RPP Kelas 6 Semester 2

RPP Kelas 6 Semester 2


Rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP, merupakan pegangan guru dalam melaksanakan pembelajaran. RPP dibuat guru untuk membantu dalam melaksanakan pembelajaran agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang telah ditetapkan. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berisi rancangan perencaaan tentang apa yang akan dilakukan pada saat melaksanakan pembelajaran dikelas, pelaksaan pembelajaran dapat sesuai atau tidak dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun karena proses pembelajaran bersifat situasional dan dapat berubah sesuai dengan kondisi dilapangan/kelas, jika perencanaan disusun dengan matang maka proses pembelajaran dan hasil pembelajaran tidak akan jauh dari perkiraan yang diinginkan.

Setiap guru pada suatu satuan pendidikan wajib menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, menyenangkan, menantang, efisien, dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih sesuai keinginan guru.

Penyusunan RPP dapat dilakukan pada awal semester atau awal tahun pelajaran agar RPP tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran sehingga pada saat dikelas guru tinggal memilih RPP yang akan digunakan. Penyusunan RPP dapat dilakukan guru secara individu maupun berkelompok dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah pengawasan dan bimbingan oleh pengawas atau dinas pendidikan serta kepala sekolah.

Pengembangan RPP mengikuti prinsip-prinsip berikut:

  • RPP merupakan terjemahan dari ide kurikulum yang berdasarkan silabus yang telah dikembangkan pada tingkat nasional ke dalam betuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
  • RPP dikembangkan sesuai dengan yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi pada satuan pendidikan baik kemampuan awal peserta didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan emosi, maupun gaya belajar.
  • RPP mendorong partisipasi aktif peserta didik.
  • RPP sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta didik yang mandiri dan tak berhenti belajar.
  • RPP mengembangkan budaya membaca dan menulis.
  • Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam bentuk tulisan.
  • RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, remedi, dan umpan balik.
  • RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belalajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  • RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. (sumber id.wikipedia.org)

Berikut ini kami akan membagikan contoh RPP semester 2 kelas 6 yang dapat bapak/ibu guru gunakan sebagai acuan dalam membuat RPP bapak/ibu sendiri, silahkan sesuaikan dan modifikasi dengan kebutuhan bapak/ibu guru.

untuk mendownload silahkan klik link di bawah ini

RPP Kelas 6 Tema 6 - Menuju Masyarakat Sejahtera

RPP Kelas 6 Tema 7 - Kepemimpinan

RPP Kelas 6 Tema 8 - Bumiku

RPP Kelas 6 Tema 9 - Menjelajah Angkasa Luar

Semoga bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar agar penulis dapat memperbaiki hal-hal yang dianggap masih kurang. terima kasih.

cara mendownload file silahkan klik Panduan Cara Mendownload File


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Kelas 6 Semester 2"

Post a Comment