Capaian Pembelajaran Seni Rupa Fase B
CAPAIAN PEMBELAJARAN UNTUK SD/MI PADA KURIKULUM MERDEKA
- Pembelajaran berpusat pada peserta didik; dimana mereka memiliki ruang kreativitas untuk menemukan gagasan dan caranya sendiri dalam berkarya, sesuai dengan kemampuan, minat, bakat dan kecepatan belajarnya masing-masing.
- Pembelajaran melalui pengalaman mengamati, mencipta, menikmati, mengetahui, memahami, bersimpati, berempati, peduli dan toleransi terhadap beragam nilai, budaya, proses dan karya.
- Pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, relevan, dan mengembangkan keterampilan bekerja dan berpikir artistik bagi kehidupan sehari-hari.
- Pembelajaran seni rupa merayakan keunikan individu dan bersifat khas/kontekstual sesuai potensi yang dimiliki peserta didik, satuan pendidikan dan daerahnya.
- Pembelajaran seni rupa terhubung erat dengan aspek seni maupun bidang ilmu lainnya dan mendorong kolaborasi interdisipliner.
- Pembelajaran seni rupa memiliki dampak bagi diri peserta didik dan lingkungannya. Kesadaran akan dampak sebuah karya akan mendorong terbentuknya sikap bertanggung jawab.
Elemen |
Deskripsi |
Mengalami
(Experiencing) |
Mengarahkan
peserta didik untuk mendapatkan pengalaman secara langsung dengan; mengamati,
mengumpulkan, dan merekam informasi visual dari kehidupan sehari-hari sebagai
sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mengeksplorasi dan bereksperimen
dengan berbagai bahan, alat, dan prosedur dalam menciptakan sebuah karya seni
rupa.
|
Menciptakan
(Making/Creating) |
Memotivasi
peserta didik untuk menciptakan sebuah
karya seni rupa.
|
Merefleksikan
(Reflecting) |
Peserta
didik mengevaluasi perkembangan diri, mampu menjelaskan, memberi komentar,
dan umpan balik secara kritis atas karya pribadi maupun karya orang lain
dengan mempresentasikannya secara runut, terperinci dan menggunakan kosa kata
yang tepat.
|
Berpikir
dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically) |
Peserta
didik menggunakan berbagai sudut pandang, pengetahuan dan keterampilan
artistik dalam menciptakan sebuah peluang, menjawab tantangan dan
menyelesaikan permasalahan kehidupan sehari-hari. Peserta didik memiliki
kebebasan dalam mengeksplorasi dan bereksperimen dengan alat, bahan dan
prosedur sehingga menemukan cara mereka sendiri dalam mengembangkan gagasannya.
|
Berdampak
(Impacting) |
Pembelajaran
dan karya seni rupa peserta didik diharapkan memiliki dampak positif pada
dirinya, lingkungan dan masyarakat serta dapat dipertanggungjawabkan. |
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Mengalami
(Experiencing) |
Pada
akhir fase B, peserta didik mampu
mengamati, mengenal merekam dan
menuangkan pengalaman kesehariannya secara visual dengan menggunakan garis
pijak dan proporsi walaupun masih berdasarkan penglihatan sendiri.Peserta
didik mengenali dan dapat menggunakan alat, bahan dan prosedur dasar dalam
menggambar, mewarnai, membentuk, memotong, dan merekat. |
Menciptakan
(Making/Creating) |
Pada
akhir fase B, peserta didik mampu menciptakan karya 2 atau 3 dimensi dengan
mengeksplorasi dan menggunakan elemen seni rupa berupa garis, bentuk,
tekstur, ruang dan warna. |
Merefleksikan
(Reflecting) |
Pada
akhir fase B, peserta didik mampu mengenali dan menceritakan fokus dari karya
yang diciptakan atau dilihatnya (dari teman sekelas karya seni dari orang
lain atau era atau budaya tertentu) serta pengalaman dan perasaannya mengenai
karya tersebut. |
Berpikir
dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically) |
Pada
akhir fase B, peserta didik mulai mulai terbiasa secara mandiri menggunakan
berbagai prosedur dasar sederhana untuk berkarya dengan aneka pilihan media
yang tersedia di sekitar. Peserta didik mengetahui, memahami dan mulai
konsisten mengutamakan faktor keselamatan dalam bekerja. |
Berdampak
(Impacting |
Pada
akhir fase B, peserta didik mampu menciptakan karya sendiri yang sesuai
dengan perasaan, minat atau konteks lingkungannya. |
0 Response to "Capaian Pembelajaran Seni Rupa Fase B"
Post a Comment