Capaian Pembelajaran Seni Musik Fase B
CAPAIAN PEMBELAJARAN UNTUK SD/MI PADA KURIKULUM MERDEKA
- Peserta didik mampu mengekspresikan diri atas fenomena kehidupan.
- Peserta didik peka terhadap persoalan diri secara pribadi dan dunia sekitar.
- Peserta didik mampu mengasah dan mengembangkan musikalitas, terlibat dengan praktik-praktik bermusik dengan cara yang sesuai, tepat, dan bermanfaat, serta turut ambil bagian dan mampu menjawab tantangan dalam kehidupan sehari-hari.
- Secara sadar dan bermartabat peserta didik mengusahakan perkembangan kepribadian, karakter, dan kehidupannya baik untuk diri sendiri maupun untuk sesama dan alam sekitar.
- Pelajaran seni musik mencakup: pengembangan musikalitas; kebebasan berekspresi; pengembangan imajinasi secara luas; menjalani disiplin kreatif; penghargaan akan nilai-nilai keindahan; pengembangan rasa kemanusiaan, toleransi dan menghargai perbedaan; pengembangan karakter/kepribadian manusia secara mutuh (jasmani, mental/psikologis, dan rohani) yang dapat memberikan dampak dalam kehidupan manusia.
- Pelajaran musik membantu mengembangkan musikalitas, kemampuan bermusik peserta didik melalui berbagai macam praktik musik yang baik secara:
- Ekspresif dan indah
- Kesadaran, pemahaman dan penghayatan akan unsur-unsur/ elemen-elemen bunyi-musik dan kaidah-kaidahnya
- Dengan penerapan yang tepat guna
Dalam pembelajaran praktik Seni Musik mencakup elemen-elemen
sebagai
berikut:
Elemen |
Deskripsi |
Mengalami (Experiencing) |
· Peserta didik mengenali, merasakan, menyimak,
mencoba/bereksperimen, dan merespon bunyi- musik dari beragam sumber, dan
beragam jenis/ bentuk musik dari berbagai konteks budaya dan era. ·
Peserta didik mengeksplorasi bunyi dan beragam
karya-karya musik, bentuk musik, alat-alat yang menghasilkan bunyi-musik, dan
penggunaan teknologi dalam praktik bermusik. · Peserta didik mengamati, mengumpulkan, dan merekam
pengalaman dari beragam praktik bermain musik, menumbuhkan kecintaan pada
musik dan mengusahakan dampak bagi diri sendiri, orang lain, dan masyarakat. |
Merefleksikan (Reflecting) |
· Peserta didik memiliki nilai-nilai yang generatif-
lestari dalam pengalaman dan pembelajaran bermusik secara artistik-estetik
yang berkesinambungan (terus-menerus). · Peserta didik mengamati, memberikan penilaian dan
membuat hubungan antara karya pribadi dan orang lain sebagai bagian dari
proses berpikir dan bekerja artistik-estetik, dalam konteks unjuk karya
musik. |
Berpikir
dan Bekerja Secara Artistik (Thinking and Working Artistically) |
· Peserta didik merancang, menata, menghasilkan,
mengembangkan, me-reka ulang, dan mengkomunikasikan ide melalui proses
mengalami, merefleksikan, dan menciptakan. ·
Peserta didik mengeksplorasi dan menemukan sendiri
bentuk karya dan praktik musik (elaborasi dengan bidang keilmuan yang lain:
seni-rupa, tari, drama/lakon, dan non-seni) yang membangun, dan bermanfaat
untuk menanggapi setiap tantangan hidup dan kesempatan berkarya secara
mandiri. ·
Peserta didik meninjau dan memperbarui karya
pribadi sesuai dengan kebutuhan masyarakat, jaman, konteks fisik-psikis,
budaya, dan kondisi alam. · Peserta didik menjalani kebiasaan/disiplin secara
kreatif sebagai sarana melatih kelancaran, keluwesan, dan kemampuan bermusik. |
Menciptakan (Creating) |
·
Peserta didik memilih penggunaan beragam media dan
teknik bermain dalam praktik musik untuk menghasilkan karya musik sesuai
dengan konteks, kebutuhan dan ketersediaan, serta kemampuan praktik musik
masyarakat, sejalan dengan perkembangan teknologi. ·
Peserta didik menciptakan karya-karya musik dengan
standar musikalitas yang baik dan sesuai dengan kaidah/budaya dan kebutuhan,
dapat dipertanggungjawabkan, berdampak pada diri sendiri dan orang lain,
dalam beragam bentuk praktik musik. |
Berdampak
(Impacting) bagi diri sendiri dan orang lain |
|
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Mengalami (Experiencing) |
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengimitasi dan
menata bunyi-musik sederhana dengan menunjukkan kepekaan akan unsur-unsur bunyi-musik baik
intrinsik maupun ekstrinsik. |
Merefleksikan (Reflecting) |
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengenali diri
sendiri, sesama, dan lingkungan yang beragam (berkebhinekaan), serta mampu
memberi kesan atas praktik bermusik lewat bernyanyi atau bermain alat/media
musik baik sendiri maupun bersama-sama dalam beragam bentuk: lisan,
tulisan/gambar, atau referensi lainnya. |
Berpikir dan Bekerja Secara Artistik (Thinking and Working Artistically) |
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menyimak, mendokumentasikan secara sederhana, dan
menjalani kebiasaan bermusik yang baik dan rutin dalam berpraktik musik sejak
dari persiapan, saat bermusik, maupun usai berpraktik musik, serta memilih
secara aktif dan memainkan karya musik sederhana secara artistik, yang
mengandung nilai-nilai positif dan membangun. |
Menciptakan (Creating) |
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengembangkan, mengimitasi, dan menata bunyi-musik sederhana
menjadi pola baru dengan mempertimbangkan unsur-unsur
bunyi-musik intrinsik maupun ekstrinsik. |
Berdampak (Impacting) |
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menjalani, mendokumentasikan kebiasaan bermusik yang baik dan rutin
dalam berpraktik musik dan aktif
dalam kegiatan-kegiatan
bermusik lewat bernyanyi dan memainkan Media bunyi musik sederhana serta
mendapatkan pengalaman dan kesan baik bagi diri sendiri, sesame, dan
lingkungan. |
0 Response to "Capaian Pembelajaran Seni Musik Fase B"
Post a Comment