CONTOH MAKALAH PERSEBARAN FAUNA DI INDONESIA

PERSEBARAN FAUNA DI INDONESIA


BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang

Indonesia merupakan salah satu dari tiga Negara yang memilki tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi.Dua Negara lainnya yaitu,Brazil dan Zaire, Indonesia memilki keunikan tersendiri. Keunikannya adalah di samping memilki keunikan hayati yang tinggi,Indonesia memilki areal tipe oriental,Australia, dan peralihannya.Selain itu,Indonesia juga memilki hewan langka dan hewan endemik.

Keanekaragaman hayati tersebut, tersebar di seluruh wilayah Indonesia.Persebaran hewan yang ada di Indonesia berkaitan dengan sejarah terbentuknya wilayah kepulauan Indonesia.Indonesia bagian barat yang meliputi Sumatera,Kalimantan,Jawa dan pulau-pulau kecil di sekitarnya,pernah menjadi satu dengan Benua Asia.Indonesia bagian timur yang meliputi Papua dan pulau-pulau di sekitarnya,pernah mennjadi satu dengan Benua Australia.Indonesia bagian tengah yang meliputi pulau Sulawesi dan pulau-pulau di sekitarnya,kepulauan Nusa Tenggara serta kepulaun Maluku,merAupakan wilayah yang tidak bersatu dengan Benua Asia maupun Benua Australia.

Ketika Alfred Russel Wallace mengunjungi indonesia pd tahun 1856, ia menemukan perbedaan besar fauna dibeberapa daerah diindonesia (waktu itu hindia belanda).ketika ia mengikuti bali dan lombok terdapat banyak hewan yg mirip dengan hewan hewan kelompok oriental, sedangkan di lombok hewan-hewannya mirip dgn Australia. Oleh sebab itu, kemudian ia membuat garis pemisah yg memanjang mulai dari selat lombok ke Utara melewati selat makassar dan philipina selatan garis ini disebut garis WALLACE.

Indonesia terbagi menjadi 2 zoogeografi yg dibatasi oleh garis wallace.Garis wallace membelah selat makassar menuju ke selatan hingga ke selat lombok.jadi,garis wallace memisahkan wilayah oriental (termasuk sumatera,jawa,bali,dan kalimantan) dengan wilayah australia (sulawesi,irian,maluku,nusa tenggara barat dan timur).

Setelah wallace,seorang ahli zoologi jerman bernama Max Carl Wihelm Weber juga mengadakan penelitian tentang persebaran hewan-hewan diindonesia.Weber melihat bahwa hewan²  yg ada di sulawesi tidak dapat sepenuhny dikelompokkan sebagai hewan kelompok Australia. Hewan yang ada di Sulawesi ada yang memiliki sifat seperti halnya hewan² didaerah oriental.Oleh sebab itu, Weber mengatakan bahwa fauna yang ada disulawesi merupakan fauna peralihan. Weber kemudian membuat garis pembatas yg berada di sebelah timur sulawesi memanjang keutara ke kepulauan aru. Garis ini dsb garis bener.Pulau sulawesi merupakan pualu pembatas antara wilayah oriental dan australia atau merupakan wilayah peralihan yg paling mencolok.

B.Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas,kami menentukan beberapa poin yang akan kami bahas dalam makalah ini.Poin tersebut kami susun dalam rumusan masalah berikut.

1.Bagaimana persebaran hewan di Indonesia?

2.Bagaimana karakteristik hewan daerah Indonesia bagian barat?

3.Bagaimana karakteristik hewan daerah Indonesia bagian tengah?

4.Bagaimana karakteristik hewan daerah Indonesia bagian timur?

C.TUJUAN

1.)Untuk Penulis 

Penulisan makalah ini bertujuan untuk melatih kami didalam menyusun karya ilmiah.Selain itu,makalah ini ditulis untuk memenuhi tugas kelompok biologi .

2.)Untuk Pembaca 

•Untuk mengetahui persebaran hewan di Indonesia

•Untuk mengetahui karakteristik hewan Indonesia bagian barat

•Untuk mnegtahui karakteristik hewan Indonesia bagian tengah

•Untuk mengetahui karakteristil hewan indonnesia bagian timur

BAB II

A. Persebaran fauna di indonesia

Fauna Indonesia dikelompokkan menjadi tiga corak yang berbeda, yaitu fauna bagian barat, tengah, dan timur. Garis yang memisahkan fauna Indonesia bagian Barat dan Tengah dinamakan garis Wallace, sedangkan garis yang memisahkan fauna Indonesia bagian Tengah dan Timur dinamakan garis Weber.

B. Karakteristik Hewan Indonesia Bagian Barat

Kawasan Indonesia  bagian barat meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali.dibatasi oleh garis imajiner Wallace yang terletak di antara Kalimantan dengan Sulawesi dan antara Bali dengan Lombo. Garis Wallace dikemukakan oleh Alfred Russel Wallace (ahli zoologi berkebangsaan inggris) pada abad ke-19. Beberapa jenis fauna kawasan Indonesia bagian barat, yaitu harimau, macan tutul atau leopard, gajah, badak  jawa, banteng, wau-wau, merak hijau, dan burung jalak bali.

C. Karakteristik Hewan Indonesia Bagian Tengah (peralihan)

Kawasan peralihan meliputi Sulawesi, Maluku, Sumbawa, Sumba, Lombok, dan Timor. Dibatasi garis Wallace di sebelah barat dan garis Lydekker di sebelah timur. terdapat garis keseimbangan Weber yang terletak di sebelah timur Sulawesi. Di kawasan ini, terdapat percampuran antara unsur fauna oriental dengan fauna australis.beberapa fauna spesies endemik yaitu,komodo,maleo,soa-soa,dll

D. Karakteristik Hewan Indonesia Bagian Timur

Fauna di daerah ini disebut juga fauna tipe Australia.Kawasan Indonesia timur dibatasi oleh garis lydekker yang meliputi Papua dan pulau pulau kecil di sekitarnya.Ciri ciri fauna di daerah ini,yaitu mamalia berukuran kecil,banyak hewan berkantung,tidak terdapat spesies kera,jenis jenis burung memiliki warna yang beragam. Jenis faunanya antara lain kanguru pohon (Dendrolagus ursinus),burung kasuari gelambir ganda (casuarius casuarius),burung kakatua raja (probosciger aterrimus),burung cendrawasih ekor pita(astrapia mayeri), kasturi raja (psittrichas fulgidus), kupu kupu sayap burung (ornithoptera sp),ular sanca hijau (chondropython viridis),dan buaya irian (crocodylus novaeguineae)

Untuk mendownload file Makalah Persebaran Fauna Lengkap silahkan klik link di bawah

MAKALAH PERSEBARAN FAUNA DI INDONESIA

Semoga bermanfaat, terima kasih


cara mendownload file silahkan klik Panduan Cara Mendownload File


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CONTOH MAKALAH PERSEBARAN FAUNA DI INDONESIA"

Post a Comment