SOAL DAN JAWABAN SUMATIF UNIT 4 "NEGARAKU INDONESIA" PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 4

SOAL DAN JAWABAN SUMATIF UNIT 4 "NEGARAKU INDONESIA" PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 4 


A. Jawablah dengan memberi tanda (x) pada jawaban yang paling benar!

1. Negara kita terdiri dari ribuan pulau yang berjajar di antara....

A. Jawa dan Sumatera

B. Sabang dan Marauke

C. Aceh dan Papua

D. Sumatera dan Kalimantan

2. Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di kawasan....

A. Asia Selatan

B. Asia Tenggara

C. Asia Timur

D. Asia Barat

3. Sumpah Pemuda terjadi pada....

A. 28 Oktober 1928

B. 28 Oktober 1927

C. 28 Oktober 1926

D. 28 Oktober 1925

4. Nilai-nilai Pancasila bersifat....

A. terpecah-belah

B. universal

C. kedaerahan

D. internasional

5. Pancasila dapat mempersatukan bangsa Indonesia dan memberi petunjuk dalam mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan lahir dan batin bagi masyarakat Indonesia yang beraneka ragam sifatnya. Dari pernyataan tersebut, Pancasila berfungsi sebagai ....

A. pandangan hidup bangsa Indonesia

B. perjanjian luhur

C. kepribadian bangsa

D. dasar negara

6. Indonesia adalah negara dengan keberagaman suku, etnik, budaya, agama, serta karakteristik dan keunikan di setiap wilayahnya. Pada dasarnya keberagaman masyarakat Indonesia menjadi modal dasar dalam pembangunan bangsa. Oleh karena itu, sangat diperlukan sikap atau perilaku warga negara yang dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, seperti sikap saling menghargai dan menghormati. Berdasarkan ilustrasi, salah satu arti penting sikap/perilaku yang menunjang terciptanya kondisi tersebut adalah untuk ....

A. terciptanya kehidupan yang tertib, aman, dan damai

B. kehidupan yang selaras dan seimbang

C. masyarakat yang makmur

D. kehidupan yang sejahtera

7. Perhatikan beberapa hal berikut.

1) Pancasila

2) UUD NRI 1945

3) Bendera Merah Putih

4) Lagu-lagu daerah

5) Bahasa Indonesia

Alat pemersatu bangsa yang dimiliki oleh Indonesia ditunjukkan oleh nomor....

A. 1, 2 dan, 4

B. 1, 3 dan, 4

C. 1, 3 dan, 5

D. 2, 3 dan, 5

8. Keutuhan negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan tanggung jawab....

A. pemerintah

B. tentara

C. para pemuda

D. seluruh rakyat Indonesia

9. Kekuatan, kemampuan dan daya tahan negara dalam menghadapi tantangan, ancaman dan gangguan yang datang dari dalam maupun dari luar negeri yang dapat membaha-yakan bangsa dan negara disebut....

A. ketahanan nasional

B. keutuhan negara

C. persatuan nasional

D. persaudaraan nasional

Unit 4 Negaraku Indonesia 237

10. Contoh ancaman dari diri sendiri yang dapat menimbulkan perpecahan diantaranya....

A. serangan udara negara musuh

B. dendam dan iri hati

C. perang antarsuku

D. perebutan kekuasaan

B. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar!

1. Indonesia merupakan negara yang kaya. Wilayah Indonesia terkandung berbagai kekayaan alam seperti aneka ragam bahan tambang (minyak bumi, batu bara, emas, timah, dan sebagainya), hutan hujan tropis yang luas serta berbagai kekayaan alam lainnya. Berkaitan dengan hal itu, menurut pendapat kalian apa yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah dalam mengelola kekayaan tersebut?

2. Mengapa Pancasila menjadi faktor yang dapat mempersatukan bangsa Indonesia?

3. Sebutkan dua arti penting keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia!

4. Sebutkan tiga contoh perilaku yang menunjukkan sikap menjaga keutuhan negara dalam kehidupan di keluarga, di sekolah, di masyarakat, dan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara!

5. Dalam hidupmu selama ini tentu telah menghadapi persoalan yang memerlukan kewaspa-daan agar dirimu dan orang lain selaras. Cobalah perhatikan situasi yang berkaitan dengan kewaspadaan di lingkungan sekolah dan masyarakat. Apa yang akan kamu lakukan apabila terjadi tawuran? Kemukan pula perasaanmu sebagai seorang warga negara ketika menghadapi tawuran yang terjadi di sekolah atau kampungmu?

KUNCI JAWABAN

1. B   

2. B   

3. A   

4. B  

5. A   

6. B

7. C

8. D

9. A 

10 B

1. Jawaban peserta didik akan beragam tetapi setidaknya harus memuat pernyataan bahwa pengelolaan kekayaan alam harus ditujukan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.

2. Karena nilai-nilai Pancasila juga tidak hanya diperuntukan untuk penganut agama tertentu saja, akan tetapi nilai-nilai Pancasila berlaku dan menjadi pedoman hidup Rakyat Indonesia tanpa memandang perbedaan suku bangsa, agama, budaya, bahasa dan sebagainya.

3. dua arti penting keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

   a. Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia mempunyai peranan penting dalam menentukan keberhasilan pembangunan yang sedang sedang dilaksanakan negara kita.

    b. Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat mencegah terjadinya perpecahan di negara kita

  c. Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat menangkal segala ancaman terhadap negara kita

4.Berikut ini beberapa contoh perilaku yang menunjukkan sikap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam berbagai lingkungan kehidupan.

1. Dalam Kehidupan di Rumah, diantaranya:

    a. Rukun dengan anggota keluarga yang lain, misalnya rukun dengan saudara.

    b. Menjaga nama baik keluarga ketika bergaul dengan orang lain.

    c. Tidak memaksakan kehendak kepada anggota keluarga yang lain.

    d. Menghargai perbedaan pendapat.

    e. Saling menghormati dan menyayangi dengan anggota keluarga yang lain.

2. Dalam Kehidupan di Sekolah, diantaranya:

    a. Rukun dengan teman.

    b. Tidak membedakan-bedakan teman dalam bergaul.

    c. Menghargai dan menghormati pendapat teman.

    d. Menghormati guru.

    e. Saling tolong dan saling berbagi dengan teman.

3. Dalam Kehidupan di Masyarakat, diantaranya:

    a. Saling menghormati dengan anggota masyarakat lainnya.

    b. Ikut serta dalam kegiatan gotong royong.

    c. Menolong tetangga yang tertimpa musibah.

    d. Tidak memaksakan kehendak kepada anggota masyarakat lainnya.

    e. Menghortmati dan menghargai hak orang lain.

4. Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, diantaranya:

    a. Melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

    b. Menghormati dan menghargai keberadaan suku bangsa lain.

    c. Melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    d. Tidak membeda-bedakan suku, agama dan daerah.

    e. Mau bekerja keras untuk membangun bangsa.

5. Jawaban siswa akan beragam, tetapi setidaknya memuat sikap ketika menghadapi tawauran seperti melaporkan kepada pihak yang berwajib.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SOAL DAN JAWABAN SUMATIF UNIT 4 "NEGARAKU INDONESIA" PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 4 "

Post a Comment