsi dinding sel:

a) Menjaga tekanan turgor dan memberikan bentuk pada sel.

b) Sifat kaku pada sel dapat membantu tumbuhan berdiri tegak dan mencegah masuknya patogen atau benda asing yang berbahaya ke dalam sel.

c) Melindungi sel dari tekanan mekanis.

d) Dinding sel bersifat semi-permeable dan membantu proses difusi materi melalui apoplast.

e) Sebagai tempat pertukaran zat seperti protein dan molekul-molekul kecil yang masuk atau keluar dari sel.

f) Menjaga homeostasis pada sel.

g) Berperan sebagai hormon, karena mengandung poligosakarin.

h) Sebagai tempat penyimpanan karbohidrat.

Dinding Sel

2) Membran sel 

Membran sel disebut juga membran plasma atau selaput plasma yang tersusun atas molekul lemak dan protein. Molekul lemak tersusun atas dua lapis dan terdapat di bagian tengah membran. Di sebelah luarnya terdapat lapisan peripheral protein (protein tepi), yang menyusun tepi luar dan dalam membran. Selain peripheral protein terdapat molekul-molekul protein yang masuk ke dalam lapisan lemak itu disebut integral protein (protein integral). Fungsi membran sel yaitu melindungi isi sel, mengatur keluar masuknya molekul-molekul, dan menerima rangsangan dari luar sel (sebagai reseptor).

Membran sel

3) Inti Sel (Nukleus) 

Inti Sel (Nukleus) merupakan organel terbesar yang berada di dalam sel, biasanya terletak di tengah sel, dan berbentuk bulat atau oval. Di dalam inti sel terdiri atas selaput inti, nukleolus/anak inti, nukleoplasma, dan kromosom/kromatin. Pada inti sel terdapat membran inti yaitu membran ganda fosfolipd yang mampu menyelimuti seluruh inti sel. Membran inti terdiri atas membran luar dan membran dalam. Membran luar berhubungan langsung dengan retikulum endoplasma, membran dalam berada pada bagian dalam. Fungsi inti sel anatara lain mengatur semua kegiatan sel, mengatur pembelahan sel, dan menyimpan informasi genetik.

Nukleus

4) Sitoplasma 

Sitoplasma merupakan bagian yang cair dalam sel, berfungsi sebagai pelarut zat-zat kimia serta sebagai media terjadinya reaksi kimia sel. Di sekitar sitoplasma terdapat organel-organel sel bersifat hidup dengan menjalankan fungsi-fungsi kehidupan.

Sitoplasma

5) Plastida 

Plastida merupakan organel yang sangat dinamis, mampu membelah, tumbuh, dan berdiferensiasi menjadi berbagai bentuk. Pada sel muda tumbuhan tinggi, plastida tidak berwarna dan disebut leukoplas atau proplastida. Pada buah masak, plastida berwarna kuning atau merah dan disebut kromoplas. Sedangkan pada daun, plastida berwarna hijau dan disebut kroloplas.

Kloroplas merupakan jenis plastid yang mengandung zat hijau daun atau klorofil. Kloroplas berfungsi dalam fotosintesis yang menghasilkan karbohidrat.

Kloroplas memiliki membran rangkap, yaitu membran luar dan dalam. Membran luar permukaannya rata dan sangat permeabel, berfungsi untuk mengatur lalu lintas molekul keluar masuk kloroplas. Membran dalam membungkus cairan kloroplas yang disebut stroma. Membran dalam kloroplas melipat ke arah dalam dan membentuk lembaran-lembaran yang disebut tilakoid. Tilakoid berfungsi menangkap energi cahaya dan mengubahnya menjadi energi kimia. Pada tempat-tempat tertentu, tilakoid bertumpuk-tumpuk, membentuk badan seperti tumpukan uang logam yang disebut grana. Membran dalam berfungsi membentuk lamela yang berguna sebagai penghalang permeabilitas kloroplas.

Kloroplas

6) Vakuola 

Vakuola merupakan organel yang paling besar volumenya pada sel tumbuhan dewasa. Di samping itu vakuola merupakan ruang dalam sel yang berisi cairan berupa rongga yang diselaputi membran (tonoplas). Cairan dalam vakuola adalah air yang di dalamnya terlarut zat seperti enzim, alkaloid, lipid, garam mineral, asam, termasuk juga asam amino, asam organik, glukosa, dan gas. Pada sel daun dewasa, vakuola mendominasi sebagian besar ruang sel sehingga sel terlihat sebagi ruang kosong.

Fungsi vakuola:

1) Tempat penyimpanan zat cadangan makanan seperti amilum dan glukosa.

2) Tempat menyimpan pigmen (daun, bunga, dan buah).

3) empat penyimpanan minyak atsiri (golongan minyak yang mudah menguap dan memberikan bau khas).

4) Mengatur turgiditas sel (tekanan osmotik sel).

5) Tempat penimbunan sisa metabolisme dan metabolik sekunder seperti getah karet, alkaloid, tanin, dan kalsium oksalat.

Vakuola

7) Ribosom/Ribosomes 

Ribosom/Ribosomes adalah organel sel terkecil di dalam inti sel, berfungsi sebagai tempat sintesis protein.

8) Retikulum Endoplasma (RE) 

Retikulum Endoplasma (RE) merupakan struktur berbentuk benang bermuara di inti sel. Terdapat dua jenis RE, yaitu retikulum endoplasma halus dan retikulum endoplasma kasar. Fungsi RE adalah mendukung sintesis protein dan menyalurkan bahan genetik antara inti sel dengan sitoplasma dan sebagai alat transportasi zat-zat di dalam sel itu sendiri.

Retikulum Endoplasma

9) Mitokondria (the power haouse) 

Mitokondria (the power haouse) secara umum berbentuk butiran atau benang. Mitokondria berfungsi sebagai pusat respirasi seluler yang menghasilkan energi ATP dan tempat berlangsungnya siklus Krebs.

Mitokondria memiliki dua membran, yaitu membran luar (Outer membrane) dan membran dalam (Inter membrane). Struktur membran luar mirip dengan membran plasma. Pada membran dalam terjadi pelekukan ke arah dalam membentuk krista (kristae). Dengan adanya krista ini, permukaan membran dalam menjadi semakin luas sehingga poses respirasi semakin efektif. Proses respirasi terjadi pada membran dalam dan matriks. Matriks adalah cairan yang berada di dalam mitokondria dan bersifat sebagai gel.

Mitokondria

10) Badan golgi 

Badan golgi terletak di antara retikulum endoplasma dan membran plasma. Badan golgi merupakan organel polimorfik. tersusun atas membran berbentuk kantong pipih (siterne), berupa pembuluh, gelembung kecil, atau bentuknya seperti mangkok. Berfungsi memilah dan mengirim produk sel dan terlibat dalam sekresi.

Badan Golgi

11) Mikrotubulus 

Mikrotubulus organel yang berfungsi mempertahankan bentuk sel juga sebagai rangka sel.

12) Mikrofilamen 

Mikrofilamen berperan dalam pergerakan sel

Please wait 59 sec.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Struktur Sel Tumbuhan Berserta Gambar"

Post a Comment