APLIKASI RAPOR KURIKULUM MERDEKA

APLIKASI RAPOR KURIKULUM MERDEKA

Pada akhir semester seperti sekaran ini tentu bapak ibu guru sedang mengolah nilai ujian serta mempersiapkan nilai untuk rapor semeseter. Pengolahan nilai ini dilakukan untuk mendapatkan nilai akhir yang nantinya dimasukkan kedalam rapor semester. 

Dalam Kurikulum Merdeka pengolahan nilai rapor diambil dari nilai formatif, sumatif lingkup materi dan nilai Sumatif akhir semester, semuanya diolah menjadi sebuah nilai akhir yang akan menjadi nilai rapor siswa.

Biasanya nilai rapor ini diolah secara manual oleh guru dengan menggunakan kalkulator, namun saat ini banyak sekali programer yang sudah membaut aplikasi pengolahan nilai ini dengan otomatis menggunakan sebuah aplikasi yang umumnya berbasis Microsoft Excel.

Salah satu aplikasi rapor pada Kurikulum Merdeka adalah yang akan kami bagikan, dalam aplikasi ini bapak/ibu guru dapat menginput dan mengolah nilai siswa dengan otomatis, tinggal mengisikan nilai pada tiap-tiap jenis penilaian, yaitu formatif, sumatif dan sumatif akhir semester.

langkah-langkah mengisi rapor dalam aplikasi rapor Kurikulm Merdeka

  1. silahkan isi data profil sekolah, yang berisi nam instansi, nama sekolah, NIS/NPSD, nama kepala sekolah, nama guru dan sebagainya. silahkan diisi pada kolom yang telah tersedia
  2. mengisi identitas siswa, mulai dari NIS, NISN, nama, tempat tanggal lahir, identitas orangtua dan sebagainya
  3. mengisi data mata pelajaran, mulai dari KKTP dan bobot nilai rapor
  4. mengisi tujuan pembelajaran masing-masing mata pelajaran, mulai dari lingkung materi, kode tujuan pembelajaran, dan deskripsi tujuan pembelajaran
  5. setelah melengkapi langkah di atas, langkah selanjutnya tinggal menginput nilai pada setiap mata pelajaran sesuai dengan jenis penilaiannya (formatif, sumatif lingkup materi, dan sumatif semester)
  6. setelah mengisi lengkap bapak ibu guru dapat melihat rekap nilai dan dapat mencetak rapor
Dengan menggunakan aplikasi ini bapak ibu guru akan mendapat kemudahan dalam mengisi dan mengolah nilai rapor siswa, mudah-mudahan bermanfaat.

Untuk mendownload file aplikasi rapor silahkan klik link di bawah ini


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "APLIKASI RAPOR KURIKULUM MERDEKA"

Post a Comment