NEGERA ASEAN: FILIPINA

 


FILIPINA

1)  Identitas Negara

 

Nama resmi        

Ibu kota  

Pemerintahan    

Badan Legislatif 

Penduduk, tahun 2015 

Bahasa    

Agama

Satuan Mata Uang

Lagu kebangsaan

Maskapai penerbangan

Hari kemerdekaan

 

: Republik Filipina (Republica de Filipinas)

: Manila

: Republik

: Dewan Nasional

: 103 juta jiwa

: Filipino atau tagalog (resmi), Inggris (resmi), Cebuano,

: Katolik Roma, Protestan, Islam, Buddha.

: Peso

: Lupang Hinirang

: Philipines Airlines (PAL)

: 12 Juni 1988, The American Friendship Day: 4 Juli 1948

2)  Keadaan Alam

a.   Letak dan Batas Negara

Filipina terletak antara 5°LU–21°LU dan di antara 117°BT–126°BT. Luas wilayahnya 30.000 km². Filipina terletak di wilayah Asia Tenggara yang dibatasi oleh:

Sebelah utara dan timur berbatasan dengan Samudra Pasifik.

Sebelah selatan dibatasi Laut Sulawesi dan Laut Sulu.

Sebelah barat dengan Laut Cina Selatan.

b.   Iklim

Iklim di Filipina pada umumnya tropis basah dengan suhu udara antara 25°C–30°C dan curah hujan yang terjadi antara 1.275 mm–5.000 mm per tahun. Wilayah barat daya beriklim musim pada bulan November–April dan wilayah tenggara beriklim musim pada bulan Mei–Oktober. Bencana alam yang terjadi di antaranya angin topan atau badai siklon, tanah longsor, gempa bumi, gunung berapi, dan tsunami.

c.   Bentang Alam

Bentang alam Filipina hampir seluruhnya pegunungan dengan pesisir yang landai dan sempit. Filipina merupakan negara kepulauan, dengan jumlah pulau

±7.107 (data tahun 2012). Pulau yang sudah didiami baru 4.000 pulau (2015). Garis pantai negara ini sepanjang 36.289 km.

Pulau-pulau besar di Filipina adalah Pulau Luzon, Mindanao, Mindoro, Bohol, Pahlawan, dan Cebu. Danau-danau terbesar di Filipina terdapat di Pulau Luzon, yaitu Danau Laguna de Bay dan Danau Sultan Alonton di Pulau Mindanao.

Bentang alam yang menonjol antara lain berupa:

Titik tertinggi           : Gunung Apo (2.954 m)

Titik terendah         : Palung Marina di lepas pantai Pulau Mindanao + 10.000 m Sungai utama   : Cagayan, Pampanga, Agno di Luzon, dan Agusan di Mindanao

3)  Penduduk

Filipina bernama resmi Republik Filipina. Pada tahun 2015, penduduk Filipina sebesar 103 juta jiwa. Etnis mayoritas penduduk adalah Filipino, yaitu campuran Melayu-Spanyol (Mestis), Melayu, Spanyol, dan Moro negrito. Agama yang paling banyak dianut adalah Katolik Roma, Kristen, Islam, dan Buddha. Bahasa resmi yang digunakan rakyat Filipina adalah bahasa Inggris dan bahasa Tagalog.

4)  Perekonomian

Pada umumnya, rakyat Filipina masih banyak mengandalkan bidang pertanian. Hasil pertanian dan peternakan negara Filipina di antaranya beras, kelapa, tebu, jagung, pisang, nanas, mangga,daging sapi, telur, dan ikan. Filipina memiliki tempat penelitian padi terbesar di Asia tenggara yang didirikan oleh IRRI (International Rice Research Institute) dan telah menemukan jenis padi yang tahan wereng dan angin, yaitu IR-36 dan IR-38.

Pertumbuhan ekonomi penduduk Filipina sebesar 6,2 % (2015). Perekonomian Filipina dari sektor industri berupa peralatan elektronik, tekstil, obat-obatan, kimia, produksi kayu, minyak bumi, serta teknologi makanan, dan perikanan.

5)  Sumber Daya Alam

Sumber daya alam yang terdapat di Filipina antara lain kayu, minyak bumi, nikel, cobalt, perak, emas, dan perunggu. Sedangkan hasil pertaniannya berupa padi, jagung, kelapa, tebu, pisang, abaca (sisal/serat), tembakau, nanas, dan ikan.

6)  Kerja Sama

Filipina dan Indonesia telah lama menjalin hubungan perdagangan. Indonesia banyak mengekspor minyak bumi mentah, bijih besi, baja, dan aluminium. Sementara itu, Filipina mengekspor gula, kopra, dan hasil pertanian dan perkebunan lain ke Indonesia. Kerja sama kedua negara hingga saat ini telah berkembang dalam hal-hal lain, misalnya perjanjian memberantas terorisme di wilayah kedua negara.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "NEGERA ASEAN: FILIPINA"

Post a Comment