NEGARA ASEAN: THAILAND

 


THAILAND

1)  Identitas Negara

Nama resmi

Ibu kota

Luas

Penduduktahun 2015

Bahasa

Agama

Pemerintahan

Kepala negara

Kepala pemerintahan

Satuan Mata Uang

Lagu kebangsaan     

: Muang Thai atau Prathet Thai

: Bangkok

: 513.120 km2

: 65,1 juta jiwa

: Thai (resmi), Inggris, Cina, Melayu, bahasa-bahasa suku

: Buddha (resmi), Islam, Kristen, animism

: Kerajaan Konstitusional    

: Raja Bhumibool Adulyadej

: Perdana Menteri, saat ini Prayuth Chan-ocha    

: Bath Thailand

: Pleng Chard Thai

 

2)  Keadaan Alam

a.   Letak dan Batas Negara

Thailad terletak diantara LU–21° LU dan 97°BT–106°BT. Adapun batas wilayah negara Thailand adalah :

Sebelah utara berbatasan dengan Myanmar dan Laos.

Sebelah barat berbatasan dengan Myanmar.

Sebelah timur berbatasan dengan Kamboja dan Laos.

Sebelah selatan berbatasan dengan Malaysia (dan Teluk Thailand).

b.   Iklim

Thailand beriklim tropis dengan temperatur rata-rata 26°C di musim hujan sekitar bulan Januari. Daerah bagian selatan mengalami musim hujan pada bulan Mei–Oktober yang mendapat pengaruh dari angin muson Samudra Hindia.

c.    Bentang Alam

Bagian utara dan barat berupa pegunungan tinggi dengan puncak Gunung Inthanon (2.595 m). Bagian timur laut terdapat plato Korat (Pegunungan Kapur), bagian selatan berupa semenanjung memanjang dengan sisi baratnya adalah Laut Andaman dan sisi timurnya adalah Teluk Siam, serta terdapat tanah genting Kra, dan bagian tengah terdapat lembah sungai Chao Phraya yang subur.

3)  Penduduk

Penduduk Thailand sebagian besar berasal dari suku bangsa Thai, Orang-orang Tiongkok, Melayu, dan Mongolia. Bahasa Siam atau Thai merupakan bahasa nasional. Penduduk Thailand kebanyakan memeluk agama Buddha (lebih dari 94%). Oleh karena itu, di sana banyak ditemukan pagoda, yaitu tempat ibadah pemeluk agama Buddha. Hanya sebagian kecil tersebar penduduk dekat perbatasan Malaysia memeluk agama Islam dan beberapa agama yang lain di seluruh Thailand.

4)  Perekonomian

Thailand dikenal sebagai lumbung padi Asean, hasil perkebunan (karet,kopi,cengkeh), hasil tambang utamanya adalah timah. Disamping itu juga terkenal industry pariwisatanya antara lain Pagoda, kota air, pasar terapung (Chao Phraya), pantai Pattaya dan Chiang May (pegunungan).

5)  Sumber Daya Alam

Thailand merupakan negara terbesar keempat penghasil timah di dunia. Selain timah, terdapat juga minyak bumi dan worfram sebagai hasil dari sumber daya alam barang tambang. Padi adalah komoditas ekspor yang memberikan devisa cukup besar bagi negara. Selain itu, hasil pertanian yang banyak dihasilkan adalah jagung, ketela pohon, tembakau, kopra, dan karet. Selain sektor peternakan juga banyak dikembangkan, seperti peternakan sapi dan kerbau. Ikan hiu dan ikan gergaji merupakan hasil tangkapan dari perairan laut oleh kebanyakan nelayan.

6)  Kerja Sama

Hubungan kerja sama yang dijalin Thailand yaitu kerja sama bilateral dan regional dalam wadah ASEAN. Keaktifan dalam kerja sama internasional ditunjukkan dengan mengikuti beberapa organisasi, seperti ASEAN, ADB, ASEM, ESCAP, FAO,IBRD, IDA, IFC, IMF, ILO, UNESCO, WHO, WIPO, APEC, dan lain-lain. Kerja sama perdagangan Indonesia dan Thailand meliputi kegiatan ekspor dan impor. Thailand mengekspor beras, yute, gula dan kapuk, sedangkan Indonesia mengekspor kayu dan pesawat terbang.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "NEGARA ASEAN: THAILAND"

Post a Comment