Jenis-Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utama

Jenis-Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utama

Kalimat Utama Dan Gagasan Utama Teks

Kalimat utama adalah kalimat pokok yang menjadi ide dasar sebuah paragraf. Kalimat utama ini selanjutnya dikembangkan oleh beberapa kalimat penjelas. Bagaimana dengan gagasan utama? Sama halnya dengan kalimat utama, gagasan utama adalah gagasan pokok yang menjadi ide dasar sebuah paragraf. Jika kalimat utama berbentuk paragraf, gagasan utama berbentuk kelompok kata atau kalimat tidak lengkap.

Berdasarkan letak kalimat utama, paragraf dibagi menjadi tiga: paragraf deduktif, induktif, dan campuran.

a. Paragraf deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf.

Contoh:

(1) Pemprov DKI melakukan sejumlah persiapan untuk mengantisipasi masalah banjir yang kerap menjadi langganan kala musim penghujan datang. (2) Hal utama yang dilakukan adalah melaku- kan normalisasi waduk. (3) Pemprov DKI juga mulai melakukan simulasi terkait penyaluran logistik kepada warga saat banjir. (4) Selain itu, Pemprov DKI mempelajari hasil evaluasi dari musibah banjir yang terjadi pada awal tahun sebelumnya.

Kalimat utama paragraf tersebut terletak di bagian awal (kalimat 1). Gagasan utamanya adalah persiapan Pemprov DKI untuk mengantisipasi masalah banjir.

b. Paragraf induktif

Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya (gagasan utamanya) terletak di akhir paragraf.

Contoh:

(1) Saat ini Pemprov DKI sedang melakukan normalisasi waduk. (2) Pemprov DKI juga melakukan simulasi terkait penyaluran logistik kepada warga saat banjir. (3) Selain itu, Pemprov DKI mempe- lajari hasil evaluasi dari musibah banjir yang terjadi pada awal tahun sebelumnya. (4) Ini semua  dilakukan Pemprov DKI untuk mengantisipasi masalah banjir yang kerap menjadi langganan kala musim penghujan datang.

c. Paragraf campuran

Paragraf campuran (deduktif-induktif ) adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal dan akhir paragraf.

Contoh:

(1) Pemprov DKI melakukan sejumlah langkah untuk mengantisipasi masalah banjir yang kerap menjadi langganan kala musim penghujan datang. (2) Hal utama yang dilakukan adalah melakukan normalisasi waduk. (3) Pemprov DKI juga mulai melakukan simulasi terkait penyaluran logistik kepada warga saat banjir dan mempelajari hasil evaluasi dari musibah banjir yang terjadi pada awal tahun sebelumnya. (4) Langkah-langkah tersebut merupakan persiapan yang dilakukan oleh Pemprov DKI untuk menghadapi banjir yang sering terjadi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utama"

Post a Comment