LINGKUP MATERI DAN TUJUAN PEMBELAJARAN KELAS 4 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA
LINGKUP MATERI DAN TUJUAN PEMBELAJARAN KELAS 4 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA
PENDIDIKAN PANCASILA |
||
LINGKUP MATER |
KODE |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
Pancasila Sebagai Nilai Kehidupan |
TP 1 |
menerapkan akhlak mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan
kepada Tuhan Yang Maha Esa |
TP 2 |
memahami makna dan nilai-nilai Pancasila, serta proses
perumusannya |
|
TP 3 |
memberikan contoh sikap dan perilaku yang sesuai dengan
sila-sila Pancasila |
|
Konstitusi dan Norma di Masyarakat |
TP 1 |
mengklasifikasikan norma dan aturan yang berlaku di lingkungan
sekitarnya |
TP 2 |
memberikan contoh pelaksanaan norma di lingkungan sekitarnya |
|
TP 3 |
mengidentifikasi hak dan kewajibannya sebagai peserta didik dan
anggota keluarga |
|
TP 4 |
merumuskan pendapat secara sistematis dan logis |
|
TP 5 |
menganalisis pelaksanaan musyawarah di lingkungannya |
|
Membangun Jati Diri dalam Kebinekaan |
TP 1 |
mengenal dan mendalami keragaman budaya di lingkungan sekitar |
TP 2 |
menghargai keberagaman melalui sikap mencintai sesama dan
lingkungannya |
|
TP 3 |
memahami contoh sikap dan perilaku yang menghargai keberagaman
budaya |
|
TP 4 |
menyampaikan contoh sikap dan perilaku menjaga dan merusak
kebhinekaan |
|
TP 5 |
BAHASA INDONESIA |
||
LINGKUP MATER |
KODE |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
Sudah Besar |
TP 1 |
menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita |
TP 2 |
mengucapkan kata-kata yang panjang |
|
TP 3 |
mengenal dan menggunakan kalimat transitif-intransitif dalam
tulisan |
|
TP 4 |
mencari arti kata di dalam kamus dan membuat Proyek Kamus |
|
Di Bawah Atap |
TP 1 |
menjawab pertanyaan terkait isi teks yang dibacakan |
TP 2 |
mengenali dan menggunakan awalan ‘me-’ sesuai kaidah bahasa
Indonesia |
|
TP 3 |
menyampaikan pendapat dengan kalimat yang jelas |
|
TP 4 |
mencari informasi dan mempresentasikannya |
|
Lihat Sekitar |
TP 1 |
menulis dengan struktur argumentasi |
TP 2 |
mengenal pemakaian awalan ‘ber-’ dan menggunakannya |
|
TP 3 |
menyampaikan petunjuk arah |
|
TP 4 |
menulis teks dengan struktur deskripsi |
|
Meliuk dan Menerjang |
TP 1 |
mengidentifikasi ide pokok dan ide pendukung pada suatu paragraf
atau teks |
TP 2 |
berpartisipasi aktif dalam diskusi |
|
TP 3 |
melakukan wawancara dan menuliskan laporannya |
|
TP 4 |
menggunakan “ADiKSiMBa” untuk menyusun tulisan |
|
MATEMATIKA |
||
LINGKUP MATER |
KODE |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
Bilangan Cacah Sampai 10.000 (Bagian ke-1) |
TP 1 |
membaca bilangan cacah sampai 10.000 |
TP 2 |
menulis bilangan cacah sampai 10.000 |
|
TP 3 |
menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000 |
|
TP 4 |
membandingkan dua bilangan cacah sampai 10.000 |
|
Bilangan Cacah Sampai 10.000 (Bagian ke-2) |
TP 5 |
mengurutkan beberapa bilangan cacah sampai 10.000 |
TP 6 |
menyusun (komposisi) bilangan cacah sampai 10.000 |
|
TP 7 |
mengurai (dekomposisi) bilangan cacah sampai 10.000 |
|
TP 8 |
menentukan hasil operasi penjumlahan bilangan cacah sampai 1.000 |
|
Bilangan Cacah Sampai 10.000 (Bagian ke-3) |
TP 9 |
menentukan hasil operasi pengurangan bilangan cacah sampai 1.000 |
TP 10 |
menentukan hasil operasi perkalian bilangan cacah sampai 100 |
|
TP 11 |
menentukan hasil operasi pembagian bilangan cacah sampai 100 |
|
TP 12 |
menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor |
|
Pecahan (Bagian ke-1) |
TP 1 |
membandingkan dua pecahan dengan pembilang satu |
TP 2 |
mengurutkan antar pecahan dengan pembilang satu |
|
TP 3 |
membandingkan dua pecahan dengan penyebut yang sama |
|
TP 4 |
mengurutkan antar pecahan dengan penyebut yang sama |
|
Pecahan (Bagian ke-2) |
TP 5 |
mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol
matematika |
TP 6 |
menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan |
|
TP 7 |
menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen |
|
Pola Gambar dan Pola BilanganPola Bilangan |
TP 1 |
mengidentifikasi pola gambar membesar dan mengecil yang
melibatkan penjumlahan dan pengurangan |
TP 2 |
mengembangkan pola gambar membesar dan mengecil yang melibatkan
penjumlahan dan pengurangan |
|
TP 3 |
mengidentifikasi pola bilangan membesar dan mengecil yang
melibatkan penjumlahan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100 |
|
TP 4 |
mengembangkan pola bilangan membesar dan mengecil yang
melibatkan penjumlahan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100 |
|
ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) |
||
LINGKUP MATER |
KODE |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi |
TP 1 |
mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan dan mendeskripsikan
fungsinya |
TP 2 |
mendeskripsikan proses fotosintesis dan mengaitkan pentingnya
proses ini bagi makhluk hidup |
|
TP 3 |
membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang
siklus hidup tumbuhan |
|
Wujud Zat dan Perubahannya |
TP 1 |
mengenali materi dan karakteristiknya |
TP 2 |
mempelajari karakteristik wujud zat/materi |
|
TP 3 |
mempelajari bagaimana perubahan wujud zat terjadi |
|
Gaya di Sekitar Kita |
TP 1 |
mengidentifikasi ragam gaya yang terlibat dalam aktivitas
sehari-hari |
TP 2 |
memanfaatkan gaya tersebut untuk membantu manusia mengatasi
tantangan dalam kehidupan sehari-hari |
|
Mengubah Bentuk Energi |
TP 1 |
mengidentifikasi ragam transformasi energi pada kehidupan
sehari-hari |
TP 2 |
membuat simulasi transformasi energi menggunakan bagan/alat
bantu sederhana dalam kehidupan sehari-hari |
|
SENI MUSIK |
||
LINGKUP MATER |
KODE |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
Mengenal Bunyi dan Sumbernya |
TP 1 |
mengasah kemampuannya mendengar dan mengenali berbagai bunyi
yang ada di lingkungan sekitar |
TP 2 |
mengenali berbagai jenis alat musik berdasarkan cara
memainkannya |
|
TP 3 |
mengenali jenis alat musik berdasarkan bunyi yang dihasilkan |
|
TP 4 |
mengimajinasikan dan mengkorelasikan bunyi-bunyi yang ada di
lingkungan sekitar dengan jenis alat musiknya |
|
Irama dan Alat Musik Ritmis |
TP 1 |
memahami pola irama sederhana not penuh, setengah, seperempat,
dan seperdelapan |
TP 2 |
mengasah kemampuan musikalitasnya dengan menirukan pola irama
sederhana |
|
TP 3 |
mengidentifikasikan macam-macam alat musik ritmis |
|
TP 4 |
memainkan salah satu alat musik ritmis berdasarkan preferensinya |
|
Nada dan Alat Musik Melodi |
TP 1 |
memahami tinggi rendah nada |
TP 2 |
memahami perbedaan bunyi dari tangga nada diatonis |
|
TP 3 |
mengidentifikasikan macam-macam alat musik melodis |
|
TP 4 |
memainkan satu buah lagu sederhana dengan alat musik melodis
berdasarkan preferensinya |
|
Membuat Grup Musik |
TP 1 |
bekerja sama dalam sebuah tim |
TP 2 |
menggabungkan permainan alat musik ritmis dan melodis |
|
TP 3 |
mengkreasikan sebuah lagu sederhana baik secara irama maupun
melodi |
|
TP 4 |
menyajikan sebuah pertunjukan yang terkonsep |
|
Membaca Irama |
TP 1 |
mengasah kemampuan musikal dan multitaskingnya melalui
primavista ritmis |
TP 2 |
membaca irama dengan baik pada partitur not angka |
|
TP 3 |
membedakan bunyi dari setiap jenis not berdasarkan ketukannya |
|
Membaca Not Angka |
TP 1 |
mengasah kemampuan musikal dan multitaskingnya melalui
primavista not angka |
TP 2 |
melatih konsentrasinya melalui kegiatan primavista not angka |
|
TP 3 |
membaca partitur not angka pada lagu-lagu sederhana secara
menyeluruh |
|
Interval dan Harmoni |
TP 1 |
memahami hubungan antarnada melalui pemahaman interval dan
harmoni sederhana |
TP 2 |
memahami perbedaan setiap nada berdasarkan intervalnya |
|
TP 3 |
memahami peran musik sebagai pengiring dengan mempelajari
harmoni akor-akor dasar |
|
Menyanyikan Not Angka |
TP 1 |
membaca not angka sesuai dengan solmisasinya pada materi lagu
Padhang Wulan dan Ibu Kita Kartini |
TP 2 |
memahami perbedaan setiap bunyi dari nada yang dinyanyikan |
|
TP 3 |
menyanyikan materi lagu Padhang Wulan dan Ibu Kita Kartini
dengan ketepatan nada yang baik dan benar |
|
SENI TARI |
||
LINGKUP MATER |
KODE |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
Mengenal Lingkungan dengan Tari |
TP 1 |
memperagakan ciri khas gerak tari dari flora, fauna, dan makhluk
hidup |
Gerak dan Makna pada Permainan Tradisional |
TP 1 |
memperagakan gerak tari permainan tradisional, baik secara
individu maupun kelompok |
SENI RUPA |
||
LINGKUP MATER |
KODE |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
Menggambar Rumah Tetangga |
TP 1 |
mengenal teknik perspektif dalam seni rupa |
Kerajinan dari Plastik |
TP 1 |
memilih dua bahan dari sampah plastik untuk dimanfaatkan dalam
pembuatan seni kriya |
TP 2 |
merancang seni kriya berdasarkan bahan sampah plastik yang telah
dimilikinya |
|
TP 3 |
membuat satu karya seni kerajinan dengan memanfaatkan sampah
plastik |
|
Bereksperimen Dengan Tekstur |
TP 1 |
memahami pengertian dan jenis-jenis tekstur |
TP 2 |
memahami bahan-bahan alami untuk membuat tekstur |
|
TP 3 |
memahami teknik pembuatan tekstur |
|
TP 4 |
merancang sebuah tekstur berdasarkan ide, pengetahuan, bahan dan
teknik yang dipelajari |
|
TP 5 |
membuat tekstur sesuai rancangan yang dibuat |
|
Membuat Bendera Hias |
TP 1 |
mengidentifikasi dan mengklasifikasi bendera berdasarkan bentuk
dan fungsinya |
TP 2 |
membangun ide dan rancangan sebuah bendera hias |
|
TP 3 |
membuat bendera sebagai gambaran dari suatu hal (jati diri,
cita-cita atau suasana hati) |
|
TP 4 |
menjelaskan tentang bendera hias ciptaannya |
|
Seni Dekoratif: Menggambar Taplak Meja dan Teralis |
TP 1 |
mengenal ragam hias dekoratif budaya Nusantara |
TP 2 |
mengetahui jenis-jenis ragam dekoratif Nusantara |
|
TP 3 |
membuat ragam hias dekoratif secara sederhana |
|
Membuat Stempel dari Kentang dan Ketela |
TP 1 |
mengenal dan memahami seni cetak; pengertian, jenis-jenis dan
bahan |
TP 2 |
bereksperimen seni cetak secara sederhana dari kentang dan
ketela |
|
SENI TEATER |
||
LINGKUP MATER |
KODE |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
Belajar Bermain Peran Menjadi Binatang dan Peristiwa Alam |
TP 1 |
mengingat gerak dan suara binatang dan peristiwa alam |
TP 2 |
meniru gerak dan suara binatang dan peristiwa alam |
|
TP 3 |
memberi saran atau pendapat yang santun mengenai gerak dan suara
binatang dan peristiwa alam yang ditiru oleh temannya |
|
TP 4 |
menggabungkan properti pendukung dengan peran yang dimainkan |
|
TP 5 |
berkolaborasi memainkan peran binatang dan peristiwa alam dengan
properti yang sesuai |
|
Belajar Bermain Peran dari Kehidupan Sehari-Hari |
TP 1 |
mengingat dialog sederhana, gerak tubuh, suara, dan emosi
dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya |
TP 2 |
meniru dialog sederhana, gerak tubuh, suara, dan emosi dirinya
sendiri dan orang-orang di sekitarnya |
|
TP 3 |
memberi saran atau pendapat yang santun pada karakter yang
ditiru oleh temannya |
|
TP 4 |
menggabungkan properti pendukung dengan peran yang dimainkan |
|
TP 5 |
berkolaborasi memainkan peran cerita kehidupan sehari-hari
dengan properti yang sesuai |
PJOK |
||
LINGKUP MATER |
KODE |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Lokomotor |
TP 1 |
menjelaskan dan mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi
gerakan pola gerak dasar lokomotor |
Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Nonlokomotor |
TP 1 |
menjelaskan dan mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi pola
gerak dasar nonlokomotor |
Aktivitas Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Dasar Manipulatif |
TP 1 |
menjelaskan dan mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi pola
gerak dasar manipulatif |
Aktivitas Senam |
TP 1 |
menjelaskan dan mampu mempraktikkan pola gerak dominan senam |
BAHASA INGGRIS |
||
LINGKUP MATER |
KODE |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
What Are You Doing? |
TP 1 |
mengekspresikan aktivitas sehari-hari menggunakan verb ing |
TP 2 |
membuat kalimat dengan menggunakan verb ing |
|
There are 67 English Books |
TP 1 |
mengidentifikasi angka 50-100 dalam Bahasa Inggris |
TP 2 |
menghitung benda dengan menggunakan angka 50-100 dalam bahasa
Inggris |
|
My Living Room is Beside KitchenBeside Kitchen |
TP 1 |
mengidentifikasi preposisi dalam konteks ruangan-ruangan yang
ada di dalam rumah |
Cici Cooks in The Kitchenin The Kitchen |
TP 1 |
merespon pertanyaan serta berbicara tentang kegiatannya
sehari-hari di rumah |
Where is My Pencil?My Pencil |
TP 1 |
mampu menyebutkan benda–benda di dalam ruangan dengan baik dan
lancar |
TP 2 |
menulis kalimat yang berkaitan dengan benda di ruangan |
|
The Stove is In The KitchenIn The Kitche |
TP 1 |
mengenal benda-benda di dapur dan di kamar mandi |
TP 2 |
merespon pertanyaan tentang pertanyaan tentang aktifitas di
ruangan |
|
AGAMA ISLAM |
||
LINGKUP MATER |
KODE |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
Mari
Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang
Keragaman (Bagian ke-1) |
TP
1 |
membaca
Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dengan tartil |
TP
2 |
menjelaskan
pesan pokok Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dengan baik |
|
TP
3 |
membuat
paparan tentang pesan pokok Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dengan baik |
|
TP
4 |
menulis
Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dengan baik |
|
TP
5 |
menghafal
Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dengan lancar |
|
Mari
Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang
Keragaman (Bagian ke-2) |
TP
6 |
membaca
hadis tentang keragaman dengan baik |
TP
7 |
menulis
hadis tentang keragaman dengan baik |
|
TP
8 |
menghafal
hadis tentang keragaman dengan lancar |
|
TP
9 |
mempresentasikan
paparan Q.S. al- Ḥujurāt/49:13 dan hadis tentang keragaman |
|
TP
10 |
membaca
Al-Qur’an dengan tartil dan sikap menghargai keragaman dan perbedaan sebagai
sunatullah |
|
Teladan
Mulia Asmaulhusna |
TP
1 |
menjelaskan
arti Asmaulhusna al-Mālik, al-Azīz, al-Quddūs, As-Salām
dan al-Mu’min |
TP
2 |
membuat
karya berupa kaligrafi al-Mālik, al-Azīz, al-Quddūs,
As-Salām dan al-Mu’min beserta artinya |
|
TP
3 |
membiasakan
sikap suka menahan diri, mandiri, cinta kebersihan, menjaga lisan, dan hidup
tertib |
|
TP
4 |
meyakini
adanya Allah yang Maharaja, Mahamuia, mahasuci, Mahasejahtera dan Maha
Pemberi keamanan |
|
Indahnya
Saling Menghargai dalam Keragaman |
TP
1 |
mendeskripsikan
keragaman sebagai sunnatullah agar saling mengenal
(litaʿārafū) dengan benar |
TP
2 |
menyebutkan
ajaran kebaikan dari agama Islam dan agama selain Islam dengan tepat |
|
TP
3 |
mengungkapkan
perasaan mengenai pengalaman bergaul dengan teman yang berbeda agama dengan
baik |
|
TP
4 |
saling
menghormati orang lain dan menghargai pemeluk agama yang berbeda |
|
meyakini
bahwa keragaman sebagai sunnatullah dengan benar |
||
Menyambut
Usia Balig |
TP
1 |
menyebutkan
tanda-tanda usia balig atau kedewasaan dengan benar |
TP
2 |
membuat
paparan mengenai tanda-tanda usia balig dalam pandangan ilmu fikih dan ilmu
biologi dengan benar |
|
TP
3 |
membiasakan
sikap bersyukur, taat beribadah dan bertangung-jawab |
|
Hijrah
Rasulullah saw. ke Madinah (Bagian ke-1) |
TP
1 |
menjelaskan sebab-sebab Nabi
Muhammad saw. hijrah ke Madinah |
TP
2 |
menceritakan kisah perjalanan hijrah
Nabi Muhammad saw. ke Madinah |
|
TP
3 |
membuat
alur cerita kisah perjalanan hijrah melalui gambar dan keterangan sederhana |
|
TP
4 |
menyimpulkan pelajaran di balik
hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah |
|
Hijrah
Rasulullah saw. ke Madinah (Bagian ke-2) |
TP
5 |
meneladani perjuangan Nabi Muhammad
saw. dan para sahabat |
TP
6 |
membiasakan
sikap percaya diri, teguh pendirian dan bertanggung jawab |
|
TP
7 |
meyakini kebenaran kisah hijrah
Nabi Muhammad saw. ke Madinah |
|
0 Response to "LINGKUP MATERI DAN TUJUAN PEMBELAJARAN KELAS 4 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA"
Post a Comment