Pelaksanaan ANBK 2022 yang Paling Mudah

 Pelaksanaan ANBK 2022, yang Paling Mudah ??!!


Assalamualaikum Wr. Wb

sejak tahun 2021 setiap janjang pendidikan diwajibkan untuk mengikuti Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), mulai dari Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas.

Hasil Akhir dari pelaksanaan ANBK ini adalah untuk dijadikan Rapor Pendidikan bagi satuan pendidikan masing-masing, jadi nilai dari rapor pendidikan sekolah nilainya di ambil dari hasil siswa mengerjakan soal dan menjawab pertanyaan yang ada saat proses pelaksanaan ANBK.

Pelaksanaan ANBK ini dilaksanakan dengan menggunakan komputer/laptop, bisa dilaksanakan di sekolah masing-masing atau menumpang ke sekolah yang memiliki labor komputer seperti SMP atau setingkat. Moda dalam pelaksanaannya pun dibagi menjadi beberapa macam;

1. Mandiri Online

2. Mandiri Semi Online

3. Menumpang Online

4. Menumpang Semi Online

1. Mandiri Online

Dalam moda mandiri online sekolah harus memenuhi beberapa syarat agar dapat memilih moda ini, antara lain memiliki komputer/laptop, memiliki jaringan internet dan memiliki instalasi listrik yang memadai.

moda online ini dapat kita artikan dengan singkat bahwa komputer/laptop yang digunakan siswa dalam pelaksanaan ANBK terhubung langsung dengan server pusat. jadi setiap jawaban siswa akan langsung terekam dan tercatat pada server pusat.

2. mandiri semi online

Mandiri semi online hanya memiliki perbedaan pada moda online dengan semi online, pada semi online dapat kita artikan bahwa dalam pelaksanaan ANBK komputer/ laptop siswa tidak terhubung langsung ke server pusat ANBK, melainkan komputer/ laptop siswa terhubung ke komputer proktor pada ruangan tersebut. setelah siswa selesai menjawab soal, maka kita sebagaiproktor harus melakukan sinkronisasi/ melakukan upload lagi ke server pusat agar jawaban sari siswa dapat terekam pada server pusat.

3. Menumpang online

Dalam moda menumpang online mungkin dari segi bahasanya dapat kita pahami, yakni setuan pendidikan menumpang ke satuan pendidikan lain yang memilik sarana dan prasarana dan menjalankan kegiatan ANBKnya dengan moda online. sistem pelaksanaannya sama dengan mandiri online namun kita melaksanakannya disekolah lain.

4. menumpang semi online

Menumpang semi online, satuan pendidikan menumpang ke satuan pendidikan lain dan dengan moda semi online sama seperti mandiri semi online, namun pelaksanaannya menumpang di sekolah lain.

Setiap pilihan moda pelaksanaan ANBK memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, dan untuk menentukan pilihan tersebut teman-teman juga harus menyesuaikan dengan sarana dan prasarana yang ada jangan memaksakan kepada suatu pilihan karena nantinya akan menyusahkan teman-teman sendiri sebagai proktor.

Namun sebagai proktor penulis lebih menyarankan teman-teman untuk memilih moda MANDIRI ONLINE, kenapa ?

Kelebihannya adalah kita sebagai proktor/ penanggung jawab ANBK tidak ribet dalam melakukan sinkronisasi, karena dalam moda ini kita hanya perlu menyediakan komputer/ laptop (bisa meminjam punya guru/ orangtua siswa), dan memiliki akses internet. kemudian mendownload proktor browser untuk komputer proktor, dan menginstal Exambrowser disetiap komputer/ laptop yang akan digunakan siswa. saat pelaksanaan kita tidak perlu melakukan sinkronisasi dan tidak adapula mengupload hasil ujian siswa karena moda online ini server otomatis menyimpan jawaban siswa ke server pusat. jadi komputer/laptop yang digunakan siswa terhubung langsung dengan server pusat.

Bagaimana kalau jumlah laptop yang tersedia hanya 5 unit sedangkan siswa kelas 5 ada 20 siswa?. pasti itu akan menjadi pertanyaan bagi teman-teman.

Tenang, dalam pelaksanaan ANBK di bagi menjadi beberapa gelombang dan setiap gelombang juga mempunyai beberapa sesi. misalnya pada tahun 2022 gelombang ANBK ada 4 gelombang, setiap gelombang terdapat 3 sesi, jadi teman-teman bebas memilih gelombang yang ini dipilih.

Bagaimana 20 siswa mengerjakan sedangkan laptop cuma 5 unit?. caranya teman-teman tinggal membagi sesi setiap siswa. berikut penjelasannya:

siswa = 20

laptop =5

teman-teman ambil 2gelombang misalnya gelombang 1 dan gelombang 2

teman-teman tinggal membagi siswa pada setiap sesi yang ada digelombang 1 dan 2 seperti contoh berikut:

gelombang 1 sesi 1 = 5 orang siswa mengerjakan

gelombang 1 sesi 2 = 5 orang siswa mengerjakan

gelombang 2 sesi 1 = 5 orang siswa mengerjakan

gelombang 2 sesi 2 = 5 orang siswa mengerjakan

atau

gelombang 1 sesi 1 = 5 orang siswa mengerjakan

gelombang 1 sesi 2 = 5 orang siswa mengerjakan

gelombang 1 sesi 3 = 5 orang siswa mengerjakan

gelombang 2 sesi 1 = 5 orang siswa mengerjakan

Jadi cuma dengan 5 laptop kita dapat melaksanakan ANBK Mandiri Online bagi 20 orang siswa.

 

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kita semua, jangan lupa tinggalkan komentar agar penulis dapat memperbaiki hal-hal yang dianggap masih kurang.

terima kasih

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Pelaksanaan ANBK 2022 yang Paling Mudah"

Post a Comment