Mengenal Iklan. Slogan, dan Poster
Mengenal Iklan. Slogan, dan Poster
Iklan. Slogan, dan Poster |
1. Iklan
Iklan merupakan salah satu media informasi yang digunakan untuk memberitahukan kepada khalayak tentang suatu produk/barang dan/atau jasa, menawarkan barang dan/atau jasa, bersifat membujuk atau mendorong warga masyarakat untuk membeli barang dan/atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Iklan bersifat komersial. Pada umumnya iklan disampaikan melalui media massa, misalnya radio, surat kabar, majalah, televisi, internet, baliho, selebaran, videotron, atau bioskop.
Iklan pada umumnya digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk memperkenalkan hasil industrinya dan menawarkan atau memasarkan produk atau jasanya. Saat ini iklan tidak hanya digunakan oleh perusahaan saja tetapi juga digunakan oleh dunia perkantoran, misalnya untuk mendapatkan karyawan, oleh pemerintah digunakan untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat, juga bagi lembaga atau instansi termasuk sekolah, dan perorangan.
2. Slogan
Bagaimana dengan pengertian slogan? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat, memberikan kesan mendalam untuk memberitahukan sesuatu, merupakan dasar tuntunan/pegangan hidup, prinsip utama atau untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi golongan, organisasi, partai politik, dan sebagainya. Slogan pada umumnya bersifat provokatif sehingga memengaruhi pembaca atau pendengarnya. Meskipun bersifat provokatif, tetapi isi slogan kebanyakan bermisi sosial dan bernilai pendidikan, baik untuk individu maupun untuk sekelompok orang, atau masyarakat. Di samping itu, frasa atau kalimat yang digunakan sebagai slogan pada umumnya berima/bersajak sehingga mudah diingat. Dengan demikian makin jelaslah bagi Ananda bahwa slogan terdiri atas frasa atau kalimat saja sebagaimana contoh berikut.
Contoh:
Tiada Hari Tanpa Prestasi;
Memasyarakatkan Olahraga dan Mengolahragakan Masyarakat;
Bersatu Kita Teguh-Bercerai Kita Runtuh;
Rajin Pangkal Pandai-Hemat Pangkal Kaya;
Saya Datang untuk Belajar, Saya Pulang Membawa Ilmu;
Aku Anak Indonesia, Gemar Menuntut Ilmu dan Berbakti kepada Orangtua.
3. Poster
Poster adalah media publikasi visual berupa plakat atau lembaran pengumuman yang berisi gambar atau gabungan gambar dan kata-kata singkat, jelas, menarik, yang bertujuan untuk menyampaikan pemberitahuan, ide, gagasan, imbauan, larangan, informasi, atau pengumuman kepada khalayak ramai. Oleh karenanya, poster selalu dipasang di tempat umum.
Nah, dari pengertian tersebut dapat dikatakan bahwa unsur dominan dari poster adalah gambar “yang berbicara”, kata-kata hanya berfungsi untuk menegaskan atau memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Oleh karena itu, kata-kata yang digunakan harus benar-benar dipilih kata-kata yang bernas, padat makna. Agar mudah diingat dan mengena pada pembaca, pada umumnya kata-kata yang dipilih adalah kata-kata atau frasa berima/bersajak, sama halnya dengan slogan.
Cara menyimpulkan teks iklan:
- 1membaca dengan cermat iklan yang disajikan;
- menemukan hal (produk/ jasa) yang dipromosikan
- menemukan keunggulan dan manfaat yang ditawarkan
- menyusun simpulan isi iklan tersebut dalam kalimat.
Cara menyimpulkan isi slogan:
- Membaca dan mencermati kalimat dalam slogan.
- Menemukan ide pokok dalam slogan.
- Menuliskan simpulan bedasarkan ide pokok yang telah ditemukan.
4. Ciri Bahasa Teks Iklan, Slogan, dan Poster
A. Ciri-ciri dan Tujuan Iklan
- Isi berupa pengenalan barang atau produk dan/atau jasa.
- Bahasa persuasif, bersifat membujuk dan mendorong seseorang untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.
- Bersifat komersial.
- Sasaran iklan adalah masyarakat semua usia atau usia tertentu sesuai produk dan/atau jasa yang ditawarkan.
- Menggunakan media cetak, audio, audiovisual.
- Unsur-unsur iklan meliputi gambar, gerak, suara, kata-kata.
- Tujuan iklan adalah untuk memasarkan produk atau jasa.
B. Ciri dan Tujuan Slogan
- Isi berupa pengaruh, imbauan, motivasi, atau bersifat memengaruhi, mengimbau, memotivasi, menyadarkan masyarakat tentang sesuatu yang harus segera dilakukan atau ditindaklanjuti.
- b. Slogan dapat berbentuk kalimat, klausa, atau frasa.
- Pilihan kata singkat, jelas, padat, menarik, komunikatif, bersifat persuasif.
- Slogan dapat berupa semboyan suatu organisasi ataupun kelompok masyarakat.
- Sasaran slogan adalah semua orang.
- Slogan bersifat sosial dan menginspirasi seseorang atau sekelompok orang, bahkan masyarakat luas untuk mengingatkan atau berbuat sesuatu yang positif dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.
- Menggunakan media cetak, media visual.
- Unsur-unsur slogan meliputi gambar dan kata-kata.
Tujuan slogan adalah :
- menyadarkan masyarakat;
- menyampaikan informasi kepada masyarakat;
- mengimbau masyarakat;
- memengaruhi orang lain.
- memotivasi orang lain.
C. Ciri-ciri dan Tujuan Poster
- Langsung menarik perhatian ketika terlihat orang, warna kontras.
- Menggunakan bahasa yang padat, singkat, jelas dan mudah dipahami.
- Mengandung kalimat-kalimat persuasif atau bersifat ajakan.
- Menggunakan gambar/sketsa/lukisan dan perpaduan warna.
- Dapat meninggalkan kesan mendalam meskipun dibaca sambil berlalu.
- Jika menggunakan kata-kata, maka isi singkat, padat, tidak bertele-tele.
- Dipasang di lokasi yang strategis di tempat umum.
- Terdiri atas huruf, angka, simbol, gambar atau pengombinasiannya.
- Didesain di atas sebuah kertas atau kain, atau videotron.
Poster bertujuan untuk
- memberikan informasi
- mengajak dan mengimbau banyak orang untuk melakukan sesuatu seperti yang digambarkan atau dituliskan pada poster tersebut.
0 Response to "Mengenal Iklan. Slogan, dan Poster"
Post a Comment