CONTOH MAKALAH SEJARAH MENGANALISIS KETERKAITAN PERISTIWA SEJARAH TENTANG MANUSIA DI MASA LALU UNTUK KEHIDUPAN MASA KINI

MENGANALISIS KETERKAITAN PERISTIWA SEJARAH TENTANG MANUSIA DI MASA LALU UNTUK KEHIDUPAN MASA KINI


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Peristiwa sejarah manusia berjalan dengan dinamis, bukan statis. Mulai dari manusia itu berada dalam kandungan, kemudian lahir, hingga beranjak dewasa, dan menjadi orang tua. Kalau kita melihat hal itu, kita bisa menyadari bahwa fase kehidupan manusia menunjukkan adanya kesinambungan dalam kehidupan manusia, dan kehidupan itu terikat oleh ruang dan waktu. Kehidupan manusia dan masyarakat cenderung bergerak dan terus berkembang. Kehidupan manusia hari ini tidak terlepas dari kehidupan manusia pada masa lampau, begitu juga dengan masa yang akan datang, oleh karena itu dapat disebut mata rantai kehidupan manusia. Sebuah peristiwa selalu berkaitan dengan peristiwa lainnya, tidak terpisahkan. manusia akan terus mengalami perubahan. Perubahan dalam masyarakat akan terus berlangsung seiring dengan perjalanan waktu.  

B. Rumusan Masalah

•Apa itu Masa Lampau dan Masa Kini

•Apa keterkaitan peristiwa sejarah tentang manusia di masa lalu untuk masa kini

•Apa Pengaruh Peristiwa masa lalu terhadap kehidupan masa kini

•Apa Pengaruh Perubahan Manusia Terhadap Kehidupan Masa Kini

C. Tujuan

Untuk mendapatkan informasi dan penjelasan rinci mengenai suatu hal dari sudut pandang keterkaitan sejarah masa lalu ke masa kini kepada pembaca.

Untuk lebih memahami tentang bagaimana mengonstruksi teks laporan hasil observasi pada pelatihan selanjutnya dan agar memenuhi tugas Sejarah.

BAB II

PEMBAHASAN

A. Masa Lampau dan Masa Kini

Peristiwa pada masa lampau itu tidak pernah terputus dari rangkaian kejadian masa kini dan masa yang akan datang sehingga waktu dalam perjalanan sejarah terjadi secara kontinuitas. Pada hakikatnya, sejarah itu berkaitan dengan konsep waktu atau tempo dimana proses kelangsungan atau perjalanan waktu adalah kesinambungan. Namun perlu juga kita perhatikan bahwa tidak semua masa lalu atau masa lampau yang sudah lewat bisa dikontruksi atau direka adegan oleh manusia dan ditampilkan kembali seperti sedia kalanya. Ada hal hal yang menjadi penghambatnya dalam upaya merekonstruksi dan menampilkan kembali masa lalu itu seperti contohnya ingatan manusia yang sudah lupa karena termakan usia atau zaman, hilangnya beberapa dokumen penting dalam sejarah ,dll 

Masa kini adalah masa yang "Paling Penting" , karena masa kini yang menentukan kita ke depan nya seperti apa, mau jadi apa kita. Di masa kini kita malas-malasan saja, ya itu pasti akan menentukan masa depan kita, jika kita berusaha untuk masa kini, masa depan kita pasti akan cerah. 

B. Keterkaitan peristiwa sejarah tentang manusia di masa lalu untuk masa kini 

Peristiwa Sejarah, Tidak Semua peristiwa dapat dikatakan sebagai peristiwa sejarah. Peristiwa yang tidak memiliki hubungan dengan kehidupan manusia Bukan merupakan sejarah.Peristiwa Sejarah bersifat unik dan hanya dapat terjadi sekali atau tidak dapat terulang 

C. Pengaruh Peristiwa masa lalu terhadap kehidupan masa kini

Keterkaitan antar peristiwa sejarah merupakan sesuatu yang penting dalam menyusun alur cerita sejarah. Alur adalah pola pengembangan cerita yang terbentuk oleh hubungan sebab akibat. Peristiwa masa lalu tidak terputus dari rangkaian kejadian masa kini dan masa depan, contoh semangat perjuangan rakyat dalam melawan Belanda pada masa perang Diponegoro telah menginspirasi perjuangan rakyat dalam melawan Agresi Militer Belanda II, meskipun keduanya terpisah oleh waktu tetapi keduanya memiliki hubungan sebab akibat yang sama.

D. Pengaruh Perubahan Manusia Terhadap Kehidupan Masa Kini

Perubahan aktivitas manusia di masa lampau memberikan dampak yang sangat besar di kehidpuan masyarakat dimasa sekarang. Perubahan tersebut berdampak pada beberapa sistem yaitu :

1. Sistem Pengetahuan 

Masa sekarang ini semua ilmu pengetahuan tersebut semakin berkembang, ilmu-ilmu tersebut digunakan untuk mengembangkan ilmu -ilmu lainnya misalnya ilmu yang mempelajari kembali bagaimana susunan dan struktur tubuh hewan-hewan purbakala, menciptakan obat -obat baru untuk suatu penyakit, mengembangkan fasilitas serta sarana di bidang kesehatan. 

2. Sistem Kesenian

Semakin berkembangnya teknologi, semakin bervariasi pula usaha manusia mengeksperiskan rasa keindahan dalam berbagai bentuk jenis kesenian. Misalnya seni tari modern yang sangat berkembang saat sekarang ini. Jenis musik pun semakin berkembang, seni musik keroncong sudah digantikan dengan jenis musik hip hop, pop, dan rock.

3. Sistem Industri

Usaha pengelolaan bahan mentah menjadi bahan setengah jadi yang dahulunya sangat sederhana sekarang sudah sangat modren. Pengolahan bahan-bahan tersebut yang dulunya dikerjakan oleh tangan-tangan manusia (home industri) sekarang sudah diolah oleh mesin.

Untuk mendownload CONTOH MAKALAH SEJARAH MENGANALISIS KETERKAITAN PERISTIWA SEJARAH TENTANG MANUSIA DI MASA LALU UNTUK KEHIDUPAN MASA KINI lengkap silahkan Klik link di bawah

MAKALAH SEJARAH

Semoga Bermanfaat. Terima Kasih


cara mendownload file silahkan klik Panduan Cara Mendownload File


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CONTOH MAKALAH SEJARAH MENGANALISIS KETERKAITAN PERISTIWA SEJARAH TENTANG MANUSIA DI MASA LALU UNTUK KEHIDUPAN MASA KINI"

Post a Comment