Tips Membuat Video Pembelajaran

Tips Membuat Video Pembelajaran

Video adalah salah satu cara paling ampuh untuk mengajar, tetapi juga memiliki keterbatasan. Jika Anda mencari lebih dari sekadar presentasi dasar, berikut ini beberapa kiat untuk membantu Anda membuat video yang akan melibatkan dan menginspirasi audiens Anda:

Gunakan skrip

  • Gunakan naskah. Naskah adalah panduan tertulis yang dapat Anda rujuk kembali saat Anda berbicara, membantu Anda tetap fokus pada topik yang sedang dibahas dan mengingat apa yang perlu dikatakan.
  • Pastikan naskahnya singkat dan padat: Jaga agar skrip Anda sesingkat mungkin! Skrip yang lebih panjang bisa menyulitkan bagi orang yang belum pandai berbicara di depan umum (atau bahkan hanya berbicara biasa) karena membutuhkan terlalu banyak waktu untuk setiap kalimat, yang membuatnya sulit untuk diikuti secara real time. Yang paling penting, pastikan bahwa setiap penjelasan atau contoh disertakan secara langsung setelah poin-poin yang sesuai agar pembaca/pemirsa/pendengar tidak hanya mengingat, tetapi juga memahami apa sebenarnya arti setiap poin ketika dilihat di luar konteksnya nanti."

Jaga agar tetap singkat

Agar video Anda tetap sederhana dan langsung, Anda perlu menghindari terjebak dalam detail. Ada banyak hal yang dapat Anda ajarkan tentang penggunaan produk atau layanan Anda yang dapat dimasukkan dalam video, tetapi jika informasinya tidak mudah dicerna, itu hanya akan membingungkan pemirsa yang mungkin menemukan diri mereka mencari jawaban di tempat lain. Alih-alih mencoba mencakup semuanya (yang tidak mungkin dilakukan), fokuslah pada apa yang paling penting: bagaimana produk ini bekerja dan mengapa produk ini berguna bagi pengguna.

Kenakan pakaian yang membuat Anda merasa nyaman

Penting untuk mengenakan pakaian yang membuat Anda merasa nyaman. Ini berarti menghindari pakaian ketat atau longgar, dan menghindari pakaian yang terbuka (misalnya, mengenakan kemeja tanpa lengan). Ini juga berarti menghindari potongan pakaian kasual atau formal serta apa pun yang mungkin kotor atau bernoda.

Luangkan waktu Anda dan berlatih beberapa kali sebelum rekaman

Langkah pertama untuk membuat video pembelajaran adalah mengumpulkan peralatan Anda. Anda dapat menggunakan kamera apa pun yang memiliki input audio dan mikrofon, tetapi jika Anda memiliki salah satu camcorder kuno yang tidak memiliki input apa pun, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk berinvestasi pada sesuatu yang baru.

Setelah Anda menyiapkan semua bagian untuk merekam, luangkan waktu untuk berlatih sebelum benar-benar merekam apa pun! Hal ini akan membantu memastikan semuanya berfungsi seperti yang diharapkan ketika tiba waktunya untuk pembuatan film. Jika ada sesuatu yang spesifik tentang bagaimana aksi Anda terlihat atau terdengar saat direkam di layar (misalnya: jika semuanya terlalu gelap), maka cobalah menyesuaikannya sebelum menekan record sehingga semuanya terlihat terbaik (dan agar tidak ada yang terluka).

Berikutnya: berlatih! Berlatihlah melakukan kontak mata yang sempurna dengan diri Anda sendiri di depan cermin; berlatihlah mengatakan "Saya senang dengan hal ini" berulang-ulang sampai terdengar tidak lebih dari sekadar bergumam; bahkan hanya dengan berlatih saja, akan membantu memunculkan rasa percaya diri Anda-yang berarti senyum yang lebih otentik ketika orang lain melihat apa yang telah kita kerjakan dengan susah payah untuk menjadi hebat.

Belajar mengedit dengan iMovie atau alat pengeditan video lainnya

  • Pengeditan adalah bagian penting dalam membuat video pembelajaran. Ini bukan hanya tentang mendapatkan rekaman dari lapangan dan memasukkannya ke dalam program perangkat lunak pengeditan, Anda juga harus dapat mengedit setiap redudansi atau konten yang tidak perlu.
  • Ada beberapa cara berbeda yang dapat Anda pelajari cara mengedit video: jika Anda menggunakan iMovie atau alat pengeditan video lainnya di komputer, lihat panduan kami di sini . Jika Anda ingin teknik yang lebih canggih, lihat kursus online ini . Dan jika belum ada dari opsi-opsi tersebut yang berhasil untuk Anda (dan kadang-kadang bahkan ketika mereka melakukannya), pertimbangkan untuk mempekerjakan seseorang yang tahu apa yang mereka lakukan!

Minta orang lain meninjau video untuk Anda sebelum dipublikasikan

Jika Anda akan membagikan video pembelajaran Anda kepada dunia, yang terbaik adalah meminta orang lain untuk meninjaunya sebelum Anda mempublikasikannya. Editor yang baik dapat membantu memastikan bahwa kontennya akurat, mudah dipahami, dan cukup menarik bagi audiens yang Anda tuju.

Editor yang baik juga akan melihat:

  • Lamanya waktu yang diperlukan untuk setiap bagian teks atau screencast (jika ada)
  • Apakah ada kesalahan tata bahasa atau kesalahan ejaan dalam naskah
  • Apakah ada kata atau kalimat yang hilang
  • Apakah ada terlalu banyak jeda di antara bagian atau pembicara

Siapa pun dapat membuat video untuk membantu seseorang, bahkan jika itu untuk diri sendiri.

Anda dapat membuat video untuk membantu seseorang, bahkan jika itu untuk diri Anda sendiri. Video adalah cara yang bagus untuk mempelajari keterampilan baru dan mengajari orang lain cara melakukan sesuatu dengan lebih baik. Anda tidak harus menjadi pembuat film atau editor profesional untuk membuat video yang akan disukai orang lain, tetapi ada alat yang tersedia secara online yang memudahkan siapa pun dengan keterampilan komputer dasar di rumah.

Kami berharap tips ini telah membantu Anda memulai dengan dasar-dasar pembuatan video pembelajaran. Jika Anda merasa informasi ini bermanfaat, kami ingin mendengar tentang pengalaman Anda dan tips lain apa yang mungkin berguna bagi orang lain yang ingin membuat video mereka sendiri. Silakan bagikan di komentar di bawah ini!

Semoga bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar agar penulis dapat memperbaiki hal-hal yang dianggap masih kurang. Terima Kasih.


Please wait 45 sec.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membuat Video Pembelajaran"

Post a Comment