NEGARA ASEAN: SINGAPURA

 

SINGAPURA

1)  Identitas Negara

Nama resmi

: His–chia–p’o Kung (Cina Mandarin)

: Republik Singapura (Melayu)

 

 : Republic of Singapore (Inggris)

Ibu kota

: Singapura

Luas

: 697 km2

penduduk tahun 2015

: 5,5 juta jiwa

Bahasa

: Melayu (resmi), Cina (resmi), Tamil (resmi), Inggris

Agama

: Buddha, Tao, Konghucu, Hindu, Islam, Kristen

Pemerintahan

: Republik

Kepala Negara

: Presiden, sekarang Tony Tan Keng Yam

Kepala pemerintahan

: Perdana Menteri, sekarang Lee Hsien Loong

Satuan Mata Uang

: Dolar Singapura (S $)

Lagu kebangsaan

: Majulah Singapura

Maskapai penerbangan

: Singapore Airlines (SIA)

Bandar udara

: Payalebar dan Singapore Changi Airport

Hari kemerdekaan

: 9 Agustus 1965

2)  Keadaan Alam

a.   Letak dan Batas

Singapura terletak pada 1°11’ LU – 1°27’LU dan 103°39’BT – 104°5’BT. Singapura secara langsung berbatasan dengan Selat Johor di sebelah barat dan sebelah utara, serta Selat Singapura di sebelah timur dan selatan. Secara geografis, Singapura memiliki beberapa pulau kecil, di antaranya Pulau Tekong Besar, Pulau Sentosa, dan Pulau Ubin.

b.   Iklim

Singapura beriklim tropis, lembap, dan banyak turun hujan. Suhu rata-rata harian berkisar antara 21°C–32°C dan curah hujan rata-rata adalah 2.438 mm/tahun.

c.   Bentang Alam

Keadaan alam negara Singapura pada umumnya relatif datar. Akan tetapi, di beberapa tempat dijumpai perbukitan. Sungai-sungai yang ada pendek-pendek dan turun dari dataran tinggi yang curam. Bentuk sungai yang demikian dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik dan irigasi, sedangkan sungai di dataran rendah dimanfaatkan sebagai sarana transportasi.

Beberapa bentang alam menonjol lainnya antara lain: Titik tertinggi : Gunung Timah (178 m)

Titik terendah : paras laut

Sungai utama : Sungai Ulu Pandan

3)  Penduduk

Sebagian besar penduduk Singapura adalah keturunan Tiongkok, suku Melayu, orang India dan sisanya suku bangsa yang lain. Penduduk Singapura menganut agama Buddha, Islam, Taoisme, Kristen, dan Hindu.

4)  Perekonomian

Letak Singapura yang strategis dalam jalur transito perdagangan (distribusi berbagai produk dari berbagai negara) dan lalulintas laut (pusat dan pangkalan operasi pelayaran ke negara lain) serta lalulintas udara dunia memberi keuntungan bagi Singapura. Semua kemajuan teknologi dan informasi dari belahan dunia dapat segera diterima dan diadopsinya. Selain itu, pajak-pajak yang diterima pun semakin bertambah. Oleh sebab itu, jalur transito ini menjadi sumber devisa yang sangat besar bagi Singapura.

Mata pencaharian penduduk Singapura kebanyakan di sektor industri. Singapura merupakan pelopor industri di kawasan Asia Tenggara, bahkan menjadi negara yang mempunyai kekuatan industri terbesar di dunia. Industri yang dikembangkan di Singapura meliputi: elektronika, bahan kimia, keuangan dan perbankan, turisme (pariwisata), dan perdagangan.

5)  Sumber Daya Alam

Singapura bukanlah negara yang kaya sumber daya alam. Oleh karena itu, Singapura mengembangkan negaranya pada sektor pariwisata dan perdagangan.

6)  Kerja Sama

Kerja sama yang dikembangkan Singapura lebih banyak bergerak dalam sektor ekonomi. Sumber bahan mentah industri banyak didatangkan dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Pada forum-forum internasional, Singapura banyak mengambil perananya seperti di APEC, WTO, ADB, badan-badan PBB, dan lain-lain.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "NEGARA ASEAN: SINGAPURA"

Post a Comment