NEGARA ASEAN: KAMBOJA



 

KAMBOJA

1)  Identitas Negara       

Nama resmi

Ibu kota

Pemerintahan

Kepala negara

Kepala pemerintahan

Badan legislatif

Penduduk, tahun 2015

Bahasa

Agama

Rakyat

Mata uang

: Republik Rakyat Kampuchea

: Phnom Penh

: Republik Komunis

: Presiden (Dewan Negara)

: Ketua Dewan Menteri (Perdana menteri)

: Majelis Nasional

: 15,4 juta jiwa

: Khmer (resmi), Perancis

: Buddha Theravada

: Bangsa Kampuchea atau Kamboja

: Rie

2)  Keadaan Alam

a.   Letak dan Batas Negara

Kamboja terletak pada 10°LU-15°LU dan 102°BT–108°BT. Kamboja mempunyai wilayah seluas 181.300 km2. Adapun batas wilayah Kamboja:

Utara          : Negara Thailand dan Laos

Timur        : Vietnam

Selatan       : Laut Cina Selatan (Teluk Siam)

Barat          : Thailand

b.    Iklim

Kamboja beriklim tropis muson, dengan musim hujan pada bulan November– Mei.

Iklim ini dipengaruhi iklim muson timur laut. Daerah Pegunungan Elephant dan Pegunungan Cardamon dapat menerima curah hujan sampai dengan 3.050 mm per tahun. Suhu rata-rata per tahun di wilayah Kamboja mencapai sekitar 27°C.

c.   Bentang Alam

Sungai Mekong merupakan sungai yang terpenting di Kamboja. Tonle Sap merupakan danau terbesar di Asia Tenggara yang terletak di Kamboja. Kamboja Tengah merupakan sebuah daerah yang subur. Di sebelah barat, terdapat Gunung Cardamon dan di sebelah tenggara Gunung Gajah, sedangkan di sebelah utara Pegunungan Dankret. Gunung tertinggi di Kamboja adalah Phnom Aural, yang berada di Pegunungan Cardamon, dengan ketinggian 1.813 meter.

3)  Penduduk

Kamboja tergolong negara dengan jumlah penduduk sedikit di Asia Tenggara, yakni 15,4 juta jiwa (2015). Kelompok penduduk yang dominan di Kamboja adalah etnis Khmer, etnis Vietnam, Tiongkok, muslim Cham, dan suku primitif.

4)  Perekonomian

Mata pencaharian penduduk Kamboja bertumpu pada bidang pertanian dengan sistem pengolahan yang masih tradisional. Industri yang menjadi andalan di Kamboja terbatas pada industri semen dengan skala yang tidak besar, industri kayu, dan industri rokok.

5)  Sumber Daya Alam

Kamboja merupakan daerah yang memiliki sumber daya alam yang kurang sebanding dengan luas wilayahnya. Sumber daya alam paling dominan terdapat pada bidang pertanian. Pertanian di negara itu berada di sepanjang Sungai Mekong, Danau Tonle Sap,dan plato-plato tanah basalt di Provinsi Kompong Cham dan Provinsi Rotanokiri.

6)  Kerja Sama

Saat ini, kerja sama yang diikuti oleh Kamboja yaitu melalui badan-badan PBB, seperti ILO, UNESCO, WHO ESCAP, IAEA, IDA, IBRD, IFC, dan organisasi lain.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "NEGARA ASEAN: KAMBOJA"

Post a Comment