LINGKUP MATERI DAN TUJUAN PEMBELAJARAN KELAS 4 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

LINGKUP MATERI DAN TUJUAN PEMBELAJARAN KELAS 4 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

PENDIDIKAN PANCASILA
DAN KEWARGANEGARAAN

LINGKUP MATER

KODE

TUJUAN PEMBELAJARAN

Pancasila Sebagai Nilai Kehidupan

TP 1

menerapkan akhlak mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

TP 2

memahami makna dan nilai-nilai Pancasila, serta proses perumusannya

TP 3

memberikan contoh sikap dan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila

Konstitusi dan Norma di Masyarakat

TP 1

mengklasifikasikan norma dan aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya

TP 2

memberikan contoh pelaksanaan norma di lingkungan sekitarnya

TP 3

mengidentifikasi hak dan kewajibannya sebagai peserta didik dan anggota keluarga

TP 4

merumuskan pendapat secara sistematis dan logis

TP 5

menganalisis pelaksanaan musyawarah di lingkungannya

Membangun Jati Diri dalam Kebinekaan

TP 1

mengenal dan mendalami keragaman budaya di lingkungan sekitar

TP 2

menghargai keberagaman melalui sikap mencintai sesama dan lingkungannya

TP 3

memahami contoh sikap dan perilaku yang menghargai keberagaman budaya

TP 4

menyampaikan contoh sikap dan perilaku menjaga dan merusak kebhinekaan

TP 5

 

BAHASA INDONESIA

LINGKUP MATER

KODE

TUJUAN PEMBELAJARAN

Sudah Besar

TP 1

menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita

TP 2

mengucapkan kata-kata yang panjang

TP 3

mengenal dan menggunakan kalimat transitif-intransitif dalam tulisan

TP 4

mencari arti kata di dalam kamus dan membuat Proyek Kamus

Di Bawah Atap

TP 1

menjawab pertanyaan terkait isi teks yang dibacakan

TP 2

mengenali dan menggunakan awalan ‘me-’ sesuai kaidah bahasa Indonesia

TP 3

menyampaikan pendapat dengan kalimat yang jelas

TP 4

mencari informasi dan mempresentasikannya

Lihat Sekitar

TP 1

menulis dengan struktur argumentasi

TP 2

mengenal pemakaian awalan ‘ber-’ dan menggunakannya

TP 3

menyampaikan petunjuk arah

TP 4

menulis teks dengan struktur deskripsi

Meliuk dan Menerjang

TP 1

mengidentifikasi ide pokok dan ide pendukung pada suatu paragraf atau teks

TP 2

berpartisipasi aktif dalam diskusi

TP 3

melakukan wawancara dan menuliskan laporannya

TP 4

menggunakan “ADiKSiMBa” untuk menyusun tulisan

 

MATEMATIKA

LINGKUP MATER

KODE

TUJUAN PEMBELAJARAN

Bilangan Cacah Sampai 10.000 (Bagian ke-1)

TP 1

membaca bilangan cacah sampai 10.000

TP 2

menulis bilangan cacah sampai 10.000

TP 3

menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000

TP 4

membandingkan dua bilangan cacah sampai 10.000

Bilangan Cacah Sampai 10.000 (Bagian ke-2)

TP 5

mengurutkan beberapa bilangan cacah sampai 10.000

TP 6

menyusun (komposisi) bilangan cacah sampai 10.000

TP 7

mengurai (dekomposisi) bilangan cacah sampai 10.000

TP 8

menentukan hasil operasi penjumlahan bilangan cacah sampai 1.000

Bilangan Cacah Sampai 10.000 (Bagian ke-3)

TP 9

menentukan hasil operasi pengurangan bilangan cacah sampai 1.000

TP 10

menentukan hasil operasi perkalian bilangan cacah sampai 100

TP 11

menentukan hasil operasi pembagian bilangan cacah sampai 100

TP 12

menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor

Pecahan (Bagian ke-1)

TP 1

membandingkan dua pecahan dengan pembilang satu

TP 2

mengurutkan antar pecahan dengan pembilang satu

TP 3

membandingkan dua pecahan dengan penyebut yang sama

TP 4

mengurutkan antar pecahan dengan penyebut yang sama

Pecahan (Bagian ke-2)

TP 5

mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika

TP 6

menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan

TP 7

menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen

Pola Gambar dan Pola BilanganPola Bilangan

TP 1

mengidentifikasi pola gambar membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan

TP 2

mengembangkan pola gambar membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan

TP 3

mengidentifikasi pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100

TP 4

mengembangkan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100

 

ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS)

LINGKUP MATER

KODE

TUJUAN PEMBELAJARAN

Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi

TP 1

mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan dan mendeskripsikan fungsinya

TP 2

mendeskripsikan proses fotosintesis dan mengaitkan pentingnya proses ini bagi makhluk hidup

TP 3

membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup tumbuhan

Wujud Zat dan Perubahannya

TP 1

mengenali materi dan karakteristiknya

TP 2

mempelajari karakteristik wujud zat/materi

TP 3

mempelajari bagaimana perubahan wujud zat terjadi

Gaya di Sekitar Kita

TP 1

mengidentifikasi ragam gaya yang terlibat dalam aktivitas sehari-hari

TP 2

memanfaatkan gaya tersebut untuk membantu manusia mengatasi tantangan dalam kehidupan sehari-hari

Mengubah Bentuk Energi

TP 1

mengidentifikasi ragam transformasi energi pada kehidupan sehari-hari

TP 2

membuat simulasi transformasi energi menggunakan bagan/alat bantu sederhana dalam kehidupan sehari-hari

 

SENI MUSIK

LINGKUP MATER

KODE

TUJUAN PEMBELAJARAN

Mengenal Bunyi dan Sumbernya

TP 1

mengasah kemampuannya mendengar dan mengenali berbagai bunyi yang ada di lingkungan sekitar

TP 2

mengenali berbagai jenis alat musik berdasarkan cara memainkannya

TP 3

mengenali jenis alat musik berdasarkan bunyi yang dihasilkan

TP 4

mengimajinasikan dan mengkorelasikan bunyi-bunyi yang ada di lingkungan sekitar dengan jenis alat musiknya

Irama dan Alat Musik Ritmis

TP 1

memahami pola irama sederhana not penuh, setengah, seperempat, dan seperdelapan

TP 2

mengasah kemampuan musikalitasnya dengan menirukan pola irama sederhana

TP 3

mengidentifikasikan macam-macam alat musik ritmis

TP 4

memainkan salah satu alat musik ritmis berdasarkan preferensinya

Nada dan Alat Musik Melodi

TP 1

memahami tinggi rendah nada

TP 2

memahami perbedaan bunyi dari tangga nada diatonis

TP 3

mengidentifikasikan macam-macam alat musik melodis

TP 4

memainkan satu buah lagu sederhana dengan alat musik melodis berdasarkan preferensinya

Membuat Grup Musik

TP 1

bekerja sama dalam sebuah tim

TP 2

menggabungkan permainan alat musik ritmis dan melodis

TP 3

mengkreasikan sebuah lagu sederhana baik secara irama maupun melodi

TP 4

menyajikan sebuah pertunjukan yang terkonsep

Membaca Irama

TP 1

mengasah kemampuan musikal dan multitaskingnya melalui primavista ritmis

TP 2

membaca irama dengan baik pada partitur not angka

TP 3

membedakan bunyi dari setiap jenis not berdasarkan ketukannya

Membaca Not Angka

TP 1

mengasah kemampuan musikal dan multitaskingnya melalui primavista not angka

TP 2

melatih konsentrasinya melalui kegiatan primavista not angka

TP 3

membaca partitur not angka pada lagu-lagu sederhana secara menyeluruh

Interval dan Harmoni

TP 1

memahami hubungan antarnada melalui pemahaman interval dan harmoni sederhana

TP 2

memahami perbedaan setiap nada berdasarkan intervalnya

TP 3

memahami peran musik sebagai pengiring dengan mempelajari harmoni akor-akor dasar

Menyanyikan Not Angka

TP 1

membaca not angka sesuai dengan solmisasinya pada materi lagu Padhang Wulan dan Ibu Kita Kartini

TP 2

memahami perbedaan setiap bunyi dari nada yang dinyanyikan

TP 3

menyanyikan materi lagu Padhang Wulan dan Ibu Kita Kartini dengan ketepatan nada yang baik dan benar

 

SENI TARI

LINGKUP MATER

KODE

TUJUAN PEMBELAJARAN

Mengenal Lingkungan dengan Tari

TP 1

memperagakan ciri khas gerak tari dari flora, fauna, dan makhluk hidup

Gerak dan Makna pada Permainan Tradisional

TP 1

memperagakan gerak tari permainan tradisional, baik secara individu maupun kelompok

 

SENI RUPA

LINGKUP MATER

KODE

TUJUAN PEMBELAJARAN

Menggambar Rumah Tetangga

TP 1

mengenal teknik perspektif dalam seni rupa

Kerajinan dari Plastik

TP 1

memilih dua bahan dari sampah plastik untuk dimanfaatkan dalam pembuatan seni kriya

TP 2

merancang seni kriya berdasarkan bahan sampah plastik yang telah dimilikinya

TP 3

membuat satu karya seni kerajinan dengan memanfaatkan sampah plastik

Bereksperimen Dengan Tekstur

TP 1

memahami pengertian dan jenis-jenis tekstur

TP 2

memahami bahan-bahan alami untuk membuat tekstur

TP 3

memahami teknik pembuatan tekstur

TP 4

merancang sebuah tekstur berdasarkan ide, pengetahuan, bahan dan teknik yang dipelajari

TP 5

membuat tekstur sesuai rancangan yang dibuat

Membuat Bendera Hias

TP 1

mengidentifikasi dan mengklasifikasi bendera berdasarkan bentuk dan fungsinya

TP 2

membangun ide dan rancangan sebuah bendera hias

TP 3

membuat bendera sebagai gambaran dari suatu hal (jati diri, cita-cita atau suasana hati)

TP 4

menjelaskan tentang bendera hias ciptaannya

Seni Dekoratif: Menggambar Taplak Meja dan Teralis

TP 1

mengenal ragam hias dekoratif budaya Nusantara

TP 2

mengetahui jenis-jenis ragam dekoratif Nusantara

TP 3

membuat ragam hias dekoratif secara sederhana

Membuat Stempel dari Kentang dan Ketela

TP 1

mengenal dan memahami seni cetak; pengertian, jenis-jenis dan bahan

TP 2

bereksperimen seni cetak secara sederhana dari kentang dan ketela

 

SENI TEATER

LINGKUP MATER

KODE

TUJUAN PEMBELAJARAN

Belajar Bermain Peran Menjadi Binatang dan Peristiwa Alam

TP 1

mengingat gerak dan suara binatang dan peristiwa alam

TP 2

meniru gerak dan suara binatang dan peristiwa alam

TP 3

memberi saran atau pendapat yang santun mengenai gerak dan suara binatang dan peristiwa alam yang ditiru oleh temannya

TP 4

menggabungkan properti pendukung dengan peran yang dimainkan

TP 5

berkolaborasi memainkan peran binatang dan peristiwa alam dengan properti yang sesuai

Belajar Bermain Peran dari Kehidupan Sehari-Hari

TP 1

mengingat dialog sederhana, gerak tubuh, suara, dan emosi dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya

TP 2

meniru dialog sederhana, gerak tubuh, suara, dan emosi dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya

TP 3

memberi saran atau pendapat yang santun pada karakter yang ditiru oleh temannya

TP 4

menggabungkan properti pendukung dengan peran yang dimainkan

TP 5

berkolaborasi memainkan peran cerita kehidupan sehari-hari dengan properti yang sesuai

 

 

PJOK

LINGKUP MATER

KODE

TUJUAN PEMBELAJARAN

Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Lokomotor

TP 1

menjelaskan dan mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi gerakan pola gerak dasar lokomotor

Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Nonlokomotor

TP 1

menjelaskan dan mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor

Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Manipulatif

TP 1

menjelaskan dan mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif

Aktivitas Senam

TP 1

menjelaskan dan mampu mempraktikkan pola gerak dominan senam

 

 

BAHASA INGGRIS

LINGKUP MATER

KODE

TUJUAN PEMBELAJARAN

What Are You Doing?

TP 1

mengekspresikan aktivitas sehari-hari menggunakan verb ing

TP 2

membuat kalimat dengan menggunakan verb ing

There are 67 English Books

TP 1

mengidentifikasi angka 50-100 dalam Bahasa Inggris

TP 2

menghitung benda dengan menggunakan angka 50-100 dalam bahasa Inggris

My Living Room is Beside KitchenBeside Kitchen

TP 1

mengidentifikasi preposisi dalam konteks ruangan-ruangan yang ada di dalam rumah

Cici Cooks in The Kitchenin The Kitchen

TP 1

merespon pertanyaan serta berbicara tentang kegiatannya sehari-hari di rumah

Where is My Pencil?My Pencil

TP 1

mampu menyebutkan benda–benda di dalam ruangan dengan baik dan lancar

TP 2

menulis kalimat yang berkaitan dengan benda di ruangan

The Stove is In The KitchenIn The Kitche

TP 1

mengenal benda-benda di dapur dan di kamar mandi

TP 2

merespon pertanyaan tentang pertanyaan tentang aktifitas di ruangan

 

AGAMA ISLAM

LINGKUP MATER

KODE

TUJUAN PEMBELAJARAN

Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman (Bagian ke-1)

TP 1

membaca Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dengan tartil

TP 2

menjelaskan pesan pokok Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dengan baik

TP 3

membuat paparan tentang pesan pokok Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dengan baik

TP 4

menulis Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dengan baik

TP 5

menghafal Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dengan lancar

Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman (Bagian ke-2)

TP 6

membaca hadis tentang keragaman dengan baik

TP 7

menulis hadis tentang keragaman dengan baik

TP 8

menghafal hadis tentang keragaman dengan lancar

TP 9

mempresentasikan paparan Q.S. al- Ḥujurāt/49:13 dan hadis tentang keragaman

TP 10

membaca Al-Qur’an dengan tartil dan sikap menghargai keragaman dan perbedaan sebagai sunatullah

Teladan Mulia Asmaulhusna

TP 1

menjelaskan arti Asmaulhusna al-Mālik, al-Azīz, al-Quddūs, As-Salām dan al-Mu’min

TP 2

membuat karya berupa kaligrafi al-Mālik, al-Azīz, al-Quddūs, As-Salām dan al-Mu’min beserta artinya

TP 3

membiasakan sikap suka menahan diri, mandiri, cinta kebersihan, menjaga lisan, dan hidup tertib

TP 4

meyakini adanya Allah yang Maharaja, Mahamuia, mahasuci, Mahasejahtera dan Maha Pemberi keamanan

Indahnya Saling Menghargai dalam Keragaman

TP 1

mendeskripsikan keragaman sebagai sunnatullah agar saling mengenal (litaʿārafū) dengan benar

TP 2

menyebutkan ajaran kebaikan dari agama Islam dan agama selain Islam dengan tepat

TP 3

mengungkapkan perasaan mengenai pengalaman bergaul dengan teman yang berbeda agama dengan baik

TP 4

saling menghormati orang lain dan menghargai pemeluk agama yang berbeda

meyakini bahwa keragaman sebagai sunnatullah dengan benar

Menyambut Usia Balig

TP 1

menyebutkan tanda-tanda usia balig atau kedewasaan dengan benar

TP 2

membuat paparan mengenai tanda-tanda usia balig dalam pandangan ilmu fikih dan ilmu biologi dengan benar

TP 3

membiasakan sikap bersyukur, taat beribadah dan bertangung-jawab

Hijrah Rasulullah saw. ke Madinah (Bagian ke-1)

TP 1

menjelaskan sebab-sebab Nabi Muhammad saw. hijrah ke Madinah

TP 2

menceritakan kisah perjalanan hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah

TP 3

membuat alur cerita kisah perjalanan hijrah melalui gambar dan keterangan sederhana

TP 4

menyimpulkan pelajaran di balik hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah

Hijrah Rasulullah saw. ke Madinah (Bagian ke-2)

TP 5

meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. dan para sahabat

TP 6

membiasakan sikap percaya diri, teguh pendirian dan bertanggung jawab

TP 7

meyakini kebenaran kisah hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "LINGKUP MATERI DAN TUJUAN PEMBELAJARAN KELAS 4 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA"

Post a Comment